Beranda Tiket Wisata

Candi Ijo Keindahan Arsitektur & Lanskap Perbukitan - Oktober 2019

Tgl. Update:Kamis, Oktober 10, 2019
Candi Ijo Harga Tiket: Rp5.000 - Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Kikis, Sambirejo, Prambanan,Sleman,DI Yogyakarta,Indonesia,55572.

Dengan ketinggian sekitar 395 meter di atas permukaan laut (mdpl), Candi Ijo bisa dibilang sebagai candi yang tertinggi di DIY. Candi yang berada di Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman,  masih terletak di antara perbukitan yang sama denga candi lainnya seperti Candi Ratu Boko, Candi Barong dan Candi Banyunibo yang lokasinya di perbukitan. Menurut perkiraan, Candi ini ini dibangun sekitar abad ke-9 Masehi.

Baca: Candi Ratu Boko Tiket & Aktivitas

Bangunan Candi Ijo ini terdiri dari 17 struktur bangunan dan terbagi lagi menjadi 11 teras berundak. Teras pertama merupakan halaman yang akan menuju ke pintu masuk merupakan teras berundak yang membujur dari barat ke timur.

Di teras paling atas terdapat delapan lingga patok, bangunan candi utama dan tiga candi perwara. Dari ke-11 teras ini, yang paling sakral terletak pada teras tertinggi yaitu teras ke-11.

Tiket Masuk Candi Ijo

Pengunjung candi ini terus bertambah kian tahun. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun semakin banyak yang datang. Itulah sebabnya pengelola menerapkan tarif yang berbeda untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Harga Tiket Masuk Candi Ijo
Tiket wisatawan lokalRp5.000
Tiket wisatawan asingRp10.000

Baca: Candi Prambanan Tiket & Aktivitas

Jam Buka Candi Ijo

Objek wisata candi buka setiap hari, mulai pukul 06.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

HariJam Buka
Senin-Minggu06.00 WIB – 17.00 WIB

Pesona Alam dan Sejarah Candi Ijo

Area Candi Ijo dengan rumput yang menghijau
Pesona alam dan sejarah menjadi andalan Candi Ijo dalam memikat wisatawan. Foto: Google Maps/Peter L

Berada di perbukitan, Candi Ijo menawarkan sejuta pesona, terutama pemandangan alamnya. Sawah yang menghijau, lalu lintas kota dari kejauhan, dan langit biru menjadi suguhan indah yang bisa dinikmati wisatawan.

Sebagai objek wisata sejarah, destinasi ini memiliki paket komplit dalam memanjakan wisatawan yang berkunjung. Mulai dari spot foto, relief candi, hingga pemandangan yang memukau.

Menjelajah Masa Lampau

area kompleks candi
Candi-candi di teras teratas kompleks Candi Ijo. Foto: Google Maps/Achid Zamroji

Setiap pengunjung yang datang ke Candi Ijo, pasti akan merasa dibawa berkelana di masa lampau. Sebanyak 17 candi yang berdiri kokoh di 11 teras berundak menampilkan relief dengan ceritanya masing-masing.

Teras paling atas, merupakan kompleks candi yang dianggap paling suci yang ditandai dengan adanya sebuah candi utama dan tiga candi perwara. Ketiga candi perwara ini menunjukkan jika masyarakat Hindu menghormati Trimurti, yaitu Brahma, Siwa, dan Whisnu.

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket & Aktivitas

Di sini, wisatawan bisa sekaligus belajar tentang masa kejayaan Kerajaan Medang di periode Mataram, sekitar abad ke-10 sampai ke-11 Masehi. Di sekitar lokasi juga ada spot informasi untuk menggali lebih jauh sejarah candi.

Pemandangan Alam dan Pesawat Terbang

Pemandangan alam dari ketinggian Candi Ijo
Pemandangan alam dari ketinggian menjadi pesona memukau di candi ini. Foto: Instagram/septinurazizah

Sebagai candi yang letaknya tertinggi di DIY, sudah pasti wisatawan bisa menikmati pemandangan alam khas dataran tinggi. Di teras paling atas, wisatawan bakal terpukau dengan hijaunya perbukitan dan jalanan kota dari kejauhan.

Tak hanya itu, lantaran lokasinya yang berdekatan dengan Bandara Internasional Adisutjipto, wisatawan juga bakal disuguhi pemandangan unik. Setiap beberapa jam, wisatawan akan melihat pemandangan berupa pesawat terbang berukuran besar hendak mendarat ke landasan bandara.

Jip Wisata

Jip wisata di Candi Ijo
Candi Ijo jadi salah satu destinasi yang disinggahi oleh jip wisata Prambanan Barat. Foto: Instagram/thereshakurniaty

Candi Ijo menjadi salah satu objek yang masuk dalam rute Jeep Wisata Prambanan Barat. Dengan membayar sewa Rp350.000 sampai Rp600.000 per jip, wisatawan bakal dibawa ke sejumlah candi, salah satunya candi ini.

Setiap jip yang disewakan, masing-masing memiliki kapasitas 4-6 orang. Dengan begitu, biaya sewa jip pun bisa dilakukan secara patungan.

Senja di Celah Batuan Candi

Senja di Candi Ijo
Pemandangan senja yang selalu jadi favorit pengunjung. Foto: Instagram/ngeliasalim

Langit jingga menjadi salah satu buruan para wisatawan yang datang ke objek wisata ini. Dari ketinggian, semburat cahaya oranye di ufuk barat berpadu dengan hamparan hijau sawah dan bukit kapur.

Baca: Candi Sambisari Tiket & Pesona

Belum lagi jika ada pesawat terbang melintas yang membuat suguhan alam senja menjadi lebih sempurna. Tidak lupa juga, jika langit sedang cerah, salah satu sisi Gunung Merapi juga menjadi pelengkap potret alam.

Bergaya bak Model

keindahan candi jadi bidikan lensa pengunjung
Pengunjung berfoto di sekitar kompleks Candi Ijo. Foto: Google Maps/Muhammad Artfanton Mahartanto

Relief candi, rumput yang hijau, langit yang cerah, dan pemandangan yang memukau menjadi paduan lengkap untuk latar berfoto. Selain bisa belajar sejarah, berfoto dengan berbagai pose menjadi aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di objek wisata ini.

Lokasi Candi Ijo

Candi Ijo berlokasi di Bukit Ijo, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, DIY. Berjarak sekitar 28 kilometer ke arah timur dari kota Jogja, pengunjung dapat menempuh rute menuju Candi Prambanan dengan bus Transjogja jalur 1 A atau 1 B.

Setelah tiba di Candi Prambanan, pengunjung bisa menggunakan jasa ojek atau taksi menuju ke arah selatan Arah untuk menuju candi yang berada di jalan raya yang menghubungkan Jogja dan Piyungan. Setelah berjalan sekitar 15 menit, pengunjung akan menemukan papan nama arah menuju kawasan wisata candi.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here