giant font prambanan
giant font prambanan.foto:/instagram/prambananpark

Berkunjung ke Jogja belum lengkap jika belum datang ke situs bersejarah Candi Prambanan. Salah satu situs warisan dunia dan destinasi wisata yang tepat untuk wisatawan yang menyukai sejarah.

Candi Prambanan yang merupakan candi hindu terbesar di Indonesia ini berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Lokasi wisata yang berada di jalan raya Solo-Yogya ini sangat mudah di akses dengan transportasi umum.

Harga Tiket Candi Prambanan Yogyakarta

Berwisata di Candi Prambanan Yogyakarta tidak akan menguras biaya banyak. Harga tiket yang ditawarkan cukup terjangkau dan fasilitas yang dapat dinikmati beragam. Berikut tarif yang diberlakukan oleh TWC (taman wisata candi) pengelola situs candi Yogyakarta:

Harga Tiket Candi Prambanan
Usia 10 tahun keatas Rp40.000
Usia 3-10 tahun Rp20.000
Tarif khusus rombongan pelajar >20 orang Rp20.000

Baca: The LOST WORLD Castle Tiket & 5 Spot Foto Keren

Jam Operasional Candi Prambanan

Taman wisata candi ini dibuka dari pagi pukul 06.00 sampai sore hari setiap hari.

Jam Buka Candi Prambanan
Setiap Hari 06.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Candi Prambanan

Memasuki area kompleks pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang menakjubkan. Memiliki total 240 candi dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Disini tersedia resto, tempat ibadah, tempat istirahat, lapangan, taman, kios souvenir, dll.

tulisan raksasa Prambanan
Salah satu daya tempat foto favorit pengunjung di tulisan raksasa Prambanan.foto:/instagram/prambananpark

Aktivitas di Candi Prambanan

Meskipun tempat wisata ini adalah situs bersejarah namun pengunjung akan dimanjakan dengan berbagai wahana dan aktivitas menarik. Dari Air mancur menari, situs candi prambanan, spot foto yang istagramable, sampai pagelaran seni.

Air Mancur Menari

Di pintu masuk utama pengunjung akan dihibur dengan air mancur menari. Lokasi di pintu masuk ini dapat difungsikan untuk menggelar event gathering. Pengunjung sambil menunggu antrian bisa berswafoto dilokasi ini.

Situs Candi Prambanan

taman wisata candi prambanan
taman wisata candi prambanan.foto:/instagram/prambananpark

Dengan luas sekitar 40 hektar, pengunjung dapat menikmati keindahan candi sambil berjalan kaki. Candi ini dihiasi relief naratif dari kisah epik ramayana dan khrisnayana. Pengunjung bisa belajar seni sastra dan kisah – kisah fenomenal melalui relief bercerita.

Pengunjung dapat  menikmati pemandangan komplek candi dengan menyewa mobil golf. Pengunjung akan dikenakan tarif RP. 20.000,- per 15 menit.

Baca: Taman Tebing BREKSI Tiket & 4 Aktivitas Top

Museum Rumah Joglo

Berada tepat dibagian utara kompleks berdiri museum rumah joglo. Didalamnya pengunjung dapat mellihat peninggalan situs candi berupa arca, patung, dan batuan purbakala.

Pertunjukan Seni Tari

Pada bulan purnama setiap bulannya diadakan pentas Sendra Tari Ramayana. Pertunjukan ini khusus di buka pada pukul 20.00 – 22.00 WIB. Sendra tari merupakan gabungan drama tanpa dialog dan tari. Sendra tari dipentaskan dipanggung terbuka berlatarkan tiga candi dewa (trimurti).

sendra tari ramayana di candi prambanan
sendratari ramayana yang rutin digelar. foto:/instagram/twc_mediaa

Pertunjukan ini digelar dalam dua kelas, yakni kelas panggung terbuka dan panggung tertutup. Jika cuaca memungkinkan akan digalar di panggung terbuka dengan latar Candi.  Pertunjukan ini di adakan pada hari selasa, kamis dan sabtu (setiap bulan purnama tiap bulannya).

Taman Tematik

Wisatawan dapat menikmati keindahan kreasi tanaman krokot yang dibentuk menyerupai kura-kura, bunga pot tumpah, dan banyak lainnya. Lokasi taman ini tidak jauh dari resto prambanan.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & 8 Aktivitas Seru

Wahana Ayunan Langit De Geyong

Disini wisatawan dapat mengabadikan foto dengan berlatar kemegahan candi prambanan. Pengunjung hanya merogoh kocek sebesar Rp20.000, untuk merasakan naik ayunan De Geyong. Disini pengunjung dapat menyewa jasa fotografer yang disediakan oleh pihak pengelola.

wahana ayunan De Geyong
wahana ayunan De Geyong.foto:/instagram/twc+mediaa

Wahana Berkuda

Disekitar komplek candi teradapat wahana berkuda. Pengunjung dikenakan tarif sebesar Rp50.000 untuk berkeliling kompleks. Dengan tarif Rp200.000 pengunjung bisa belajar berkuda selama 30 menit dipandu oleh instruktur berpengalaman.

Interaksi Dengan Binatang

Kompleks candi juga terdapat berbagai koleksi binatang. Pengunjung bisa melihat langsung rusa, kambing, burung hantu, dll. Pengunjung juga bisa berswafoto dengan burung hantu.

Lapangan Garuda Mandala Tama

Lapangan ini terletak disisi timur bagian selatan. Lapangn ini yang paling sering digunakan untuk acara dinner, wedding, pameran, outbond dan lain-lain. Letaknya yang dekat dengan area parkir menjadi tempat yang tepat.

Area ini cocok untuk wisatawan yang datang dengan rombongan dan memiliki agenda kegiatan outdoor.

spot foto latar candi
spot foto dengan latar belakang candi.foto:instagram/prambananpark

Fasilitas Lainnya

Di sekitar kompleks ini tersedia banyak spot foto yang menarik. Dari Giant Font Prambanan, penyewaan sepeda, panggung pentas, taman bermain, dan masih banyak lainnya.

Fasilitas lain seperti lapangan yang luas seringkali digunakan sebagai tempat pertunjukan elit. Dari pertunjukan seni tari, konser musik jazz, pameran kebudayaan, dan acara kenegaraan lainnya.

Lokasi Candi Prambanan

Candi ini tepatnya berada di alamat Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Untuk arah dan peta bisa menggunakan Google Maps. Informasi lebih lanjut silahkan menghubungi otoritas pengelola kawasan wisata Candi Prambanan di media sosial Instagram atau telpon ke 024 8646 2345.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,71 / 59 pembaca