Tiket Masuk CANDI PRAMBANAN, Daya Tarik dan Fasilitas Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Candi Prambanan: Rp25.000 - Rp387.500
  • Jam Buka: 06.30 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: +62274496405 / 08112688000
  • Alamat: Prambanan Temple Jl. Raya Solo - Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55571

Berkunjung ke Jogja belum lengkap rasanya jika kita belum datang ke situs bersejarah Candi Prambanan. Salah satu situs warisan dunia dan destinasi wisata yang tepat untuk wisatawan yang menyukai sejarah.

Candi Prambanan merupakan kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia berada di Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Tepatnya berada di jalan raya Solo-Yogya sangat mudah diakses dengan transportasi umum.

Tiket Masuk Candi Prambanan

Berwisata di Candi Prambanan Yogyakarta kita tidak akan menguras biaya banyak. Karena harga tiket masuk Candi Prambanan cukup terjangkau dengan fasilitas lengkap. Harga tiket masuk mulai dari Rp25.000 sampai dengan Rp85.000 untuk wisatawan domestik. Berikut harga tiket masuk Candi Prambanan yang ditetapkan oleh TWC (Taman Wisata Candi) pengelola situs candi Yogyakarta:

  • Tiket Masuk Dewasa (10 tahun ke atas) / Anak (Usia 3-10 tahun): Rp50.000 / Rp25.000
  • Tiket Masuk Dewasa Mancanegara (10 tahun ke atas) / (Usia 3-10 tahun): Rp387.500 / Rp232.500
  • Tiket Masuk Terusan Prambanan-Borobudur Dewasa / Anak (3-10 tahun): Rp75.000 / Rp35.000
  • Tiket Masuk Terusan Prambanan-Ratu Boko Dewasa / Anak: Rp85.000 / Rp40.000

Baca: CANDI BOROBUDUR Tiket Masuk & Aktivitas

Buka Dari Pagi Sampai Sore

Kita bisa berkunjung ke Taman Wisata Candi Prambanan setiap hari. Sedangkan jam bukanya sendiri dari pagi pukul 06.30 hingga pukul 17.00 sore hari.

Daya Tarik Candi Prambanan

tulisan raksasa Prambanan
Salah satu daya tempat foto favorit di tulisan raksasa Prambanan. foto:instagram/prambananpark

Memasuki area kompleks kita akan terkagum dengan bangunan-bangunan candi yang tinggi menjulang. Dengan total setidaknya 240 candi dilengkapi dengan berbagai fasilitas. Seperti misalnya resto, tempat ibadah, tempat istirahat, lapangan, taman, kios suvenir, dll.

Banyak Aktivitas Seru Ga Bikin Bosan

Meskipun tempat wisata ini adalah situs bersejarah namun kita akan dimanjakan dengan berbagai wahana dan aktivitas menarik. Dari Air pancur menari, situs candi Prambanan, wahana foto yang instagramable, hingga atraksi pagelaran seni.

Baca: The Lost World Castle Sleman Tiket Masuk & Spot Foto

Air Pancur Menari

Di pintu masuk utama kita akan terhibur dengan air pancur menari. Lokasi pintu masuk ini juga sering berfungsi untuk menggelar cara gathering. Sambil menunggu antrean kita bisa berfoto cantik di area ini.

Situs Candi Prambanan

taman wisata candi prambanan
Taman wisata candi Prambanan. foto:/instagram/prambananpark

Dengan luas setidaknya 40 hektar, kita dapat menikmati keindahan candi sambil berjalan kaki. Bangunan candi terlihat semakin cantik dengan hiasan relief naratif dari kisah epik Ramayana dan Kresnayana. Kita bisa belajar seni sastra dan kisah-kisah fenomenal melalui relief bercerita.

Selain itu bagi yang tidak ingin berjalan tersedia penyewaan mobil golf. Selama berkeliling bisa menikmati pemandangan kompleks candi tanpa perlu repot berjalan kaki. Sedangkan untuk tarif sewanya masih terjangkau berlaku 15 menit.

Baca: Taman Tebing BREKSI Tiket Masuk & 4 Aktivitas Top

Museum Rumah Joglo

Berada tepat di bagian utara kompleks berdiri museum rumah joglo. Di dalamnya kita dapat melihat peninggalan situs candi berupa arca, patung, hingga batuan purbakala.

Pertunjukan Seni Tari

sendra tari ramayana di candi prambanan
Sendratari Ramayana yang rutin digelar. foto:/instagram/twc_mediaa

Pada saat bulan purnama setiap bulannya akan berlangsung pentas Sendratari Ramayana. Pertunjukan khusus ini biasanya berlangsung pada pukul 20.00 – 22.00 WIB. Sendratari merupakan gabungan drama tanpa dialog dan tari. Pentas Sendratari berada di panggung terbuka berlatar tiga candi dewa (trimurti).

Pertunjukan ini berlangsung dalam 2 kelas, yaitu kelas panggung terbuka dan panggung tertutup. Jika cuaca memungkinkan akan berlangsung di panggung terbuka dengan latar Candi. Pertunjukan ini diadakan pada hari Selasa, Kamis dan Sabtu (setiap bulan purnama tiap bulannya).

Candi Hindu terbesar yang ada di Indonesia, dengan pemandangan alam sekitar yang sangat indah, terutama jika Gunung Merapi sedang cerah terlihat di sisi utara.

Willy Alfarius – Google Map Review

Taman Tematik

Setelah selesai berkeliling kompleks candi sempatkan bersantai di taman. Kita dapat menikmati keindahan kreasi tanaman Kerokot yang berbentuk menyerupai kura-kura, bunga pot tumpah, dan banyak lainnya. Lokasi taman ini tidak jauh dari resto Prambanan.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket Masuk & 8 Aktivitas Seru

Wahana Ayunan Langit De Geyong

wahana ayunan De Geyong
wahana ayunan De Geyong.foto:/instagram/twc+mediaa

Di sini kita dapat mengabadikan foto dengan berlatar kemegahan candi Prambanan. Untuk merasakan naik ayunan De Geyong kita perlu membayar tarif khusus yang masih terjangkau. Selama bermain kita bisa menyewa juru foto untuk mengabadikan setiap momen.

Wahana Berkuda

Di sekitar kompleks candi juga terdapat wahana berkuda. Untuk merasakan sensasi naik kuda dikenakan tarif sebesar Rp50.000 untuk berkeliling kompleks. Kemudian jika ingin belajar menunggang kuda juga bisa. Dengan durasi waktu 30 menit kita akan mendapat pelatihan dari instruktur.

Baca: HEHA SKY VIEW Tiket Masuk & Aktivitas

Interaksi Dengan Binatang

Di area kompleks candi juga terdapat berbagai koleksi aneka satwa. Kita bisa melihat langsung rusa, kambing hingga burung hantu. Selain melihat wisatawan bisa berfoto bersama aneka satwa.

Lapangan Garuda Mandala Tama

spot foto latar candi
spot foto dengan latar belakang candi.foto:instagram/prambananpark

Lapangan ini terletak di sisi timur bagian selatan. Area terbuka hijau ini paling sering digunakan untuk acara dinner, wedding, pameran, hingga acara outbond. Letaknya yang dekat dengan area parkir memang memberikan kemudahan tersendiri. Selain itu area ini cocok untuk kita yang datang dengan rombongan dan memiliki agenda kegiatan outdoor.

Fasilitasnya Lengkap

Di sekitar kompleks ini tersedia banyak area foto yang menarik. Dari Giant Font Prambanan, penyewaan sepeda, panggung pentas hingga taman bermain. Kemudian ada terdapat lapangan luas yang sering kali berguna sebagai tempat pertunjukan. Dari pertunjukan seni tari, konser musik jazz, pameran kebudayaan, hingga acara kenegaraan lainnya.

Alamat Candi Prambanan

Candi ini tepatnya berada di alamat Jl. Raya Solo – Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55571. Untuk arah dan peta bisa menggunakan Google Maps.

Informasi lebih lanjut kamu bisa menghubungi otoritas pengelola kawasan wisata Candi Prambanan di media sosial Instagram atau telepon ke 02486462345.

Ulasan Pembaca

4.6 - 111 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *