CANDI RATU BOKO Harga Tiket Masuk dan Pesona Februari 2024

RATU BOKO

  • Harga Tiket Masuk: Rp20.000 - Rp85.000
  • Jam Buka: 07.00 - 17.00
  • Nomor Telepon: 0274496406 / 08112688000
  • Alamat: Jl. Raya Piyungan - Prambanan No.KM.2, Gatak, Bokoharjo, Prambanan, Sleman, DI Yogyakarta, Indonesia, 55572

Candi Ratu Boko masih berada dalam satu kepengurusan dengan Candi Borobudur dan Prambanan. Objek wisata ini sendiri sebenarnya bukanlah sebuah candi, melainkan kompleks kerajaan. Kerajaan pada masa lalu yang kini telah runtuh.

Dan area Ratu Boko ini merupakan peninggalan reruntuhannya. Karena berupa reruntuhan bangunan batu, maka banyak dari wisatawan menyebutnya candi. Terlebih, wisata Ratu Boko kerap dijadikan satu dengan Prambanan dan Borobudur.

Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Harga tiket masuk wisata Ratu Boko masih terjangkau mulai dari Rp20.000 – Rp85.000. Pengunjung pun bisa memilih paket wisata sekaligus dengan Candi Prambanan atau Borobudur. Dan ada diskon bagi wisatawan dari study tour sekolah.

Jenis Tiket Harga Tiket Anak / Dewasa
Beli Tiket OnlineRp19.000
Beli Sunrise And Sunset TourRp785.000
Tiket Masuk Reguler DomestikRp20.000 / Rp40.000
Tiket Masuk Terusan Ratu Boko – PrambananRp40.000 / Rp85.000
Tiket Masuk Terusan Ratu Boko – BorobudurRp35.000 / Rp75.000
Harga Tiket Masuk Candi Ratu Boko

Baca: CANDI PRAMBANAN Tiket Masuk & Aktivitas

Informasi penting sebelum berkunjung:

  • Tiket anak berlaku dari usia 3-10 tahun.
  • Tiket dewasa berlaku dari usia 11 tahun ke atas.

Jam Operasional Candi Ratu Boko

Wisatawan dapat berkunjung ke objek wisata ini setiap hari. Serta dapat menikmati serunya berwisata dari pagi hingga sore hari. Karena objek wisata ini buka mulai pukul 7 pagi hingga 5 sore.

Menjelajahi Situs Bersejarah Ratu Boko

Halaman Hijau di Kawasan Ratu Boko. Foto: Gmap/Holger Bauer

Lokasi Ratu Boko berada di arah selatan Candi Prambanan, kurang lebih 3 Km. Berada di ketinggian 195 Mdpl, membuat objek wisata ini memiliki pemandangan yang indah. Ratu Boko yang berupa kerajaan runtuh ini sebenarnya merupakan suatu keraton, Kraton Ratu Boko.

Kraton ini merupakan milik Ratu Boko, ayah dari Lara Jonggrang. Dengan perkiraan sudah berdiri sejak abad ke-8 oleh Wangsa Syailendra. Yang mana memiliki latar belakang agama Buddha.

Kemudian, Kraton Ratu Boko diambil alih oleh raja-raja Mataram Hindu. Karena peralihan kepemilikan tersebut, bangunan Kraton Boko terpengaruh hinduisme dan Buddhisme. Maka tak heran jika ada yang menyebut candi Buddha ataupun candi Hindu.

Baca: Candi Borobudur Tiket Masuk & Aktivitas

Bagian Gerbang Ikonik

Pintu Gerbang masuk kawasan situs ratu boko
Candi Ratu Boko. Foto: Gmap/Yudhie Arthasatya

Di bagian barat, pengunjung akan menjumpai gerbang masuk kawasan wisata Ratu Boko. Gerbang ini mengelompok dan berdiri di tempat yang cukup tinggi. Dari lokasi parkir, pengunjung harus berjalan kurang lebih 100 meter untuk mencapainya.

Pintu masuk terdiri atas gerbang luar dan gerbang dalam, gerbang dalam adalah gerbang utama. Sekitar 15 meter dari gerbang luar, terdapat gerbang utama. Di mana terdiri dari 5 gapura paduraksa yang sebaris sejajar dengan gerbang luar.

Total gerbang dalam berjumlah lima gapura. Meskipun begitu, tangga hanya menghubungkan dengan ketiga gapura. Sementara gapura kecil yang mengapit tidak terhubung. Di setiap tangga, dilengkapi dengan hiasan ukel gelung dan raksasa di puncaknya.

Baca: Candi Gedong Songo Tiket Masuk & Aktivitas

Candi Pembokoran

sunset di candi ratu boko
Menikmati Matahari Tenggelam di Situs Ratu Boko. Foto: Gmap/Ronny Tri

Kurang lebih 37 meter ke arah timur laut dari gerbang utama, terdapat Candi Pembokoran. Bentuknya teras tanah berundak dengan tinggi hingga 3 meter. Luasnya 26 meter persegi dengan bentuk persegi.

Teras kedua lebih sempit dari teras pertama, sehingga selasar terbentuk di teras kedua. Rumput hijau menjadi karpet di pelataran teras dan terlihat sangat asri. Kemudian di bagian barat, terdapat tangga batu yang dilengkapi dengan pegangannya.

Di tengah pelataran teras kedua terdapat tempat yang berbentuk persegi seperti sumur. Ukurannya 4×4 meter persegi, yang berguna sebagai tempat pembokoran mayat. Sementara di bagian tenggara, terdapat sumur tua yang dipercaya sebagai sumber air suci.

Baca: Candi Sambisari Yogyakarta Tiket Masuk & Pesona

Sunset di Candi Ratu Boko

Sunset di candi ratu boko
Salah satu aktivitas favorit pengunjung yang datang ke candi ratu boko adalah melihat sunset.

Banyak pengunjung yang datang ke objek wisata ini dengan tujuan melihat matahari tenggelam (sunset). Setelah dari Candi Prambanan sorenya langsung menuju kawasan wisata ini.

Sunset di Candi Ratu Boko bisa disaksikan sekitar pukul 17.00. Wisatawan bisa naik ke atas salah satu bangunan candi dan bersantai sambil menunggu matahari terbenam. Jika cuaca sedang bagus, cahaya keemasan akan tampak berkilau dari balik awan. Suasana romantis inilah yang menjadi daya tarik tersendiri objek wisata ratu boko.

Paseban Kraton Ratu Boko

Paseban merupakan tempat untuk menghadap raja. Dari gapura, terletak di sebelah selatan sejauh 45 meter. Paseban ini dibangun dari batu dengan tinggi 1,5 m x 7 m x 38 m.

Baca: Puncak Becici Tiket Masuk & Aktivitas

Goa Lanang dan Goa Wadon

Di kawasan Ratu Boko, terdapat gua yang bernama Goa Lanang dan Goa Wadon. Goa Lanang letaknya di timur laut paseban, yang berupa lorong persegi. Sementara Goa Wadon, letaknya 20 meter di sebelah tenggara paseban. Di dalam gua, terdapat relung seperti bilik. Dindingnya pun berupa pahatan berbentuk semacam bingkai persegi panjang.

Kontak & Alamat Candi Ratu Boko

Taman wisata candi ini berada di Jalan Raya Yogya – Solo KM 16 Prambanan, Sleman. Pengunjung dapat menghubungi nomor 0274-496-402, 0274-496-406, atau bisa mengirim email di info@borobudurpark.co.id.

Rating Pembaca

4.6 - 30 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan Konten ke: