Menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian, Puncak Becici tempatnya. Objek wisata yang berada di desa Muntuk, Bantul memiliki pemadangan yang indah. Dari atas Puncak bukit pinus ini pengunjung bisa melihat bentang alam kota Jogja dan Candi Prambanan. Dari arah selatan akan tampak siluet pantai selatan dan gunung merapi serta gunung sindoro.

Puncak Becici merupakan kawasan hutan pinus seluas 4,4 hektar. Udara yang sejuk dan panorama yang ditawarkan menjadi daya tarik minat wisatawan. Tidak heran jika tempat wisata ini selalu ramai diserbu pengunjung di akhir pekan. Lokasi ini menjadi tempat favorit mantan presiden Amerika Serikat Obama ketika berkunjung ke Yogyakarta.

Tiket Masuk Puncak Becici

Selain menawarkan keindahan alamnya, tiket masuk ke kawasan wisata ini terbilang relatif murah. Pengunjung hanya membayar tiket masuk sebesar Rp2.000, dan biaya parkir kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk Puncak Becici
TiketRp3.000
Parkir MotorRp2.000
Parkir MobilRp5.000
Parkir BusRp20.000

Baca: Hutan Pinus MANGUNAN Tiket & 4 Aktivitas Top

Jam Buka Puncak Becici

Kawasan wisata bukit pinus ini dibuka setiap hari mulai pukul 06.00 hingga 19.00 Wib. Sangat disarankan jika berkunjung ke tempat wisata ini menggunakan kendaraan pribadi.

Jam Buka
Setiap Hari06.00 – 19.00 WIB

Aktivitas seru di Puncak Becici

Pesona yang ditawarkan kawasan wisata ini tidak kalah indah dengan Kalibiru. Pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas seru disini. Mulai dari berburu sunset, berkemah, bersantai diatas hammock, dan aktivitas seru lainnya.

bentang alam jogja dari puncak becici
City light Yogyakarta dengan warna-warni kerlip lampu pada malam hari dari kawasan wisata becici.foto:/instagram/potretjogja

1. Asal Mula Puncak Becici

Kawasan wisata ini dulu dikenal dengan nama Hutan Sudimoro I. Hutan yang dikelola oleh RPH Mangunan ini dulu difungsikan sebagai penghasil Terpentin.

Selain menghasilkan Terpentin hutan ini juga menyimpan pesona alam yang menjadi fungsi ganda. Pada tahun 2015 hutan ini beralih fungsi mejadi lokasi wisata yang sekarang dikenal dengan Puncak Becici.

Baca: WATU GOYANG Yogya Tiket & 5 Aktvitas Top

2. Sunset di Puncak Becici

Tempat wisata ini dikenal dengan panoramanya yang sangat indah. Dari atas Puncak bukit pengunjung dapat melihat deretan pepohonan yang terhampar seperti permadani. Gunung merbabu dan gunung merapi menjadi latar belakangnya. Sunset di Puncak Becici menjadi salah satu aktivitas favorit pengunjung.

gardu pandang puncak becici
Menikmati pemandangan Yogyakarta dari ketinggian gardu pandang-.foto:/instagram/potretjogja

Semburat warna jingga dari matahari yang akan tenggelam menjadi momen yang dinantikan pengunjung. Detik detik matahari tenggelam adalah momen terbaik untuk diabadikan dalam lensa kamera. Dari gardu pandang yang ada diatas pohon pinus pengunjung bisa menikmati keindahannya.

sunset di puncak becici
Menikmati Sunset di Puncak Becici.foto:/instagram/pesonaid_travel

3. Rumah Marsupilami

Salah satau ciri khas tempat wisata ini berupa gardu pandang yang berada diatas pohon. Disini pengunjung akan menemukan gardu pandang yang unik. Bentuknya menyerupai rumah Marsupilami, salah satu serial kartun anak.

Gardu pandang yang satu ini tidak setinggi gardu pandang yang ada disekitar. Namun lumayan menyedot minat pengunjung untuk merasakan duduk diatasnya.

rumah marsupilami
rumah marsupilami di pucak becici.foto:/instagram/potretjogja

4. Berkemah Di Puncak Becici

Kawasan ini dulunya berupa kawasan hutan pinus yang disadap getahnya. Setelah dikelola sebagai lokasi wisata kini lebih fokus pada kegiatan alam dan panorama. Bagi pengunjung yang ingin merasakan pengalaman berkemah , disini tersedia area untuk berkemah.

Camping ground yang disediakan cukup luas sehingga cocok jika mengadakan kegiatan outbound. Lokasi ini juga digunakan sebagai tempat pramuka oleh sekolah-seklah terdekat.

Baca: Bukit KLANGON Sleman Tiket & 5 Aktivitas Top

5. Bersantai di Hammock

Bersantai diatas hammock bisa jadi pilihan tepat untuk menikmati hutan pinus. Pengunjung bisa lebih rileks dan menyatu dengan alam. Tak perlu repot-repot membawa hammock dari rumah. Disini tersedia persewaan hammock yang tarifnya tidak mengikat.

6. Hunting Foto Terbaik

salah satu spot berfoto dengan rumah ranting
salah satu spot berfoto kawasan hutan pinus. foto:/instagram/potretjogja

Kawasan wisata yang menawarkan keeksotisan pohon pinusnya ini menjadi tempat terbaik untuk berburu foto. Terlebih ketika sunset tiba, lokasi ini dipenuhi dengan pengunjung yang bersiaga dengan kamera.

Lokasi ini juga menjadi alternatif untuk foto pra-wedding dan model. Harga yang ditawarkan relatif murah dibandingkan dengan panorama alam yang disajikan.

Baca: BUKIT BINTANG Yogyakarta Tiket & 4 Daya Tarik

Fasilitas yang Tersedia

Kawasan Puncak Becici dikelola oleh masyarakat setempat.  Lokasi ini dibangun dengan akses jalan dan fasilitas yang memadai. Disini tersedia, gazebo, mushola, toilet, dan lahan parkir yang luas.

Tersedia juga tempat dudukan panjang untuk beristirahat dan warung-warung sederhana. Pengunjung tidak akan kecewa dengan fasilitas yang diberikan.

Lokasi Puncak Becici

Kawasan wisata perbukitan ini berada di Gunung cilik RT 07/RW 02, Desa Muntuk, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Jika dari pusat kota Yogyakarta sekitar 30 Kmatau setara 1 jam perjalanan. Lokasinya dekat dengan Kebun Buah Mangunan,  bisa melewati jalur Yogyakarta-Wonosari.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,82 / 39 pembaca