chinatown bandung
Chinatown Bandung bisa menjadi pilihan tempat wisata unik di Bandung

Tak ada habisnya kreativitas warga Bandung menarik wisatawan datang ke Kota Kembang. Kali ini, daerah-daerah pecinan pun di sulap menjadi sebuah tempat wisata bernama Chinatown Bandung.

Di sini, wisatawan disuguhi suasana khas perkampungan China zaman dahulu. Tak butuh lama, wisata yang didirikan 2017 lalu itu pun menyedot para pelancong.

Harga Tiket Masuk Chinatown Bandung

Untuk memasuki kawasan ini, pengunjung harus membeli tiket terlebih dahulu. Harga tiket Masuk Chinatown Bandung yakni sebesar Rp10.000 (pada Senin-Kamis), dan Rp20.000 di akhir pekan.

Harga Tiket Masuk Chinatown Bandung
Harga TiketRp30.000

Baca: FLOATING MARKET Lembang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Chinatown Bandung

Chinatown Bandung bisa dikunjungi setiap hari mulai pagi hari. Mulai pukul 11.00 siang sampai dengan pukul 10 malam.

Wisata Swa-Foto

Chinatown Bandung berlokasi di Jalan Kelenteng No. 41, Ciroyom, Andir, Bandung. Letaknya tepat di belakang kelenteng tertua di Bandung, yakni Vihara Satya Budhi. Ada banyak warga Tionghoa yang bermukim di kawasan ini, sehingga kerap disebut salah satu kawasan pecinan di Bandung.

Begitu masuk, wisatawan akan menemukan banyak  titik menarik untuk berfoto-ria. Konsep dekorasinya bernuansa oriental, diiringi dengan diputarnya lagu-lagu lama Tionghoa. Chinatown Bandung dihiasi dengan lampion-lampion, bangunan lama, dan aneka ornamen khas Budaya China. Perabot antik seperti telefon koin dan sepeda onthel pun turut menjadi perangkat andalan bagi pelancong yang hendak mengambil gambar.

Chinatown Bandung
Berbagai aktivitas bisa dilakukan saat berkunjung ke tempat wisata unik ini. foto: Affan B.dirga

Hasilkan Foto Unik Dengan Kostum Bangsawan China

Bahkan, melengkapi aktivitas berfoto, Chinatown menyediakan kostum sewa dan jasa kosmetik khas Tionghoa. Kostumnya pun beragam, pengunjung bisa memilih pakaian bergaya bangsawan dan kerajaan Tiongkok. Biaya penyewaan dan kosmetik ini dimulai dari harga Rp50.000. Sedangkan untuk cetak foto, harga dimulai dari Rp25.000.

Baca: THE LODGE MARIBAYA Tiket, Aktivitas & Penginapan

Jika berkunjung di akhir pekan, pengunjung akan dihibur dengan gelaran musik di panggung utama dan atraksi Barongsai di sore hari. Pun, di momen istimewa seperti Imlek, Chinatown Bandung menggelar parade Barongsai dan wushu.

Wisata Kuliner Bandung Juga Ada

Tak cukup sampai di sana. Kuliner pun menjadi daya tarik di Chinatown Bandung. Terdapat deretan kedai yang menyediakan kuliner China seperti aneka mie, bakpau, dan dimsum. Namun, makanan khas Bandung pun tak ketinggalan jadi sajian, misalnya batagor, soto, dan sate.

Di wilayah pujasera ini, wisatawan disediakan area duduk terbuka yang cukup luas. Para pengunjung bisa menyantap makanan, atau sekadar berbincang santai di area-area ini. Tempatnya pun didesain dengan unik dan berwarna. Mural-mural menghias dinding, berikut dengan sangkar-sangkar burung berwarna putih bergantung di atasnya.

wisata kuliner Chinatown bandung
Wisata kuliner menyediakan berbagai menu masakan. foto: Agustinust Kuswandi

Lengkapi Kunjungan Dengan Belanja Souvenir

Selain kuliner, pengunjung pun dapat membeli pernak-pernik dan souvenir di Chinatown Bandung. Kios-kios souvenir ini menjajakan berbagai kerajinan tangan, gantungan, dan juga kipas dengan harga bervariasi. Wisatawan bisa mendapat buah tangan di tempat ini.

Baca: CURUG MARIBAYA Kawasan Wisata Tiket & Aktivitas

Sebagai informasi, di Chinatown Bandung, pembayaran tidak menerima uang tunai. Seluruh transaksi menggunakan Flazz, kartu kredit, dan debit. Para wisatawan pun tidak diperkenankan membawa makanan dan minuman dari luar.

Fasilitas Lengkap Untuk Dewasa & Anak

Bagi para pengunjung muslim yang hendak beribadah, Chinatown Bandung pun menyediakan sebuah musala. Tempat wudu antara pria dan wanita pun dibuat terpisah. Dan menyesuaikan tema destinasi wisata tersebut, musala dibuat berarsitektur China dengan nuansa merah. Lokasi musala ini tak jauh dari area bermain anak-anak.

Sedangkan bagi wisatawan yang membawa putra-putrinya, Chinatown Bandung pun menyediakan area bermain anak-anak. Dengan membayar sebesar Rp35.000, pengunjung bebas menggunakan berbagai macam permainan anak. Bahkan, permainan seperti memancing ikan dan bola gelinding, bisa dimainkan oleh orang dewasa.

permainan anak di chinatown bandung
Untuk anak-anak tersedia fasilitas bermain anak-anak. foto: Fiet Xxx

Alamat & Lokasi

Kawasan wisata ini berlokasi di Jl. Kelenteng No.41, Ciroyom, Andir, Kota Bandung, Jawa Barat 40182. Info lebih lanjut silahkan menghubungi (022) 6038114.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,15 - 13 Pembaca
Loading...