Beranda Tiket Wisata

COBAN GLOTAK Tiket & Daya Tarik – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Coban Glotak : Rp4.000Jam Buka: 07.00 - 17.00No. Telepon: -Alamat: Jalan Raya Coban Glothak, Dalisodo, Wagir, Malang, Jawa Timur, Indonesia, 65158

Malang terkenal memiliki banyak air terjun nan indah, seperti salah satunya Coban Glotak. Air terjun ini hanya memiliki satu aliran, bukan seperti Tumpak Sewu yang memiliki banyak aliran. Meski demikian, keindahan air terjun ini terletak pada ketinggiannya yang mencapai puluhan meter tingginya. Selain itu lokasinya yang berada di tengah hutan membuatnya masih begitu asri.

Banyak wisatawan yang rela datang ke tempat ini meskipun harus masuk ke hutan. Meski tidak terlalu jauh dari Kota Malang, namun aksesnya belum terlalu baik. Kealamian tempat ini menjadi alasan kuat bagi wisatawan untuk berkunjung. Hingga rela menempuh jalan yang tak mudah.

Harga Tiket Masuk Coban Glotak Malang

Objek wisata ini menerapkan harga tiket yang masih sangat terjangkau. Tidak ada perbedaan harga tiket bagi pengunjung dewasa atau anak-anak. Begitu juga di hari libur maupun hari biasa, harga tiket pun tidak berbeda.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Rp4.000

Baca: 6 Wisata Air Terjun Terbaik di Malang

Jam Operasional Coban Glotak Malang

Untuk dapat menikmati objek wisata ini, wisatawan dapat datang dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari 07:00 – 17:00 WIB

Keindahan Menawan Coban Glotak

Trek Menuju Coban Glotak
Trek Menuju Coban Glotak. Foto: Gmap/Syamsul Arifin

Coban Glotak adalah wisata yang cocok bagi jiwa petualang. Pasalnya, untuk sampai ke titik air terjun harus melakukan trekking yang cukup panjang. Meski demikian, tak urung menciutkan nyali para petualang ini untuk menyambangi air terjun. Karena pemandangan yang ditawarkan pun begitu mempesona.

Jalanan tanah dan batuan menjadi salah satu rintangan kecil dalam perjalanan. Wisatawan pun harus menyiapkan fisik yang kuat untuk sampai ke titik tujuan. Sesekali harus menyeberangi aliran sungai yang mengalir. Tidak dalam memang, namun cukup deras melaju indah di sela-sela bebatuan.

Hutannya masih sangat rindang, bahkan di siang hari pun tak terasa terik. Tidak banyak penjual yang ada di dekat air terjun, sehingga persiapan bekal itu penting. Karena medan dan kondisi hutan, harap selalu mengenakan pakaian yang nyaman. Serta alas kaki yang tahan air dan anti slip, untuk menerjang medang berair dan licin.

Baca: COBAN RONDO Tiket & Aktivitas

Keindahan Air Terjun Puluhan Meter

Pemandangan Coban Glotak dari Kejauhan
Pemandangan Coban Glotak dari Kejauhan. Foto: Gmap/Fajar Sugiono

Coban Glotak memiliki satu terjunan air yang begitu deras. Tingginya mencapai 80 meter, sangat tinggi turun dari atas hingga kolam di bawahnya. Suara air terjun begitu bergemuruh, riuh, menggugah siapapun untuk semakin mendekat. Air yang jatuh pun tampak begitu putih karena derasnya air.

Begitu sampai di kolam dan mengalir di sungai, airnya tampak bening dan jernih. Di kolam bawah air terjun, tampak airnya masih deras. Sebaiknya wisatawan tidak berada langsung di bawah terjunan airnya, karena cukup sakit jika mengenai tubuh. Jika ingin bermain air, dapat bermain di kolam atau aliran sungai beberapa meter di depan air terjun.

Dinding air terjun berupa batu, awalnya berwarna hitam, tampak ketika basah terkena air. Namun di sisi yang dilalui air terjun, tampak hijau karena lumut yang telah melekat. Di sisi yang lain juga tampak tanaman rambat dan semak-semak yang telah memenuhi permukaan. Kombinasi warna putihnya air dan hijaunya tanaman membuatnya tampak begitu hidup.

Baca: COBAN RAIS Tiket & Wahana

Berenang Menikmati Kesegaran Alami Air Terjun

Wisatawan Tengah Bermain di Sungai
Wisatawan Tengah Bermain di Sungai. Foto: Gmap/Candra Pramula Pinandita

Sudah jauh berada di titik air terjun, tentu jangan melewatkan kesempatan untuk merasakan kesegaran airnya. Wisatawan dapat berenang di kolam yang letaknya beberapa meter di depan air terjun. Ada area cekungan yang tidak dalam, biasanya wisatawan berendam di air tersebut. Selain segar, airnya lebih tenang karena berasal dari aliran air terjun yang sudah mengalir ke sungai.

Berendam di kolam sambil duduk di bebatuan juga cukup untuk menyegarkan tubuh. Karena tenang, pikiran pun terasa lebih nyaman dan damai. Sembari mendengar gemericik air yang mengalir melalui sela-sela bebatuan. Jika tak ingin berendam, wisatawan juga dapat merendamkan kaki saja.

Atau bermain di sungai yang penuh dengan batu-batuan. Di area ini juga bagus untuk dijadikan objek berfoto. Duduk di atas batuan sungai, dengan sungai yang mengalir indah dan jernih. Ditambah latar belakang air terjun yang gagah tinggi menjulang.

Baca: Coban Putri Tiket Dan Aktivitas

Asal Nama Coban Glotak

Seperti namanya, asal usul penamaan Coban Glotak juga tak kalah unik. Menurut masyarakat setempat, penyebab dinamakannya “Glotak” karena turunnya air. Derasnya air terjun yang mengenai batu menghasilkan suara riuh gemeletak. Yang dapat bahasa Jawa biasa disebut “glotak glotak” (gemeletak).

Karena itulah, air terjun ini dinamakan Coban Glotak. Namun ketika sampai sana, wisatawan akan lebih mendengar riuh gemuruh air. Bukan gemeletak air yang mengenai batuan. Karena mungkin batuan di bawahnya sudah terkikis hingga cekung membentuk kolam.

Pelangi Indah di bawah Air Terjun

Spot Foto Indah di Coban Glotak
Spot Foto Indah di Coban Glotak. Foto: Gmap/Juanshar W Fajrin

Apa lagi yang dapat dilakukan jika bukan berfoto. Wisatawan dapat menjadikan air terjun sebagai objek untuk berfoto. Pemandangannya begitu indah, hutan, serta sungai-sungai di sekitarnya tak kalah menawan.

Jika beruntung, wisatawan dapat menyaksikan keindahan pelangi di bawah air terjun. Garis lengkung berwarna mejikuhibiniu samar tergores diantara terjunan air. Bahkan, wisatawan pun dapat mengambil foto pelangi ini dengan jelas.

Berpiknik di Kawasan Air Terjun

Jika ingin bersantai sejenak, wisatawan dapat mencoba berpiknik di kawasan air terjun. Ada gundukan di depan air terjun yang bisa digunakan untuk duduk-duduk. Sembari membuka bekal makanan dan minuman yang dibawa dari rumah. Menikmati bekal dengan pemandangan air terjun dan suasana sejuk, tentu sangat menyenangkan.

Lokasi Coban Glotak Malang

Air Terjun ini berlokasi di Jalan Raya Coban Glothak, Area Hutan, Desa Dalisodo, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang. Berjarak sekitar 16 Kilometer dari pusat Kota Malang. Untuk sampai ke Air Terjun membutuhkan waktu setidaknya 50 menit berkendara.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 22

Berikan Rating