Beranda Tiket Wisata

Curug Cipeuteuy Tiket & Ragam Aktivitas - April 2020

Curug Cipeuteuy Harga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000 Jam Buka: 08.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Jl. Dukuh Pasir, Bantaragung,Sindangwangi,Majalengka,Jawa Barat,Indonesia,45474.

Sudah buat rencana berlibur? Jangan lupa memasukkan daerah Majalengka sebagai salah satu destinasi wisata. Kabupaten Majalengka memiliki banyak pilihan rekreasi, termasuk Curug Cipeuteuy yang berada di kawasan Gunung Ciremai.

Di Curug ini, pengunjung tidak hanya menemukan keindahan air terjun alami. Objek wisata ini menawarkan pengalaman berenang di kolam di tengah hutan yang asri. Selain itu, terdapat banyak objek wisata menarik lain yang bisa dijajal di sekitarnya.

Tiket Masuk Curug Cipeuteuy

Memasuki kawasan wisata air terjun, pengunjung dikenakan tiket masuk yang berbeda untuk kalangan anak-anak dan dewasa. Namun, jangan khawatir karena harga tiket masuk ke Curug Cipeuteuy tidaklah menguras kantong.

Harga Tiket Masuk
Dewasa Rp15.000
Anak-Anak Rp10.000
Parkir Mobil Rp10.000
Parkir Motor Rp3.000

Baca: 5 Tempat Wisata Menarik di Majalengka

Jam Buka

Objek wisata air terjun ini bisa dikunjungi pada hari biasa maupun hari libur. Pada akhir pekan, wisatawan biasanya akan memadati objek wisata ini sebagai destinasi rekreasi keluarga.
Jam Operasional
Setiap Hari 08.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Curug Cipeuteuy

Air terjun Cipeuteuy
Nama Curug Cipeuteuy berasal dari nama tanaman “peuteuy” alias pete yang dulu banyak tumbuh di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/Zamaludin Aziz

Baca: Cadas Gantung Majalengka Tiket & Aktivitas

Curug Cipeuteuy adalah salah satu objek wisata alam berupa air terjun yang dimiliki Kabupaten Majalengka. Air terjun ini masih terletak dalam kawasan Gunung Ciremai. Oleh karena itu, lokasinya dikelilingi oleh lingkungan hutan yang masih asri.

Air terjun ini diberi nama dari tanaman petai. Dalam bahasa Sunda, tanaman ini disebut sebagai “peuteuy”. Menurut warga setempat, dahulu tanaman tersebut banyak tumbuh dan ditemukan di sekitar curug. Saat ini, wisatawan tidak akan menemukan tanaman petai, melainkan ruang rekreasi yang nyaman dan tenang di tengah hutan.

Curug di Tengah Hutan

Suasana asri di tengah Gunung Ciremai
Jalur hiking yang nyaman dan indah menuju Curug Cipeuteuy – Foto: Google Maps/budi able

Baca: Jembar Waterpark Majalengka Tiket & Wahana

Untuk menuju lokasi curug, wisatawan harus berjalan kaki. Jaraknya tidak terlalu jauh, hanya sekitar 300 meter. Trek hiking ini juga kondisinya sangat baik dan ramah untuk kalangan amatir.

Setelah melewati gerbang, pengunjung akan langsung disambut oleh area swafoto. Area ini dipenuhi platform kreatif berbentuk dermaga dan sayap kupu-kupu. Tak jauh dari sana, terdapat toko cinderamata yang terbuat dari bilik bambu.

Jalan setapak akan membawa pengunjung menuruni beberapa anak tangga dan melintasi jembatan. Pengunjung akan melewati persimpangan yang memisahkan jalur ke curug dan bumi perkemahan. Sepanjang jalan, suasana hutan pinus yang sejuk akan menghibur mata sekaligus menyegarkan tubuh.

Kolam Renang Bertingkat

Berenang di kolam air alami
Kolam di Curug Cipeuteuy ramah bagi semua kalangan wisatawan, baik dewasa maupun anak-anak – Foto: Google Maps/Ai Nurhayati

Baca: Kolam Renang Tirta Indah Majalengka Tiket & Wahana

Curug Cipeuteuy berada di sebuah legok atau dataran rendah. Pertama kali tiba, pengunjung tidak akan langsung disambut oleh air terjun, melainkan rangkaian kolam renang berundak yang cantik.

Kolam ini ditata sedemikian rupa hingga memiliki beberapa tingkat. Layaknya taman buatan, pinggiran kolamnya disusun dari batu alam. Di tengah kolam, sebuah jembatan bambu berdiri kokoh melintang.

Kolam tersebut menampung aliran air dari air terjun yang berada tak jauh dari sana. Air terjun inilah yang bernama Cipeuteuy. Alirannya tidak terlalu deras, sehingga lebih cocok disebut sebagai aliran air. Bentuknya pun tidak terlalu tinggi atau lebar.

Air yang mengalir dari Curug Cipeuteuy jernih dan bersih. Dengan adanya kolam yang nyaman, pengunjung bisa leluasa menikmati kesegaran air dari curug tersebut. Selain itu, bentuknya yang cantik membuat pengunjung menggemarinya sebagai lokasi foto.

Berkemah di Hutan

Sejumlah tenda di Bumi Perkemahan Awilega dekat Curug Cipeuteuy
Curug Cipeuteuy masih satu kawasan dengan Bumi Perkemahan Awilega – Foto: Google Maps/Anri Ridwan

Jika ingin bermalam di kawasan Curug Cipeuteuy, wisatawan bisa memilih kegiatan berkemah. Objek wisata ini tidak hanya menawarkan air terjun yang menyegarkan. Terdapat bumi perkemahan yang nyaman dengan fasilitas lengkap dan memadai, yaitu Awilega.

Bumi Perkemahan Awilega berada di tanah lapang di tengah hutan. Berkemah di sini akan memberikan ketenangan yang berbeda dari suasana hiruk-pikuk kota. Tidak perlu khawatir soal fasilitas, karena toilet bersih hingga listrik sudah tersedia di sini. Lokasinya sangat cocok untuk berkemah dan rekreasi keluarga di akhir pekan.

Ciboer Pass

Terasering di Ciboer Pass
Panorama lanskap sawah a la Ubud yang bisa ditemui di Ciboer Pass Majalengka – Foto: Google Maps/Ade Mardiah

Di perjalanan menuju objek wisata Curug Cipeuteuy, terdapat satu tempat yang tak kalah menarik. Tempat ini berupa hamparan sawah yang berbentuk terasering. Namanya Ciboer Pass, kawasan wisata kuliner yang menyajikan panorama persawahan memukau.

Berada di sini mungkin akan sedikit mengingatkan pengunjung pada panorama yang ada di Ubud, Bali. Ciboer Pass menawarkan pengalaman bersantai dengan pemandangan hijau dari persawahan yang berundak-undak. Nikmati kopi asli Ciremai sambil merasakan sejuknya angin dan nyanyian alam.

Bukit Selfie

Ayunan langit di sekitar Curug Cipeuteuy
Pengunjung mencoba sensasi menaiki ayunan langit di Bukit Batu Semar, tak jauh dari Curug Cipeuteuy – Foto: Google Maps/nang sumadi

Belum puas berfoto di Curug Cipeuteuy? Ada tempat lain yang tampaknya wajib didatangi bagi para penggemar swafoto. Tempat tersebut adalah Bukit Batu Semar yang berada tak jauh dari air terjun.

Di kawasan dataran tinggi ini, terdapat beragam spot foto yang memadukan kreativitas dan panorama pegunungan yang cantik. Pengunjung bisa berfoto “di atas awan” berlatarkan hijaunya hutan. Ada juga wahana menantang Ayunan Langit yang memberikan sensasi berayun di ketinggian.

Fasilitas Curug Cipeuteuy

Kelengkapan fasilitas di Curug Cipeteuy sudah tidak perlu diragukan lagi. Objek wisata ini dikelola dengan baik dan memiliki sejumlah fasilitas yang memadai. Area parkir, toilet, mushola, warung, dan area perkemahan tersedia di sini. Papan petunjuk jalan juga memberikan informasi yang jelas bagi wisatawan agar tidak tersesat.

Lokasi Curug Cipeuteuy

Curug Cipeuteuy berlokasi di Jalan Dukuh pasir, Desa Bantaragung, Sindangwangi, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 24 kilometer dari Kota Majalengka dan 27 kilometer dari Cirebon. Akses jalan sudah baik, namun kondisinya cukup sempit. Wisatawan disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil, motor, atau sepeda jika ingin berkunjung kemari.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent5,00 | 1 Pembaca

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here