CURUG MUARA JAYA Keindahan di Lereng Gunung Cereme Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Curug Muara Jaya: Rp5.000 - Rp20.000
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, 45462

Daerah Majalengka mulai banyak dilirik sebagai destinasi berlibur oleh wisatawan. Hal ini karena Majalengka ternyata menyimpan tidak sedikit keindahan alam yang potensial sebagai objek wisata. Salah satu yang sudah populer di tengah warga lokal adalah Curug Muara Jaya.

Air terjun ini berlokasi di Desa Argamukti, Kabupaten Majalengka. Memiliki tiga tingkat dan berada di tengah lembah. Meski terletak di tengah hutan, namun objek wisata ini ramah anak-anak dan cocok untuk rekreasi keluarga.

Harga Tiket Masuk Curug Muara Jaya

Terdapat dua tiket yang berlaku untuk memasuki kawasan wisata air terjun. Tiket pertama untuk kunjungan biasa dan tiket kedua untuk camping. Kemudian untuk harga tiketnya sendiri Rp15.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak.

Jenis TiketHarga
Tiket Masuk AnakRp5.000
Tiket Masuk DewasaRp15.000
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp10.000
Tiket CampingRp20.000
Harga Tiket Curug Muara Jaya

Baca: TERASERING PANYAWEUYAN Majalengka Tiket Masuk & Ragam Pesona

Jam Buka Curug Muara Jaya

Objek wisata air terjun sudah buka sejak pagi hingga sore hari. Mulai pukul 08.00 pagi dan akan tutup pukul 05.00 sore. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim kemarau karena air yang mengalir sangat jernih dan tidak berlumpur.

Keindahan Curug Muara Jaya

Curug Muara Jaya dari jauh
Tampak bagian dari air terjun yang sekitarnya merupakan hutan alami – Foto: Google Maps/Ambia Aditama

Curug Muara Jaya adalah air terjun yang menjadi bagian dari aliran Sungai Muara Jaya. Air terjun ini berada di kawasan lereng Gunung Ciremai. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari Kota Majalengka.

Meski berada di lembah dan memerlukan sedikit tenaga ekstra untuk mencapainya, namun air terjun ini tetap populer sebagai lokasi piknik. Aliran airnya cukup deras dan meluncur di permukaan berbatu-batu yang mempertegas lekuknya, menambah keindahan air terjun ini.

Baca: Curug Cipeuteuy Majalengka Tiket Masuk & Ragam Aktivitas

Dikelilingi Hutan

Ratusan anak tangga
Jumlah anak tangga yang harus dilalui untuk menuju lokasi sampai ke air terjun mencapai lebih dari 350 buah ke arah lembah – Foto: Google Maps/Faiz Falsahadi

Baca: Taman Dinosaurus Majalengka Tiket Masuk & Aktivitas

Banyak alasan mengapa Curug Muara Jaya jadi air terjun favorit sebagai destinasi wisata warga Majalengka dan sekitarnya. Salah satunya adalah lokasinya yang, meskipun berada di tengah lembah hutan, namun aksesnya tergolong mudah.

Hal ini karena pengelola sudah menyediakan akses jalan berupa ratusan anak tangga. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu khawatir masalah kontur jalan meski harus menembus hutan. Posisi air terjun yang berada di bawah memang mengharuskan pengunjung menuruni tak kurang dari 350 anak tangga.

Dua tingkat air terjun
Aliran sungai dari ar terjun yang terlihat di balik rimbunnya hutan alami – Foto: Google Maps/upi lutfi

Di tengah perjalanan menuruni tangga, pengunjung akan tiba di sebuah pelataran. Di akhir pekan atau hari libur, pengunjung bisa menonton hiburan yang tampil di panggung yang tersedia. Toilet, musala, fasilitas bermain, serta tempat beristirahat juga ada di sini.

Selama menuruni tangga mata akan terasa segar dengan indahnya panorama alam. Hamparan hutan Gunung Ciremai yang hijau berpadu dengan udara sejuk pegunungan. Selain membuat mata segar, rasa lelah dan pegal akan terganti dengan perasaan tenang dan rileks.

Baca: Cadas Gantung Majalengka Tiket Masuk & Aktivitas

Air Terjun Bertingkat

Curug Muara Jaya dari dekat
Jatuhan air terjun Muara Jaya yang tersorot oleh sinar matahari tampak indah dengan hiasan bebatuan sungai di sekitarnya – Foto: Google Maps/Fitria Natasya Putri

Jauh sebelum tiba di lokasi air terjun, sudah akan terdengar suara aliran air yang deras. Curug Muara Jaya sudah bisa terlihat dari tangga, mengintip dari balik pepohonan yang rimbun. Curug setinggi kurang lebih 70 meter itu menjadi pusat perhatian panorama sekitarnya.

Kesejukan suasana khas sekitar air terjun akan menyambut ketika tiba di lokasi. Air terjun setinggi 20 meter mengalir menjadi telaga dan sungai dengan keunikan bebatuan. Air terjun ini merupakan tingkat paling bawah dari keseluruhan Curug Muara Jaya.

Jika berjalan terus menyusuri jalan setapak, pengunjung akan menemukan loket lainnya. Loket ini menjual tiket terusan bagi pengunjung yang ingin menuju ke air terjun di tingkat teratas. Air terjun ini mengalir di tebing yang lebih tinggi. Telaga di sekitarnya dangkal, sehingga aman sebagai tempat bermain air.

Baca: Kolam Renang Tirta Indah Majalengka Tiket Masuk & Berbagai Wahana Seru

Rekreasi Alam

Curug tingkat terbawah
Jembatan yang melintasi sungai dan menghubungkan tangga ke lokasi Curug Muara Jaya, tampak wisatawan bermain air di sekitar air terjun tersebut – Foto: Google Maps/fajar buana

Di sekitar air terjun tingkat bawah, terdapat sebuah area kering terbuka. Area ini bisa menjadi tempat piknik. Sambil menikmati bekal dan bersantai, pengunjung dapat melihat keindahan air terjun dari dekat.

Bagi yang ingin bermalam, pengelola juga menyediakan area berkemah. Dengan membayar 20 ribu per orang, pengunjung dapat mendirikan tenda dan berkemah di sekitar curug. Tidak perlu khawatir karena fasilitas sarana dan keamanan sudah terjamin di sini.

Baca: Jembar Waterpark Majalengka Tiket Masuk & Ragam Wahana

Fasilitas

Sarana dan prasarana yang tersedia di Curug Muara Jaya terhitung lengkap dan memadai. Area parkir luas, toilet, musala, dan warung makanan bisa dengan mudah ditemukan di sini. Jalan setapak menuju air terjun sudah terdapat anak tangga dengan pegangan sehingga aman untuk semua kalangan. Pengelola juga menyediakan beberapa sarana bermain anak dan panggung untuk penampilan kesenian atau kebutuhan acara gathering.

Baca: 6 Tempat Wisata Pilihan Di Majalengka

Lokasi Curug Muara Jaya

Kawasan wisata air terjun ini berada di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Minimnya transportasi umum membuat lokasi objek wisata ini lebih mudah aksesnya menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor.

Berikan Rating

4.7 - 76 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *