Beranda Tiket Wisata

CURUG RAHONG Tiket & Ragam Aktivitas Seru - Juli 2020

Curug Rahong Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Rengasjajar,Cigudeg,Bogor,Jawa Barat,Indonesia,16660.

Berwisata ke objek wisata berupa air terjun memang menyenangkan, namun tidak sedikit yang membutuhkan tenaga ekstra untuk bisa dicapai. Seperti halnya Curug Rahong yang berada di kedalaman hutan di Cigudeg, Kabupaten Bogor.

Kawasan wisata alam ini populer karena menyajikan pemandangan air terjun yang unik. Namun, untuk menikmati pemandangan tersebut, wisatawan harus berbekal niat serta stamina yang kuat. Selain jalur trekking-nya yang cukup panjang, jalan menuju air terjun juga dipenuhi berbagai rintangan.

Tiket Masuk

Curug Rahong belum dikelola secara resmi dan hanya dijaga oleh warga sekitar. Pengunjung cukup membayar retribusi parkir dan tiket pada warga yang berjaga.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp5.000
Parkir motorRp10.000

Baca: 22 Curug Paling Memikat di Bogor

Jam Operasional

Air terjun ini bisa dikunjungi setiap hari. Pada hari libur seperti Lebaran, objek wisata ini akan jauh lebih ramai dari hari biasa.

Jam Buka
Setiap hari 24 jam

Pesona Curug Rahong

Area Curug Rahong
Papan penunjuk kawasan Curug Rahong – Foto: Google Maps/pipih piandi

Baca: CURUG BIDADARI Tiket & Aktivitas

Curug Rahong, juga dikenal sebagai Curug Grahong, merupakan objek wisata alam berupa air terjun yang berada di Cigudeg, Bogor. Air terjun ini berada di tengah hutan liar yang masih alami. Hal ini menjadikan air terjun ini sebagai destinasi wisata yang cukup menantang karena rute yang dimilikinya.

Aliran airnya berasal dari Sungai Cibodas yang berada di atas tebing bebatuan. Bentuk alirannya unik dan airnya dalam kondisi bersih. Dengan ketinggian kurang lebih 15 meter, air terjun Rahong menampilkan pemandangan alam yang memukau.

Petualangan Menuju Lokasi

Kawasan tambang pasir
Kawasan tambang pasir yang harus dilewati ketika menuju Curug Rahong – Foto: Google Maps/Devi7 Setiawan

Baca: CURUG LEUWI HEJO Tiket & Aktivitas

Perjalanan menuju air terjun bisa dikategorikan sebagai sebuah petualangan yang menarik. Berada jauh dari keramaian Kota Bogor, air terjun ini berada di sebuah Kampung bernama Kedaung yang termasuk dalam Kecamatan Cigudeg.

Jika berangkat dari Kota Bogor, rute melewati kawasan tambang pasir akan menghiasi perjalanan. Pemandangan hijau akan berubah menjadi jalanan berdebu dan gersang. Kendaraan berupa truk pengangkut pasir berukuran besar lalu-lalang. Konsentrasi dalam menyetir jadi hal yang mutlak di sini.

Setelah melewati area tambang, pemandangan akan kembali sejuk seiring dengan memasuki kawasan permukiman berupa desa yang masih asri. Pemandangan didominasi oleh jalanan sempit dengan lahan sawah, perbukitan, serta aliran sungai yang jernih dan berbatu-batu. Di desa inilah Curug Rahong berada.

Rute Trekking Menantang

Menyusuri hutan
Jalur trekking menuju Curug Rahong terdiri dari rute hutan dan sungai – Foto: Google Maps/Pipie Suartika

Baca: CURUG NAGA Bogor Wisata Penuh Tantangan

Perjalanan dengan kendaraan harus berhenti karena rute selanjutnya hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki. Kendaraan bisa diparkir di halaman rumah warga dan membayar tarif pada pemilik lahan yang bersangkutan.

Dari sini, bersiaplah untuk melalui jalur trekking yang sesungguhnya. Rute melalui hutan ini mengharuskan wisatawan siap dengan alas kaki yang cocok, seperti sandal gunung atau sepatu olahraga.

Dengan mengikuti petunjuk jalan a la kadarnya yang dibuat warga sekitar, pengunjung bisa sampai ke lokasi air terjun. Jalan setapak tanah yang dilalui akan membawa pengunjung menyusuri kawasan hutan yang masih menjadi habitat beragam hewan liar. Kemunculan hewan seperti ular sewaktu-waktu perlu diwaspadai.

Baca: Curug 7 Cilember Tiket & Ragam Wahana

Jalan setapak ini juga bersisian dengan aliran sungai. Sungai ini dipenuhi dengan sebaran bebatuan berukuran kecil hingga sedang. Setelah melewati hutan, pengunjung harus beberapa kali menyeberangi sungai ini. Perlu kehati-hatian ketika memilih batu pijakan, jadi pastikan alas kaki yang digunakan tidak licin.

Jalur trekking ini memang bukan jalan yang mudah untuk dilalui kalangan lansia atau anak-anak. Terlebih jalur ini akan semakin rawan untuk dilewati usai hujan. Jika ingin berkunjung ke Curug Rahong, kondisi kesehatan adalah hal yang paling utama untuk diperhatikan.

Panorama Air Terjun Unik

Curug Rahong
Bentuk Curug Rahong yang unik dan eksotis menjadi salah satu pesonanya – Foto: Google Maps/ben7amen lubis

Baca: Daya Tarik Wisata CURUG HORDENG Sentul

Setelah melalui jalur trekking selama kurang lebih 30 menit berjalan kaki, menyusuri sungai berbatu-batu, serta hutan liar, pengunjung akan tiba di lokasi curug. Pemandangan air yang mengalir deras di atas tebing batu setinggi 15 meter akan menyambut wisatawan.

Suara deburan air dari ketinggian menjadi lagu selamat datang yang menyejukkan telinga. Curug Rahong memiliki kontur yang tidak biasa, yaitu tebing batu yang menonjol. Tidak seperti air terjun yang umumnya mengalir nyaris tegak lurus, Curug ini justru berbentuk ‘cembung’.

Alirannya pun terbagi menjadi beberapa jatuhan air dengan ketinggian yang berbeda-beda. Bentuk ini membuatnya lebih tepat jika disebut sebagai ‘tumpahan air’. Dengan bentuk demikian, Curug Rahong menghasilkan tempias air dengan cakupan yang luas dan menimbulkan hawa sejuk di sekitar air terjun.

Sungai yang dihasilkannya dihiasi banyak bebatuan berukuran besar, tajam, dan licin. Pemandangan semakin lengkap dengan suasana hutan asri yang mengelilinginya.

Aktivitas di Curug Rahong

Melompat dari tebing
Kegiatan cliff jumping bisa dilakukan di Curug Rahong karena banyak terdapat tebing batu tinggi – Foto: Google Maps/shine ardhania

Baca: CURUG NGUMPET Tiket & Pesona

Telaganya tidak terlalu dalam dan tidak terlalu dangkal, sehingga sangat cocok untuk berenang atau menyelam. Bagi penyuka aktivitas ekstrem, melompat dari bebatuan di sekitar air terjun bisa jadi tantangan tersendiri.

Rasakan sensasi melompat dari ketinggian 3 meter langsung ke kolam dengan air yang menyegarkan. Setelah bermain air, beristirahatlah di bebatuan sungai sambil berjemur menikmati hangat sinar matahari.

Jika ingin menghilangkan lapar, pesan makanan di salah satu warung sambil menghilangkan lelah di saung yang tersedia. Jangan lupa untuk mengabadikan momen dengan kamera atau mengasah kemampuan fotografi di sini.

Sedikit tips jika ingin mengambil foto Curug Rahong, datanglah sebelum tengah hari. Ketika matahari sudah tinggi, akan sulit memotret air terjun karena pencahayaan yang kurang baik. Posisi air terjun yang tinggi membuatnya menimbulkan efek backlight sehingga akan sulit mengambil gambar yang bagus.

Fasilitas Curug Rahong

Sebelum populer, Curug Rahong belum memiliki fasilitas apapun. Seiring bertambahnya wisatawan, warga sekitar yang bertindak sebagai pengelola telah menambahkan sejumlah fasilitas minimum.

Fasilitas tersebut yaitu toilet, kamar bilas, serta warung makan yang dilengkapi bangku-bangku dan saung. Sayangnya, kebutuhan parkir masih terbatas pada lahan rumah warga. Jalan setapak menuju lokasi curug pun kondisinya belum terlalu layak serta minim petunjuk.

Lokasi Curug Rahong

Objek wisata air terjun ini berada di Kampung Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya tidak jauh dari Situs Gunung Munara dan Danau Quarry Jayamix. Dari arah Tangerang, air terjun ini bisa dicapai melalui rute Parung Panjang. Sedangkan dari arah Bogor Kota bisa melalui rute Leuwiliang atau Rumpin.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini