Tiket Masuk TANGKUBAN PARAHU dan Daya Tarik Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Wisata Gunung Tangkuban Perahu: Rp20.000 - Rp300.000
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
  • Nomor Telepon: 082120052011
  • Alamat: Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Subang, Jawa Barat, Indonesia, 40391

Bandung memiliki pilihan tak terbatas untuk menghabiskan waktu berlibur. Pusat perbelanjaan, wisata kuliner, hingga keindahan alamnya patut untuk dinikmati. Satu tempat ikonik yang tidak boleh terlewatkan yaitu Gunung Tangkuban Parahu di Kabupaten Bandung Barat.

Sebagai salah satu gunung api aktif di Indonesia, Gunung Tangkuban Parahu memiliki beberapa kawah yang terbuka untuk dikunjungi. Taman wisata alam ini menawarkan pengalaman menikmati keindahan kawah belerang aktif dari dekat, bahkan secara langsung. Keunikan bentang alamnya membuat tempat ini tidak pernah luput dari perhatian turis lokal maupun mancanegara.

Baca: 20 Tempat Wisata Pilihan Di Lembang

Tiket Masuk Tangkuban Parahu

Wisatawan yang ingin berwisata ke sini perlu menyiapkan tarif tiket masuk Tangkuban Parahu mulai Rp20.000 – Rp300.000. Tiket masuk Tangkuban Parahu ini belum termasuk biaya pemandu wisata untuk menuju Kawah Domas.

Tarif yang berbeda juga berlaku bagi yang ingin melakukan sesi foto. Berikut daftar tiket masuk Tangkuban Parahu lengkap baik untuk hari biasa maupun hari libur:

  • Tiket Masuk Wisatawan Lokal hari biasa Rp20.000, hari libur Rp30.000
  • Tiket Masuk Wisatawan Mancanegara hari biasa Rp200.000 dan hari libur Rp300.000
  • Angkutan Jayagiri-Kawah Ratu (PP) Rp10.000
  • Parkir Motor Hari Kerja Rp3.000, Hari Libur Rp3.500
  • Parkir Mobil Rp5.000
  • Parkir Bus Rp10.000

Ketentuan Tiket Masuk Tangkuban Parahu

  • Anak berusia 5 tahun ke atas wajib memiliki tiket masuk.
  • TWA Gunung Tangkuban Perahu menerima wisatawan dari seluruh daerah dan semua usia.

Baca: ORCHID FOREST Cikole Tiket Masuk & 6 Aktivitas

Jam Buka

Objek wisata ini terbuka untuk wisatawan setiap hari, dengan jam operasional mulai pukul 08.00 hingga pukul 05.00 sore. Pengunjung bisa datang pada pagi hari untuk menikmati udara sekitar kawah yang masih sejuk. Di siang hari matahari cukup menyengat, sementara pada sore hari kawasan kawah akan diselimuti kabut.

Daya Tarik

TWA Gunung Tangkuban Parahu
Gunung Tangkuban Parahu adalah kawasan wisata alam gunung api yang berada pada ketinggian 2.084 meter – Foto: Google Maps/Jefry Parapat

Baca: Great Asia Africa Lembang Tiket Masuk & Wahana

Gunung Tangkuban Parahu adalah salah satu gunung api aktif Indonesia yang berada di Kabupaten Bandung Barat. Gunung ini memiliki bentuk puncak rata yang khas jika terlihat dari kejauhan. Bentuk ini sekilas memang akan mengingatkan pada rupa sebuah perahu yang terbalik.

Gunung yang menjadi pusat cerita Legenda Sangkuriang ini ternyata menawarkan lebih dari sekadar kemegahan gunung api. Kawah-kawahnya yang berbahaya sekaligus cantik, kekayaan flora dan fauna endemik, dan panorama alam menakjubkan turut melengkapinya sebagai destinasi wisata. Ditambah dengan wisata kuliner khas, berkunjung ke Gunung Tangkuban Parahu akan selalu jadi pengalaman yang berkesan.

Kawah Ratu

Kawah Ratu, kawah terbesar di Gunung Tangkuban Parahu
Kawah Ratu adalah kawah terbesar dan salah satu kawah yang bisa dikunjungi wisatawan Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/nany fatma ramadhani

Baca: GRAFIKA CIKOLE LEMBANG Tiket Masuk & Aktivitas

Gunung Tangkuban Parahu tercatat memiliki 13 kawah aktif. Namun, hanya ada dua di antaranya yang cukup aman untuk dikunjungi. Kedua kawah tersebut adalah Kawah Ratu dan Kawah Domas.

Kawah Ratu merupakan kawah terbesar sekaligus ikon dari Gunung Tangkuban Parahu. Bentuknya menyerupai mangkuk raksasa yang berisi campuran lava, sulfur, dan belerang. Dengan kedalaman sekitar 500 meter, permukaannya terus-menerus mengepulkan uap belerang, menimbulkan kesan misterius di sekitar kawah.

Area aman di sekitar Kawah Ratu
Berbagai tumbuhan khas pegunungan menghiasi area sekitar Kawah Ratu – Foto: Google Maps/Muhamad Nova

Baca: Farm House Lembang Tiket Masuk & 5 Wahana Unggulan

Terdapat jalan setapak dengan pagar kokoh di pinggiran kawah. Area ini berhiaskan beberapa jenis vegetasi khas pegunungan. Wisatawan bisa berkeliling menikmati Kawah Ratu atau berfoto dari jarak aman di area ini.

Jika berkunjung ke mari, wisatawan disarankan tidak berada terlalu lama agar tidak terlalu banyak menghirup uap belerang. Selain itu, kawasan ini juga berada di ketinggian dengan suhu antara 2 – 17 derajat celcius. Jadi, jangan lupa untuk mengenakan pakaian hangat ya!

Kawah Domas

Wisatawan mencoba lulur menggunakan lumpur belerang
Kawah Domas menyajikan kolam-kolam air panas yang mengandung belerang dan bermanfaat untuk kesehatan – Foto: Google Maps/Hyunguk Kim

Baca: Kota Mini Lembang Tiket Masuk & Wahana

Kawah Domas adalah kawah lain di kawasan Gunung Tangkuban Parahu yang bisa menjadi tujuan selanjutnya wisatawan. Jika tertarik untuk merasakan sensasi air panas dan lumpur belerang, tempat ini wajib untuk masuk daftar kunjungan. Untuk menuju Kawah Domas, wisatawan memerlukan jasa pemandu melewati jalan setepak yang membelah hutan.

Jarak Kawah Domas dari Kawah Ratu sekitar 1,2 kilometer. Sepanjang perjalanan, wisatawan akan merasa rileks oleh ragam flora yang ada. Jika beruntung, akan terlihat beberapa fauna endemik seperti lutung dan surili.

Merebus telur di Kawah Domas
Kegiatan merebus telur adalah salah satu pengalaman yang bisa dicoba di Kawah Domas Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/moezny nanank lamaska

Baca: D’Dieuland Bandung Tiket Masuk & Aktivitas

Kawah Domas terdiri dari beberapa kolam dan kubangan yang menampung air panas. Suhunya bervariasi, mulai dari 35 derajat hingga nyaris 100 derajat celcius. Setiap kolam dan kubangan memiliki fungsinya masing-masing. Di kolam dengan suhu tidak terlalu tinggi, wisatawan bisa merendam kaki dan lulur menggunakan lumpur belerang yang bermanfaat bagi kesehatan.

Sementara di kolam dengan air bersuhu sangat tinggi, wisatawan bisa mencoba merebus telur. Jika tidak membawa sendiri, banyak pedagang yang menjajakannya di sekitar kawah. Telur ini bisa dimakan langsung atau dibawa pulang. Pengalaman yang unik, bukan?

Kawah Upas

Mentari terbit di Kawah Upas
Pemandangan matahari terbit di kawasan kawah Upas – Foto: Google Maps/Wisata Offroad Adventure

Baca: RANCA UPAS Ciwidey Tiket Masuk & 5 Aktivitas Terbaik

Satu lagi kawah yang populer adalah Kawah Upas. Namun, wisatawan hanya bisa menikmati keindahannya dari jauh. Pasalnya, kawah ini memiliki kandungan belerang yang sangat tinggi dan uap yang berpotensi racun.

Kecantikan Kawah Upas semakin lengkap dengan bentangan Tebing Upas yang menjadi latarnya. Pemandangan ini jadi primadona di kalangan pecinta alam. Dari ketinggian, panorama Kawah Upas saat matahari terbit menghasilkan lukisan alam yang menakjubkan.

Kuliner Penghangat

Barisan kios dan warung di TWA Gunung Tangkuban Parahu
Terdapat aneka kios yang menjajakan beragam makanan, minuman, dan suvenir khas Jawa Barat di TWA Gunung Tangkuban Parahu – Foto: Google Maps/Dony Haryadi

Baca: Taman Lembah Dewata Lembang Tiket Masuk & Aktivitas

Berwisata di tempat yang berselimut suhu dingin paling cocok ditemani kuliner hangat. Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu punya banyak pilihan kuliner hangat. Barisan kios dan warung lengkap dengan bale-balenya siap menjamu wisatawan.

Beberapa makanan yang bisa dinikmati di sini adalah jagung rebus dan jagung bakar, ketan bakar, serta oncom raos. Hilangkan hawa dingin dengan minuman hangat seperti susu dan bandrek. Rasanya akan semakin lezat karena menyantapnya bisa sembari menikmati panorama kawah yang menakjubkan.

Fasilitas

Fasilitas yang ada di Taman Wisata Gunung Tangkuban Parahu sudah sangat lengkap memadai. Terdapat area parkir yang luas dan cukup untuk memuat kendaraan jenis besar seperti bus. Pengunjung bisa dengan mudah menemukan toilet, masjid, serta kios-kios suvenir maupun makanan di kawasan ini.

Lokasi

Taman Wisata Gunung Tangkuban Perahu terletak di Jl. Raya Tangkuban Parahu, Cicadas, Sagalaherang, Kabupaten Subang, Jawa Barat 40391. Gerbangnya mudah diakses karena berada tak jauh dari jalan raya.

Bagi pengunjung yang ingin datang ke Kawah Domas, databnglah melalui gerbang sebelum menuju Kawah Ratu. Dari sini, pengunjung cukup melakukan trekking selama 15 – 20 menit untuk menuju lokasi kawah.

Ulasan Pembaca

4.9 - 113 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

59 Komentar

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Selamat malam Kak Saepudin. Untuk keluhan, kritik dan saran saat kunjungan. Silakan menghubungi pihak Gunung Tangkuban Parahu ke nomor yang tercantum di halaman artikel. Terima Kasih

  2. Untuk masuk kawasan kawah Domas, apakah benar harus bayar lagi?
    1-5 orang 100k lebih dari 5 ada tambahan 50k dan wajib harus pakai pemandu?
    saya sama istri berkunjung ke TWA Gunung tangkuban perahu hanya berdua, tapi tetap harus bayar 100k untuk masuk ke kawasan kawah domas, dan akhirnya kami memutuskan tidak jadi ke kawasan tersebut. dan untuk area parkir, banyak juga juru parkirnya padahal sudah bayar di loket resminya di gerbang utama.

  3. Selamat siang Kak Ibnu. Kami sudah konfirmasi langsung ke pihak Tangkuban Perahu. Untuk mencegah kejadian serupa terjadi kembali. Pembelian tiket masuk hanya di loket resmi ya kak. Dan jika memang di kemudian hari, ketika berkunjung ada kendala di lapangan. Bisa langsung menyampaikan ke pihak wisata yang ada di lokasi. Terima kasih

  4. kurang nyaman, terlalu banyak calo yang nipu menaikan harga tidak sesuai dengan HTM yang tertera, pijat/lulur lumpur wajib bertanya dulu harganya kalau tidak digetok 100 ribu/org

    tolong petugas TWA tangkuban perahu lebih selektif lagi untuk memilih petugas lapangan agar para kepuasan dan kenyamanan para wisatawan terjaga

  5. So expensive for foreigners.
    So i cancel to review this place..
    Driver local pun kaget agak pricingnya.
    Not recommended

  6. Selamat pagi Uut Utipah. Informasi harga tiket masuk dapat dilihat langsung di halaman artikel. Terima Kasih

  7. Selamat siang Sulaiman. Informasi harga tiket masuk dan tiket angkutan masih sesuai dengan yang tertera di halaman artikel. Terima Kasih

  8. Ka kira-kira berapa harga per orang kalau naik kendaraan TWA Gunung Tangkuban Perahu?