Beranda Tiket Wisata

Dino Adventure Wisata Edukasi Dinosaurus - Mei 2020

Dino Adventure Paleontology Park Harga Tiket: Rp20.000 - Rp25.000 Jam Buka: 08.30 - 16.00 No. Telepon: 0274-583-631 Alamat: Gedung Kotak Taman Pintar, Jl. Panembahan Senopati No.1-3, Ngupasan,Gondomanan,Yogyakarta,Daerah Istimewa Yogyakarta,Indonesia,55122.

Sejak mulai beroperasi sepenuhnya pada 2008 lalu, Taman Pintar yang berada di pusat Kota Jogja jadi salah satu objek wisata edukatif andalan. Salah satu wahana yang hingga kini jadi favorit pengunjung adalah wahana Petualangan Dinosaurus atau Dino Adventure Paleontology Park.

Di wahana ini pengunjung akan diajak mengelilingi dan menjelajahi kehidupan purba, khususnya kehidupan dinosaurus dengan menggunakan gerbong kereta sepanjang 170 meter. Dinosaurus dikemas dalam bentuk replika raksasa dilengkapi dengan sistem suara robotik yang canggih.

Kereta itu akan membawa pengunjung berpetualang mengenal hewan-hewan eksotik prasejarah tersebut. Setidaknya di wahana seluas kurang lebih 800 meter persegi itu, terdapat enam jenis dinosaurus yang dapat dijumpai di wahana ini.

Harga Tiket Masuk Dino Adventure Paleontology Park

Harga tiket masuk yang ditawarkan juga cukup terjangkau. Hanya dibedakan berdasarkan usia pengunjung yaitu anak dan dewasa.

Tiket Masuk
DewasaRp25.000
Anak-anakRp20.000

Baca: TAMAN PINTAR Yogyakarta Tiket & Wahana

Jam Buka

Jam Buka
Selasa-Minggu*08.30 WIB – 16.00 WIB

*Senin tutup, kecuali hari libur nasional

Berburu Hewan Prasejarah di Lebatnya Rimba

T-Rex di wahana Dino Adenture Paleontology Park
Total ada enam jenis dinosaurus yang direplikakan di wahana Dino Adventure Paleontology Park. Foto: Google Maps/panji leksono

Menjelajahi wahana rimba yang di dalamnya dihuni dinosaurus bisa jadi alternatif liburan bersama keluarga. Apalagi jika wahana itu berada di pusat kota, sehingga wisatawan bisa sekaligus berkunjung ke sejumlah destinasi lain yang ada di sekitarnya.

Di wahana yang merupakan salah satu zona edukasi di kompleks Taman Pintar Yogyakarta tersebut, pengunjung bakal dimanjakan dengan suasana hutan yang lebat. Selain itu replika dinosaurus juga bisa membuat wisatawan merasa lebih dekat dengan hewan prasejarah tersebut.

Baca: Trans Studio Mini Yogykarta Tiket & Wahana

Belajar Alam Prasejarah

Salah satu replika bayi dinosaurus
Wisatawan juga bisa belajar lebih detail tentang pola hidup dinosaurusu. Foto: Google Maps/dela putra

Taman Pintar memang dikenal sebagai salah satu destinasi wisata edukatif terbesar di Jogja. Salah satu area yang ada di dalamnya adalah Dino Adventure Paleontology Park.

Di wahana ini, pengunjung, khususnya anak-anak bisa mengenal beragam pola kehidupan prasejarah, khususnya keberadaan dinosaurus yang menjadi ikon zaman prasejarah. Setidaknya ada enam jenis dinosaurus yang ditampilkan di wahana ini, yakni Tyrannosaurus (T-rex), Styracosaurus, Parasaurolophus, Allosaurus, Stegosaurus, dan Diploducus.

Baca: Taman Bunga Amarilis Hamparan Oranye Penuh Warna

Terlebih, sebelum masuk ke wahana, pengunjung terlebih dulu disuguhi video edukasi. Video itu menampilkan informasi soal spesifikasi dan sifat setiap jenis dinosaurus, termasuk informasi lokasi penemuan fosil yang tersebar di berbagai belahan dunia.

Masuk ke Hutan Lebat

Salah satu dinosaurus yang seolah seperti berada di rimba yang lebat
Nuansa hutan lebat membuat keberadaan dinosaurus menjadi tampak lebih nyata. Foto: Google Maps/Henry Erik Estrada

Selain belajar soal dinosaurus, di wahana ini pengunjung juga bakal disuguhi suasana hutan lebat.  Hal ini tak pelak membuat petualangan bersama dinosaurus pun menjadi lebih terasa menyenangkan.

Berbentuk seperti lorong, dilengkapi dengan properti bak hutan lebat, ditambah dengan tata cahaya serta efek khusus yang memukau membuat suasana hutan menjadi lebih dramatis. Dengan begitu pengunjung pun bisa merasakan sensasi yang mendebarkan ketika mendadak replika dinosaurus muncul.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & Aktivitas

Berkereta Keliling Taman Dino Adventure

Pengunjung berkeliling wahana dengan naik kereta
Rel kereta yang terpasang melingkar, menjadi alur kereta yang dinaiki pengunjung. Foto: Google Maps/panji leksono

Dalam mengelilingi wahana hutan dan berburu dinosaurus, wisatawan tak perlu lelah berjalan kaki. Kereta terbuka sepanjang 170 meter yang terdiri dari lima gerbong siap mengantar.

Kereta terbuka itu memang sengaja di-setting senyaman mungkin agar pengunjung bisa dengan tenang menikmati suasana petualangannya. Meski begitu, kereta tersebut bukan berarti hanya cukup untuk 1-2 orang, namun bisa memuat hingga 20 orang.

Replika Dinosaurus yang Mirip Aslinya

Replika dinosaurus yang ada di Dino Adventure Paleontology Park
Replika dinosaurus yang sengaja dibikin lebih detail. Foto: Google Maps/panji leksono

Meski mengusung konsep mirip wahana rumah hantu di pasar malam, namun Dino Adventure Paleontology Park terbilang jauh lebih canggih. Replika dinosaurus yang ditampilkan lebih hidup.

Hal itu lantaran pengelola Taman Pintar menggunakan teknologi robotik yang canggih. Dipadukan dengan konsep diorama, teknologi ini mampu membuat replika dinosaurus menjadi bisa bergerak dan mengeluarkan suara yang mirip dengan aslinya.

Baca: TAMAN PELANGI Yogya Tiket & Aktivitas

Berfoto dengan Dinosaurus

Replika Dinosaurus juga bisa dijadikan latar untuk berfoto
Pengunjung tak melewatkan momen untuk berfooto bersama replika dinosaurus. Foto: Instagram/lucinta.gram

Meski di dalam wahana pengunjung naik kereta yang berjalan, namun bukan berarti tak ada kesempatan untuk berfoto bersama hewan prasejarah nan eksotis itu. Di salah satu ruangan, pengelola sudah menyediakan aneka replika yang sama yang bisa dipakai pengunjung untuk berfoto.

Kaget namun Ceria

Tak hanya tata cahaya dan gerak dinosaurus yang mendekati aslinya, raungan hewan prasejarah itu pun seolah menggaung ke seisi wahana. Jika sudah seperti ini, bisa dipastikan suara teriakan pengunjung juga ikut menggema.

Sensasi inilah yang akan didapatkan wisatawan ketika memasuki wahana Dino Adventure Paleontology Park di Taman Pintar. Nuansa hutan yang dengan cahaya remang-remang, ditambah dengan raungan dan gerak moncong dinosaurus yang mendadak terbuka lebar bisa jadi alasan wisatawan untuk berteriak sekencang-kencangnya.

Lokasi dan Rute Menuju Dino Adventure Paleontology Park

Dino Adventure Paleontology Park berada di kompleks Taman Pintar Yogyakarta yang ada di pusat kota Jogja. Destinasi wisata ini tepatnya berada di Jalan Panembahan Senopati No.1-3, Kelurahan Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Jogja.

Untuk menuju ke Taman Pintar Jogja sangat mudah dijangkau karena berada di dekat pusat kota Jogja. Jika sedang berada di pusat Kota Jogja, atau dalam hal ini adalah sekitar Titik Nol Kilometer, wisatawan cukup berjalan kaki ke arah timur menuju ke Jalan Pangurakan. Maka di situlah Taman Pintar berada.

Adapun lokasi Dino Adventure Paleontology Park, tepatnya berada di Lantai III Gedung Kotak, atau ada di samping wahana teater 4D. Untuk informasi lebih lanjut, wisatawan bisa menghubungi nomor telepon 0274-583-631 atau via surel info@tamanpintar.com

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini