Beranda Tiket Wisata

JOGJA Gallery Tiket & Koleksi Lukisan Hingga Seni 3D – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Jogja Gallery : Rp3.000Jam Buka: 09.00 WIB - 21.00 WIBNo. Telepon: +62274419999Alamat: Jl. Pekapalan No.7, Alun-alun Utara, Prawirodirjan, Gondomanan, Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55121

Pusat Kota Yogyakarta memang terkenal dengan kawasan wisata Malioboro dan Alun-Alun Utara. Masih di area Alun-Alun Utara ada sebuah bangunan yang sangat menarik perhatian. Bangunan bergaya kuno dengan warna hijau itu adalah Jogja Gallery. Ini adalah sebuah galeri yang menampilkan karya-karya seni visual yang mengagumkan. Tempat ini bisa jadi alternatif wisata yang berbeda di pusat kota Yogyakarta.

Bagi yang gemar mengunjungi pameran seni visual tempat salah satu yang wajib. Meskipun Yogyakarta memiliki beberapa galeri seni yang lebih modern dibanding tempat ini. Namun Jogja Gallery punya keunggulan dari sisi sejarah dan gaya bangunan yang unik. Tak hanya memamerkan karya seni saja, tempat ini juga memiliki perpustakaan hingga film dokumenter.

Harga Tiket Masuk Jogja Gallery

Untuk masalah tiket masuknya, galeri seni ini menawarkan biaya masuk yang sangat murah. Bahkan terbilang menjadi yang termurah dibandingkan galeri seni lainnya di Yogyakarta. Meski murah namun karya yang ada di dalamnya tidak murahan. Beberapa bahkan merupakan karya yang sangat terkenal.

Harga Tiket Masuk Jogja Gallery
Tiket Masuk Rp3.000
Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca: Tiket Masuk HEHA OCEAN VIEW & 4 Daya Tarik

Jam Buka Jogja Gallery

Galeri Seni ini buka enam hari dalam seminggu dan tutup setiap hari Senin. Jam bukanya pun sangat panjang mulai pagi hingga malam hari. Sehingga bisa jadi pilihan wisata malam di Yogyakarta.

Jam Buka Jogja Gallery
Selasa – Minggu 09.00 WIB – 21.00 WIB

Galeri Seni Visual di Pusat Kota Yogyakarta

Karya seni lukis yang indah di Jogja Gallery
Keindahan bentuk dan warna dari setiap lukisan membuat betah berlama-lama untuk menatapnya. Foto: Gmaps/SBP Bagus Painting

Yogyakarta terkenal sebagai kota kesenian dan kebudayaan. Terbukti dengan menjamurnya wisata kesenian yang ada di kota ini. Salah satu yang wajib untuk dikunjungi adalah Jogja Gallery. Berada di kawasan Alun-Alun Utara, galeri ini bisa menjadi wisata pelengkap. Terutama ketika sedang berjalan-jalan di kawasan wisata Malioboro.

Aktivitas utama jika berkunjung tentu saja menikmati karya seni visual yang dipamerkan. Tak hanya lukisan, karya seni rupa lainnya pun juga ada di dalamnya. Ada patung, hiasan dinding, relief hingga mozaik. Wisatawan pun juga dapat menyaksikan film dokumenter. Setelah lelah melihat-lihat di sekitar galeri seni ini terkenal dengan kulinernya yang menggugah selera.

Baca: BUKIT BINTANG Jogja Tiket & Pesona Memukau

Sejarah Panjang Jogja Gallery

Bangunan galeri seni yang sangat kental dengan nuansa kuno masa kolonial
Bentuk bangunan galeri seni ini juga sangat unik dengan gaya kuno perpaduan kolonial dengan budaya Yogyakarta. Foto: Gmaps/Nadira Dimas

Bangunan Jogja Gallery ini sejatinya sudah ada sejak tahun 1929. Di mana pada masa Kolonial Belanda berfungsi sebagai gedung bioskop. Namun setelah Belanda meninggalkan Indonesia, bangunan tersebut terbengkalai begitu saja. Barulah pada 19 September 2006 bangunan ini difungsikan kembali sebagai galeri seni. Diresmikan oleh Sri Sultan Hamengku Buwono X untuk melestarikan kesenian budaya Indonesia.

Hal inilah yang juga membuat galeri seni ini berbeda dari yang lain. Gaya bangunan tua khas masa kolonial sangat kental terasa. Namun ornamen-ornamen khas Yogyakarta juga sangat menonjol. Hal itu terlihat pada bagian pintu dan jendela dengan ukiran-ukiran khas. Sehingga selain karya seni di dalamnya, bangunan galeri seni ini sendiri juga sudah sangat estetik.

Baca: TAMAN PINTAR Yogyakarta Tiket & Wahana

Menyaksikan Beragam Karya Lukisan

Ruangan yang menampilkan aneka seni lukis yang indah di Jogja Gallery
Galeri seni ini memamerkan seni lukis karya seniman lokal Yogyakarta. Foto: Gmaps/Gusnwang Abdtif

Di dalam galeri seni wisatawan bisa melihat banyak sekali karya seni lukis yang begitu menakjubkan. Keindahan bentuk dan warna yang ditampilkan begitu memanjakan mata.

Ruangan galeri terdiri dari tiga bagian dengan lukisan berderet dan tersusun rapi di dinding. Karya lukis yang ada merupakan buatan dari para seniman lokal Yogyakarta. Tiap lukisan memiliki beragam aliran mulai dari  surialis, futuris, abstrak hingga impresionis.

Baca: TAMAN PINTAR Yogyakarta Tiket & Wahana

Menikmati Keindahan Karya Seni Rupa 3D

Piano dengan ornamen-ornamen unik di Jogja Gallery
Selain seni lukis, beragam karya seni rupa lain juga dipamerkan di tempat ini. Foto: Gmaps/Melinda Indini

Selain karya seni lukis, tempat ini juga memamerkan beragam karya seni 3D yang memukau. Terdapat patung, relief, mozaik hingga wayang. Seni wayang yang dipamerkan pun tidak seperti pada umumnya. Wayangnya berbentuk aneka budaya di Indonesia seperti ondel-ondel atau tarian-tarian nusantara.

Ada pula sebuah piano dengan ornamen-ornamen orang di dalamnya. Ketika piano dimainkan bentuk-bentuk orang tersebut akan bergerak seolah sedang berdansa mengikuti nada. Satu yang menarik lagi adalah sebuah meja dengan bentuk menyerupai kuda terbang. Dengan aneka seni 3D yang unik membuat tempat ini semakin menarik perhatian.

Baca: Taman Sari Tiket & Berbagai Zona Unik

Menyaksikan Film Dokumenter

Di Jogja Gallery terdapat sebuah ruangan khusus untuk memutar film. Wisatawan bisa melihat pemutaran film dokumenter tentang perkembangan seni rupa di Yogyakarta. Hal ini tentu bisa menambah wawasan wisatawan tentang dunia seni rupa di Indonesia.

Berfoto di Galeri

Bagi penggemar aktivitas fotografi, tempat ini juga cocok untuk mencari foto-foto yang estetik. Selain memotret karya seni yang dipamerkan, wisatawan bisa berfoto di luar ruangan galeri. Yang jadi favorit tentu adalah berfoto dengan bangunan galeri seni ini. gaya bangunan kuno yang unik jadi daya tarik tersendiri.

Baca: KERATON YOGYAKARTA Tiket & Area Wisata

Berbagai Event

Tempat ini juga kerap kali menggelar beragam event. Tentu event yang diselenggarakan masih berhubungan dengan seni dan budaya. Tempatnya yang luas dan berada di pusat kota sangat strategis untuk menggelar event-event skala besar.

Fasilitas Jogja Gallery

Tempat ini sudah dilengkapi dengan fasilitas penunjang yang memadai. Area parkir yang luas, toilet yang bersih dan terawatt tersedia di tempat ini. sementara di luar galeri juga berderet aneka kuliner yang menggugah selera. Jadi setelah puas menikmati karya seni wisatawan bisa langsung memanjakan perut.

Lokasi Jogja Gallery

Galeri seni ini beralamat di Jalan Pekapalan No.7, Alun-Alun Utara Yogyakarta, Prawirodirjan Gondomanan Yogyakarta. Letaknya sangat strategis karena berada di pusat kota. dari titik nol kilometer Yogyakarta hanya berjarak sekitar 300 meter saja.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini