Taman Bunga Amarilis
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 No. Telepon: - Alamat: Ngasemayu, Salam,Patuk,Gunung Kidul,Daerah Istimewa Yogyakarta,Indonesia,55862.

Tidak ada yang menyangka, tanah tandus di Gunung Kidul ternyata dapat ditanami bunga yang indah. Taman Bunga Amarilis menjadi buktinya. Bunga yang tumbuh merupakan endemik daerah tersebut, yaitu bunga amarilis.

Diberi nama sesuai dengan nama bunga yang tumbuh di sana. Bunga amarilis seringkali dianggap sebagai gulma tanaman. Namun, ketika mekar, kelopaknya yang oranye tampak indah dan sayang jika dibabat begitu saja.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Amarilis Jogja

Meskipun milik pribadi, pengunjung yang ingin berfoto di kebun bunga ini dikenakan tiket masuk. Dan pemiliknya pun tidak hanya satu orang, namun tiket masuk disamakan satu harga.

Harga Tiket Masuk Taman Bunga Amarilis
Tiket MasukRp10.000

 

Baca: Taman Bunga Matahari Bantul Tiket & Spot Selfie

Jam Buka Taman Bunga Amarilis Jogja

Pengunjung dapat puas berfoto di sini tanpa batasan waktu. Jam buka pun terbilang lama, dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 18.00 WIB

Taman Bunga Amarilis Penuh Warna

area taman bunga amarilis
Berfoto Ria di area sekitar taman yang penuh ditumbuhi bunga Amarilis. Foto: Gmap/Luh Gede Pandetri

Kebun di depan rumah yang luas ini sangat dimanfaatkan dengan baik oleh pemiliknya. Ditanami bunga amarilis yang indah dan begitu berwarna. Warna oranye yang cerah membuat siapapun yang memandang tergoda untuk berfoto.

Keindahan bunga ini sudah terkenal, bahkan memiliki nama lokal Puspa Patuk. Kini, Gunung Kidul tidak hanya terkenal dengan pantai indahnya, namun juga taman bunganya. Sepintas, hamparan bunga ini seperti hamparan bunga tulip yang ada di negara Belanda.

Baca: Wisata Pantai Timang Dengan Gondola Gantung Yang Menegangkan

Taman bunga telah dilengkapi dengan jalan setapak yang membantu akses pengunjung lebih dekat dengan bunga. Jadi, angle ketika berfoto lebih terlihat indah. Taman bunga juga dibentuk sehingga tidak monoton hanya satu lahan seperti sawah.

Menikmati Indahnya Hamparan Bunga Amarilis

hamaparan bunga amaralis berwarna oranye
Hamparan taman bunga yang berbentuk terasering. Foto: Gmap/Sugeng Surihandoko

Bunga amarilis yang indah ini memiliki nama latin Hippeastrum Amaryllidaceae. Dalam bahasa Jawa ada juga yang menyebut dengan nama Brambang Boncot. Hal ini dikarenakan akar bunga amarilis berbentuk seperti bawang bombay yang besar.

Kelopak bunganya begitu indah, dengan warna oranye dan lebar seperti lampu tidur. Putiknya menyembul diantara kelopak bunga, yang menjadikannya semakin tampak indah. Daunnya memanjang dan untuk bunga sendiri disangga dengan batang hijau.

Baca: Cave Tubing Menantang di Goa Pindul Yogyakarta

Bunga cantik ini akan bermekaran bersama ketika awal musim hujan. Namun, lama mekar bunga ini tidak lama, hanya sekitar 2 – 3 minggu saja. Karena, bunga amarilis tidak tahan terkena banyak air.

Awal Berdirinya Taman Bunga Amarilis

Awalnya, hanya ada satu pemilik taman bunga ini di tahun 2015. Karena keindahannya, tetangga di sekitar pun ikut menanam dan membuat taman bunga seperti ini. Sehingga, daerah Patuk menjadi terkenal dengan taman bunga ini.

Karena kehebohan dan viralnya di media sosial, pengunjung membludak di tahun 2015. Taman Bunga Amarilis sampai penuh sesak dengan kehadiran pengunjung. Oleh karena itu, tak sedikit bunga amarilis yang terinjak oleh pengunjung.

Menghindari hal itu terjadi, sang pemilik memiliki ide supaya tidak terjadi lagi tanaman terinjak. Pemilik memberi pagar di sekeliling hamparan bunga supaya pengunjung tidak menginjak tanaman. Jalan setapak pun telah dibuat, jika pengunjung ingin berfoto lebih dekat.

Kenyamanan Berwisata di Taman Bunga Amarilis Jogja

taman bunga yang tertata rapi
Jalan setapak sudah disediakan supaya pengunjung lebih dekat dengan bunga. Foto: Gmap/Vada AR

Taman Bunga Amarlis dapat dikatakan wisata tahunan, karena bunga mekar setiap tahun. Namun, jangka mekarnya sangat pendek, sehingga pengunjung harus segera datang ketika mekar. Dan dari tahun ke tahun, kondisi taman bunga sudah semakin baik.

Jalan setapak yang sudah rata dengan semen telah disediakan. Sehingga, pengunjung tidak perlu khawatir becek atau kotor karena tanah. Taman pun telah dibentuk dengan kotak – kotak yang membuatnya tampak tertata rapi.

Harga tiket masuk pun hasil dari musyawarah dengan pelaku bisnis taman bunga. Mereka sepakat menentukan harga tersebut, yang mana hasil tiket masuk digunakan untuk biaya perawatan. Pengunjung pun diberi waktu sepuas – puasnya untuk berfoto di sini.

Fasilitas

Semakin terawatnya objek wisata ini, diimbangi dengan fasilitas yang ditambah oleh pengelola. Toilet telah disediakan untuk pengunjung. Persewaan payung pun disediakan, karena cukup panas di siang hari.

Lokasi Taman Bunga Amarilis

Objek wisata ini berada di Dusun Ngasemayu, Desa Salam, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul. Dari kota Yogyakarta taman ini berjarak cukup dekat hanya 20 kilometer. Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi atau sewa dalam waktu 30 menit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini