DUSUN GIOK Tiket Masuk, Wahana dan Alamat Juni 2024

  • Harga Tiket Masuk Dusun Giok: Rp0 - Rp35.000
  • Jam Buka: 08.00 - 21.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jalan Bukit Pelangi Nomor 2 Desa Gunung Geulis, Sukaraja, Bogor, Jawa Barat , Indonesia, 16710

Dusun Giok adalah objek wisata unik baru yang berada di kawasan perbukitan Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor. Mengusung keindahan batu giok untuk edukasi, tempat ini memberikan pengalaman wisata yang berbeda. 

Tamannya yang luas dan cantik serta penuh spot foto membuat Dusun Giok sebagai tujuan berlibur bersama keluarga. Apalagi banyak wahana permainan untuk segala usia, seperti Rainbow Slide raksasa yang menantang adrenalin.

Harga Tiket Masuk Dusun Giok

Wisatawan Dusun Giok tidak perlu membayar tiket masuk. Taman ini memberlakukan free HTM atau gratis tiket masuk untuk batas waktu yang belum ditentukan. Sedangkan wahana permainan menggunakan tiket dengan harga yang masih terjangkau.

Jenis TiketHarga
Tiket MasukGratis
Tiket Rainbow SlideRp15.000 (promo) & Rp25.000 (normal)
Memberi Makan Hewan Mini ZooRp10.000
ATVRp35.000/orang
Rumah BalonRp15.000/orang
Harga Tiket Masuk dan Wahana Dusun Giok

Baca: Kebunsu Bogor Harga Villa, Tipe Kamar, Fasilitas dan Alamat

Jam Buka Dusun Giok

Wisatawan dapat berkunjung ke Dusun Giok setiap hari. Tempat wisata ini buka sejak pagi hingga malam hari. 

WaktuJam
Senin – Jumat08.00 – 21.00 WIB
Sabtu – Minggu08.00 – 22.00 WIB
Jam Operasional Dusun Giok

Wisata Populer Bogor

Liburan Keluarga di Dusun Giok

Berlibur ke kawasan Puncak menjadi hal yang lumrah bagi sebagian besar penduduk ibukota Jakarta. Puncak selalu menawarkan spot wisata terkini dengan balutan alam yang asri dan sejuk.

Sayangnya, saat ini kawasan Puncak sudah sangat ramai dan tidak terlalu leluasa dieksplorasi karena sistem buka-tutup jalan. Oleh karenanya, banyak alternatif spot wisata di sekitar Puncak untuk menghindarinya, salah satunya Dusun Giok.

Dusun Giok adalah salah satu destinasi wisata terbaru di pinggiran Puncak. Tempat ini mengangkat konsep taman bermain dan berfoto di ketinggian perbukitan.

Wisata alam seperti ini tidak pernah gagal menggiurkan warga kota besar yang mencari ketenangan untuk hilangkan penat. Lebih mengasyikkan lagi, tiket masuk Dusun Giok gratis dan seluruh tamannya memiliki akses ramah difabel.

Taman bermain ini bukan sekadar taman dengan pemandangan ciamik. Selaras dengan namanya, Dusun Giok menghadirkan konsep wisata edukasi dengan objek batu giok.

Puluhan aneka jenis batu indah ini tersebar di seluruh area taman. Desain taman yang penuh estetika dan fasilitas lengkap akan memanjakan pengunjung yang ingin menghela napas sejenak.

Edukasi Batu Giok

batu giok, museum batu giok, wisata edukasi
Mempelajari sekilas aneka jenis batu giok asli lokal – Foto: Gmaps/aso acp

Memasuki area taman, gerbang bergaya oriental dan sebaran batu giok akan menyambut wisatawan. Ada lebih dari 50 ton batu mulia asli yang tersebar di sini. Ukurannya pun beragam, mulai dari yang kecil-kecil hingga bisa diduduki satu orang dewasa.

Batu giok ukuran kecil tersimpan di dalam bangunan-bangunan berdinding kaca. Batu-batu ini tersusun di rak-rak dengan rapi agar bisa terlihat jelas dari luar. Di sekitarnya, terdapat batu-batu giok berukuran besar. 

Beberapa batu memiliki keterangan mengenai jenis dan asalnya. Salah satu koleksi yang berharga di sini adalah batu giok asal Aceh. Batu ini memiliki nilai yang tidak kalah dengan batu dari Negeri Tirai Bambu. 

Taman Spot Foto 

spot foto, spot selfie
Aneka spot selfie gratis – Foto: Gmaps/Tardi

Setelah puas melihat-lihat batu giok aneka jenis dan warna, wisatawan bisa berpindah ke area spot foto. Turun sedikit ke taman, pengunjung akan menjumpai area duduk dengan bangku dari batu-batuan. Pengunjung bisa beristirahat sejenak di sini untuk melihat pemandangan sekitar.

Di sekitarnya, terdapat sejumlah ornamen dan patung beragam bentuk. Ornamen-ornamen ini tidak hanya sebagai penghias atau dekorasi taman. Setiap ornamen dapat menjadi spot berfoto karena bentuknya yang unik. Selain itu, mereka juga berfungsi sebagai lampu hias atau lampion di malam hari.

Untuk menyaksikan keindahan temaram lampu di sini, sebaiknya berkunjung ke Dusun Giok sejak sore hingga malam hari. Keindahan lampu-lampu ini berpadu dengan pemandangan citylight Bogor di kejauhan.

Kunjungan malam hari juga agar wisatawan menghindari cuaca panas terik yang biasa terjadi di kawasan wisata ini pada siang hari. 

Rainbow Slide Pertama di Puncak Bogor

rainbow slide, seluncuran pelangi, perosotan raksasa
Rainbow Slide Dusun Giok – Foto: Gmaps/Iskanur channel

Beranjak dari taman foto, pengunjung akan menemukan seluncuran pelangi raksasa. Dengan panjang 100 meter, Rainbow Slide Dusun Giok adalah salah satu yang pertama di kawasan Puncak. Meski wahana ini tergolong sedikit ekstrem, namun anak-anak boleh mencobanya dengan pengawasan orang dewasa.

Untuk menikmati Rainbow Slide, pengunjung akan terkena biaya sebesar 25 ribu rupiah di luar masa promo. Pengunjung boleh naik sendiri atau bersama-sama dengan jumlah maksimal terbatas.

Meluncur di sini hanya menggunakan ban pelampung yang membantu wisatawan meluncur dengan kecepatan lebih tinggi. Kemiringannya tidak terlalu tinggi sehingga tergolong aman bagi anak-anak. 

Mini Zoo & Rumah Balon

mini zoo
Lebih dekat dengan kelinci dan kambing – Foto: Gmaps/Iskanur channel

Jika mencari wahana untuk anak-anak, Dusun Giok juga punya opsinya. Ada fasilitas mini zoo serta area playground lengkap dengan wahana dari balon. Si Buah Hati dapat merasakan serunya lebih dekat dengan anak kambing dan kelinci sambil memberi pakannya. Jangan lupa bermain sampai puas di Rumah Balon, sebuah playground area dari bahan balon tiup yang empuk.

Piknik & Kuliner

kafe dan restoran
Kafe dan resto semi-outdoor dengan dekorasi batu giok – Foto: Gmaps/Asbullah Se

Puas mengeksplorasi seluruh fasilitas Dusun Giok, waktunya untuk beristirahat di kafe dan resto yang tersedia. Kafe ini memiliki konsep semi-indoor tanpa dinding. Yang unik di sini adalah terdapat rak-rak berisi pajangan batu giok yang dapat dinikmati pengunjung.

Menu makanan dan minumannya cukup beragam dengan harga yang terjangkau di area wisata. Ada camilan, makanan berat, aneka minuman manis untuk melepas dahaga.

Pengunjung bisa menyantapnya di dalam area kafe atau membawanya ke tenda untuk spot piknik. Beberapa tenda tersebar di kawasan taman untuk pengunjung yang ingin menggelar tikar dan berpiknik. Nikmati bersantap dengan suasana alam meneduhkan yang mengelilingi.

Fasilitas

Dusun Giok hadir dengan fasilitas lengkap yaitu area parkir luas, toilet, musala, kafe dan resto, serta akses jalan ramah penyandang disabilitas. Fasilitas di area rekreasi yaitu bangku-bangku untuk duduk, spot foto, playground, ragam wahana permainan dan outbond, dan mini zoo.  

Lokasi Dusun Giok

Objek wisata Dusun Giok terletak di Jalan Bukit Pelangi Nomor 2 Desa Gunung Geulis, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16710. Tempat wisata ini masih satu kawasan dengan objek wisata Kebun Joyo Cafe & Resto dan Gunung Geulis Camp Area (GGAC).

 Akses ke lokasi terbilang mudah karena dari Jakarta hanya perlu melalui Tol Jagorawi sekitar 1,5 jam atau 2 jam. Wisatawan bisa memilih pintu keluar tol Summarecon atau Sentul. Jalan ke lokasi juga tidak melewati sistem buka-tutup di akhir pekan atau hari libur.

Ulasan Pembaca

4.6 - 22 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *