Beranda Tiket Wisata

Giriloyo Batik Village Bisa Belajar & Belanja Batik September 2022

0
Harga Tiket Masuk Giriloyo Batik Village : GratisJam Buka: 09.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Karang Kulon, Wukirsari, Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55782

Giriloyo Batik Village berada di daerah Imogiri, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tidak hanya menawarkan wisata budaya, tapi juga wisata edukasi. Selain mengetahui sejarah batik, pengunjung juga bisa belajar membuat batik di wisata ini.

Tempat wisata ini tidak hanya terkenal di kalangan wisatawan domestik namun juga populer di mata dunia. Selama berada di sini wisatawan bisa ikut melihat lebih dekat dengan komunitas batik. Memberi edukasi, pengunjung dapat langsung mendapat pelajaran berharga dari pembuat batik lokal di lokasi ini.

Harga Tiket Masuk Giriloyo Batik Village

Berwisata ke sini pengunjung tidak perlu mengeluarkan biaya untuk memasuki kawasannya. Biaya yang harus dibayar hanya jika ingin mengikuti workshop. Untuk workshop pengunjung perlu mengeluarkan biaya Rp 25.000 hingga Rp 50.000.

Harga Tiket Giriloyo Batik Village
TiketTidak Ada
WorkshopRp 25.000 – Rp 50.000

Baca: PANTAI BARU Bantul Lokasi Sunset Paling Asyik

Jam Buka Giriloyo Batik Village

Destinasi wisata ini buka setiap hari dari pagi hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari09.00 – 16.00

Giriloyo Batik Village Sentra Batik di Bantul

Kunjungan Iriana Jokowi ke Giriloyo Batik Village
Kunjungan Iriana Jokowi ke Giriloyo Batik Village

Giriloyo Batik Village menjadi sentra batik di daerah Bantul, Yogyakarta. Bukan sekedar wisata, pengunjung juga bisa mendapat edukasi di lokasi ini. Lingkungan begitu luas membuat siapa saja yang berkunjung akan merasa betah.

Wisata edukasi ini menawarkan berbagai batik yang dibuat dengan tangan sendiri khas pembuat batik. Selain itu batik yang asli dengan edisi yang terbatas menjadi keunggulannya. Puas belajar, pengunjung juga bisa membeli batik.

Jenis-jenis Batik di Giriloyo Batik Village

Jenis batik yang ada begitu identik dengan motif keraton yang halus. Ciri khusus dari batik ini adalah warna cokelat dengan desain khas Mataram termasuk Jogja dan Solo. Salah satu motif batik yang populer yaitu Batik Udan Liris. Jenis batik ini begitu khas dengan Kota Yogyakarta. Desain kecil dan unik yang memadukan warna biru, cokelat, hitam dan putih membuat motif ini begitu menarik.

Motif batik tulis lain yang bisa ditemukan yaitu Sido Asih Gedhe. Motif ini berarti harapan akan timbulnya kasih sayang. Selain dua motif batik di atas yang populer terdapat juga sejumlah koleksi batik lainnya yang berdesain begitu kental budaya Jawa.

Motif-motif yang tersedia misalnya seperti Udho Rante, Parang Klithik, Buket Cepot, Sekar Jagad, Mega Mendhung, Babon Ngendong dan Keong Renteng. Pembelian batik tulis di sini membantu menyelamatkan para pengrajin batik. Di lokasi wisata ini, setidaknya ada 1000 pekerja nyanthing batik.

Baca: HUTAN PINUS MANGUNAN Tiket & Aktivitas

Ikut Membatik

Seorang perempuan yang sedang membatik
Seorang perempuan yang sedang fokus membatik. – foto (instagram/batikgiriloyo)

Pengunjung dapat terlibat langsung dalam proses pembuatan batik. Proses ini dimulai dari penggambaran pola hingga merendam hasil batik. Melewati proses ini, pengunjung akan mendapat bimbingan langsung oleh pengrajin batik.

Bagi yang tertarik, pengunjung bisa mengikuti ‘Paket Kursus’ yang tersedia. Paket ini membantu pengunjung untuk menguasai teknik membuat batik tulis hingga menjadi mahir. Hal-hal terkait materi dan waktu kursus dapat diatur bersama.

Usai belajar tentang batik, wisatawan bisa melanjutkan wisata di daerah Imogiri. Pengunjung dapat berkeliling melihat rumah-rumah tradisional. Selain membuat batik, kegiatan lainnya adalah melakukan ziarah di makam para raja Jogja dan Solo.

Jika mulai terasa lapar, jangan lupa menikmati Sate Kambing Cabang Pak Meyet. Sajian sate klathak khas Yogyakarta bisa pengunjung santap usai berkeliling di lokasi wisata ini.

Baca: Wisata Sejarah Makam Raja-Raja Imogiri Tiket Gratis

Paket Wisata Giriloyo Batik Village

Giriloyo Batik Village menawarkan paket wisata. Paket ini dapat diikuti oleh minimal 5 orang dan maksimal 500 orang. Paket wisata ini berisi sejumlah kegiatan yang bisa diikut selama kurang lebih 1,5 jam sampai 2 jam.

Pengunjung dapat belajar mengenai sejarah batik Giriloyo, cara membatik hingga melihat hasil karya batik. Hasil karya batik ini lalu dapat dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Kegiatan ditutup dengan makan siang bersama.

Untuk mengikuti paket wisata ini, pengunjung dapat menghubungi pihak pengelola melalui email atau telepon di situs resmi wisata tersebut. Hal-hal terkait biaya dan waktu penyelenggaraan dapat diatur secara bersama.

Suasana Khas Pedesaan

Pengrajin batik yang sedang sibuk bekerja di Giriloyo Batik Village
Pengrajin batik yang sedang sibuk bekerja dalam proses akhir batik. – foto (instagram/batikgiriloyo)

Suasana yang sejuk dengan tanaman hijau khas bukit Imogiri membuat areanya begitu nyaman. Kawasannya yang luas juga menghadirkan objek foto yang menarik di hampir setiap sudutnya.

Salah satu lokasi yang wajib menjadi spot foto di Giriloyo Batik Village adalah galeri batik. Di galeri batik ini, banyak lukisan batik tulis yang sangat cantik saat menjadi latar foto.

Selain itu, para pengrajin batik yang sedang bekerja pun bisa menjadi objek foto yang menarik. Jangan lupa untuk memakai pakaian khas Indonesia saat berkunjung ke sini.

Fasilitas

Berbagai fasilitas sudah tersedia untuk kenyamanan wisatawan. Area parkir yang luas mampu menampung mobil hingga bus. Toilet yang bersih, gazebo, pendopo untuk pertemuan serta ruang pamer untuk batik tulis.

Lokasi & Alamat Giriloyo Batik Village

Sentra batik ini berada di kawasan Karang Kulon, Wukisari, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi wisata ini ada di bagian selatan dari pusat Kota Yogyakarta.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 27

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini