Bukit Watu Goyang yang berada dekat Hutan Pinus Imogiri juga tak kalah menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata yang satu ini semakin ramai sejak dibuka pada awal maret 2017. Lokasinya berjarak sekitar 30 Km dari pusat kota Yogyakarta.

Menjelang sore hari banyak pengunjung berdatangan untuk berburu sunset. Lokasi yang strategis semakin menambah keindahan dikala matahari terbenam. Hal inilah yang menjadi daya tarik wisatawan. Kawasan wisata ini bisa menjadi pilihan tepat berlibur di Yogyakarta dengan budget hemat.

Tiket Bukit Watu Goyang

Kawasan wisata bukit ini sangat cocok jadi pilihan destinasi liburan bersama keluarga. Tarif yang ditawarkan sangat ramah dikantong. Pengunjung hanya dikenakan tarif Rp2500 per orang, dan biaya parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan.

Harga Tiket Watu Goyang
TiketRp2.500

Baca: Hutan Pinus Mangunan Tiket & 4 Aktivitas Seru

Jam Buka Watu Goyang

Pengunjung bisa menikmati pemandangan di lokasi wisata hingga malam hari. Tempat wisata ini dibuka setiap hari dan beroperasi dari pukul 06.00 Wib hingga 22.00 Wib.

Jam Buka
Setiap Hari06.00 – 22.00 WIB

Aktivitas Seru di Watu Goyang Yogyakarta

Gardu pandang dengan patung rusa
Gardu pandang dengan patung rusa. Foto: instagram/watugoyang

Mulai pertengahan 2016 masyarakat sekitar mulai memberdayakan lokasi wisata ini. Di sini tersedia berbagai wahana seru dan faslitas yang memadai. Wisatawan yang berkunjung tidak akan bosan berada di obyek wisata ini.

1. Keunikan Watu Goyang

Sesuai namanya Watu Goyang, di lokasi ini pengunjung akan menemui Batu berukuran besar. Batu yang bertumpukan ini bila disentuh akan bergoyang namun tidak roboh. Untuk menjaga keselamatan pengunjung diimbau agar tidak menaiki batu tersebut.

Baca: Bukit KLANGON Sleman Tiket & 5 Aktivitas Top

Konon di lokasi ini Sultan Agung mendapat petunjuk keberadaan tanah wangi. Melalui burung merak yang bertengger di atas batu dan terbang menuju bukit imogiri. Bukit imogiri kini menjadi lokasi makam para raja.

Batu ikon watu goyang
Batu ikon watu goyang. Foto: instagram/watugoyang

2. Menikmati Sunset di Gardu Pandang

Untuk menarik minat wisatawaan pihak pengelola mendirikan gardu pandang menarik. Terdapat beberapa gardu pandang dengan bentuk yang memikat. Mulai dari bentuk helikopter, replika helipet, dan panggung dengan patung kayu yang unik. Salah satu gardu pandang terdapat patung kayu merak yang merupakan simbol sejarah tempat ini.

gardu pandang replika helipet
gardu pandang replika helipet lokasi melihat sunset. Foto: instagram/watugoyang

Gardu pandang ini menjadi incaran pengunjung yang berburu sunset dan berfoto ria. Tempat ini sangat Instagramable, tak jarang pengunjung berfoto dengan berbagai gaya unik. Menuju ke gardu pandang ini pengunjung akan melewati beberapa tangga. Disarankan untuk tidak menggunakan high heels, karena medannya menanjak dan banyak anak tangga.

Baca: BUKIT BINTANG Yogyakarta Tiket & 4 Daya Tarik

3. Taman Bunga Matahari

Penataan lokasi yang menawan membuat pengunjung betah berlama-lama. Ada taman bunga matahari yang banyak diminati perempuan untuk berfoto. Dilengkapi dengan gazebo, pengunjung bisa duduk beristirahat sambil memandangi ribuan bunga matahari.

taman bunga matahari
taman bunga matahari.Foto: instagram/watugoyang

Bunga yang tumbuh disini beraneka ragam, berwarna warni menyejukkan mata. Pengunjung akan disuguhkan keindahan bunga-bunga di setiap anak tangga menuju Watu Goyang.

4. Menikmati Pemandangan Dengan Jeep

Menuju puncak Watu Goyang pengunjung akan melewati jalan setapak anak tangga yang dipenuhi dengan bunga-bunga. Penataan trek ini juga menjadi salah satu daya tarik wisata. Jika pengunjung takut kelelahan berjalan kaki, disini tersedia penyewaan jeep.

Baca: Punthuk Setumbu Magelang Tiket & 5 Aktivitas Top

Armada ini disewakan untuk perjalanan menuju puncak melalui jalur off road. Pengunjung akan merasakan sensasi berbeda dari atas jeep melihat pemandangan sekitar bukit dan hutan pinus.

anak tangga menuju watu goyang
Jalan setapak anak tangga menuju puncak perbukitan.Foto: instagram/watugoyang

5. Wisata Kuliner Tradisional

Lelah menyusuri jalan  yang menanjak. Pengunjung bisa menikmati sajian tradisional di salah satu warung disini. Tiwul merupakan salah satu daya tarik pengunjung yang datang ke sini. Banyak pengunjung yang rela antri untuk menikmati sajian tradisional ini. Rasanya yang enak dengan harga yang ekonomis.

Disini juga ada beberapa warung yang menjual berbagai makanan dan minuman. Pengunjung yang tidak suka minuman instan bisa menikmati minuman tradisional. Dari wedang jahe merah, wedang uwuh, kencur, kunir tersedia disini. Minuman ini juga laris diserbu pengunjung.

Baca: PULE PAYUNG  Kulon Progo Tiket & 8 Spot Foto Asik

Kelengkapan Fasilitas

Berkunjung ke tempat wisata ini bisa menikmati alam yang asri dan sajian ala tradisional. Selain itu pengunjung tak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan. Fasilitas yang tersedia seperti area parkir luas, toilet, musala, dan beberapa gazebo.

Rute Menuju Lokasi Watu Goyang

Kawasan objek wisata ini tidak sulit dijangkau. Lokasinya berada di tepi jalan sehingga pengunjung akan menemui papan petunjuk yang bisa menjadi panduan. Berada di Padukuhan Cempluk, Jalan Watu Goyang No.1, Griloyo, Mangunan, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi media sosial Instagram @watugoyang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,78 / 46 pembaca