Beranda Tiket Wisata

Rumah Hobbit Songgo Langit Tiket & Daya Tarik - Oktober 2020

Rumah Hobbit Seribu Batu
Harga Tiket: Rp3.000 - Rp15.000 Jam Buka: 06.00 - 17.00 No. Telepon: - Alamat: Sukorame, Mangunan,Dlingo,Bantul,Yogyakarta,Indonesia,55783.

Di Yogyakarta, terdapat destinasi wisata alam yang sejuk sekaligus unik. Ialah Rumah Hobbit yang terdapat di Seribu Batu Songgo Langit, Bantul. Kawasan wisata alam ini mengolaborasikan keindahan dan keasrian alami hutan pinus dengan kreativitas, menciptakan area rekreasi yang nyaman sekaligus menarik.

Tiket Masuk Rumah Hobbit Songgo Langit

Untuk bisa mengunjungi Rumah Hobbit, wisatawan harus memasuki kawasan Seribu Batu Songgo Langit. Tiket masuknya tergolong sangat murah dan terjangkau. Harga tiket ini bahkan sudah termasuk asuransi bagi setiap pengunjung.

Harga Tiket Masuk
Tiket Masuk Songgo LangitRp3.000
Parkir Roda DuaRp2.000
Parkir Roda EmpatRp10.000
Wahana Flying FoxRp15.000

Baca: 18 Tempat Wisata Seru di Bantul

Jam Buka

Rumah Hobbit ini merupakan bagian dari kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit. Sehingga, jam operasionalnya pun mengikuti jadwal resmi tempat wisata tersebut. Jam terbaik untuk berkunjung ke area wisata bukit ini adalah pada pagi hari atau sore hari. Hal ini untuk menghindari terik matahari ketika trekking.

Jam Operasional
Setiap Hari06.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Rumah Hobbit Songgo Langit

Wisata Seribu Batu Songgo Langit
Lokasi tempat beradanya Rumah Hobbit, kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit – Foto: Google Maps/M. Y451N

Penggemar film Lord of The Rings mungkin tidak asing dengan makhluk bernama ‘hobbit’. Makhluk kerdil ini adalah salah satu tokoh di film populer tersebut. Karena bentuk tubuhnya yang kecil, hobbit dikisahkan tinggal di rumah unik beratap rendah. Ternyata, rumah hobbit tidak hanya ada di dunia imajinasi, tetapi juga di dunia nyata.

Rumah Hobbit adalah salah satu wahana yang terdapat di Seribu Batu Songgo Langit, sebuah taman rekreasi alam di kawasan Bantul, Yogyakarta. Sejak tahun 2017, replika rumah yang populer dari film ini merupakan spot menarik di kawasan wisata tersebut. Meski hanya duplikat dan tidak benar-benar ditinggali hobbit, namun tidak ada salahnya menjadikan Rumah Hobbit sebagai destinasi wisata.

Baca: Puncak Songgo Langit Tiket & Aktivitas

Trekking di Bukit

Jalur trekking menanjak
Jalur trekking menanjak menyusuri bukit – Foto: Google Maps/mike cool

Seribu Batu Songgo Langit yang menjadi lokasi Rumah Hobbit merupakan destinasi wisata berupa bukit. Bukit ini terletak di daerah Bantul, tepatnya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo. Bukit ini didominasi oleh area hutan pinus yang asri.

Untuk menuju Rumah Hobbit, pengunjung terlebih dahulu harus melakukan sedikit trekking. Jalannya tidak terlalu berat karena ditunjang oleh jalan setapak berupa jembatan kayu. Jembatan ini aman dan nyaman untuk dilalui.

Baca: Hutan Pinus Asri Tiket & Ragam Aktivitas

Negeri Dongeng

jalan menuju negeri dongeng
Memasuki kawasan Seribu Batu Songgo Langit seolah sedang memasuki negeri dongeng yang nyata – Foto: Google Maps/syarah Seimahuira

Kawasan ini mengangkat tema negeri dongeng. Jangan heran jika sepanjang perjalanan memasuki area hutan pinus, terdapat berbagai spot yang mendukung. Dengan memanfaatkan elemen kayu-kayuan, fasilitas maupun dekorasi dibuat menarik dan seolah menyatu dengan alam.

Menyusuri jembatan kayu sebagai jalur trekking, rindangnya pepohonan akan meneduhkan perjalanan. Jajaran pohon pinus diselimuti oleh hawa dataran tinggi yang sejuk. Di beberapa titik terdapat patung, bangku, dan wahana dari kayu yang cantik. Masuk ke kawasan ini, pengunjung seolah sedang diajak memasuki negeri dongeng yang sesungguhnya.

Baca: HUTAN PINUS PENGGER Tiket & Aktivitas

Rumah Hobbit

Tiga rumah hobbit di tengah hutan
Tiga buah replika rumah hobbit yang dibuat semenarik mungkin dan tampak cocok berada di tengah hutan pinus – Foto: Google Maps/eka susilawati

Area Rumah Hobbit terletak tidak jauh dari pintu masuk. Sehingga, pengunjung tidak perlu berjalan terlalu jauh. Rumah dengan bentuk yang unik ini akan langsung menarik perhatian siapapun yang melihatnya.

Jumlah rumah hobbit yang dibangun di sini adalah tiga buah. Setiap bangunan memiliki pintu berbentuk lingkaran yang khas. Di halamannya, terdapat patung-patung manusia kerdil dengan topi kerucut.

Gerbang menuju Rumah Hobbit
Rumah Hobbit dengan pintu berbentuk lingkaran dan atapnya yang melengkung – Foto: Google Maps/mahmadah aslich

Spot ini merupakan duplikasi dari kawasan wisata yang ada di Selandia Baru. Di negara yang menjadi lokasi syuting film Hobbit itu, bangunan ini dibuat di tengah perbukitan hijau yang luas.

Di Yogyakarta, rumah ini dikelilingi oleh kawasan hutan pinus yang asri dan menyejukkan. Meski hanya duplikasi, namun wisatawan tidak perlu jauh-jauh ke Selandia Baru untuk melihat bagaimana bentuk rumah imajinasi ini.

Baca: Bukit Lintang Sewu Tiket & Spot Foto

Spot Foto Favorit

Salah satu spot foto
Selain Rumah Hobbit, Seribu Batu Songgo Langit juga dilengkapi dengan spot-spot foto menarik lainnya yang tak kalah unik – Foto: Google Maps/Trisno Ary Budi

Karena bentuknya yang unik, Rumah Hobbit tidak pernah sepi dari serbuan pengunjung. Spot ini menjadi salah satu objek yang menarik untuk menjadi latar belakang foto. Selain itu, tidak dipungut biaya tambahan apapun untuk berfoto di sini. Tidak hanya swafoto, tempat ini juga sangat memungkinkan untuk foto bertema khusus seperti foto pre-wedding, lho.

Baca: PUNCAK SOSOK Panorama Malam Perbukitan Memukau

Destinasi Lainnya

Selain Rumah Hobbit, masih banyak destinasi lainnya di Seribu Batu Songgo Langit yang tidak kalah menarik. Tempat-tempat tersebut bisa dijangkau dengan berjalan kaki lebih jauh ke atas bukit. Jangan khawatir karena rutenya mudah dan jaraknya tidak terlalu jauh.

Kawasan ini konsisten mengusung konsep negeri dongeng. Area lain yang wajib dikunjungi yaitu Taman Bunga Toempah dan Rumah Seribu Kayu. Ada juga spot batu-batu raksasa alami yang menakjubkan. Keunikan koleksi wahananya membuat tempat ini jadi salah satu destinasi favorit untuk berburu swafoto.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit tergolong lengkap dan sangat memadai. Lahan parkirnya luas dengan akses jalan yang baik, tersedia mushola, warung, gazebo istirahat, dan toilet yang nyaman. Bagi yang ingin mengadakan acara gathering, tersedia panggung besar yang dilengkapi bangku-bangku kayu.

Baca: KEBUN BUAH MANGUNAN Bantul Tiket & Ragam Aktivitas

Lokasi Rumah Hobbit Songgo Langit

Rumah Hobbit terletak di dalam kawasan wisata Seribu Batu Songgo Langit. Tempat wisata ini berada di Jalan Hutan Pinus Nganjir, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Untuk mengetahui informasi seputar kawasan wisata ini, ikuti akun Instagram resmi @seribubatu_songgolangit.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini