spot foto gardu pandang
spot foto gardu pandang.foto:/instagram/jogjajateng

Jogja dengan berjuta pesonannya kini hadir dengan menyajikan sebuah kawasan hutan pinus. Hutan Pinus Mangunan yang merupakan hutan lindung ini disulap menjadi kawasan ekowisata. Lokasi ini cocok sekali untuk menghilangkan penat dan jauh dari kebisingan kota.

Jejeran pohon pinus menjulang tinggi dilengkapi dengan fasilitas yang menyatu dengan alam. Pengunjung seolah dibawa dalam suasana film twilight di Hollywood. Hal inilah yang menyebabkan Hutan Pinus Mangunan digandrungi para remaja. Selain lokasinya yang Instagramable, kesan romantis juga didapat.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan

Pengunjung yang datang akan dikenakan tiket masuk yang cukup murah. Harga tiket yang ditawarkan hanya Rp2.500. Tidak heran jika kawasan ini tak pernah sepi pengunjung sejak dibuka tahun 2014.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Mangunan Dlingo
Tiket Masuk Rp2.500
Parkir Motor Rp2.000
Parkir Mobil Rp5.000
Bus Rp10.00

Baca: Bukit KLANGON Sleman Tiket & 5 Aktivitas Top

Jam Buka Hutan Pinus Mangunan

Kawasan hutan wisata ini bisa dikunjungi setiap hari. Dengan jam buka mulai pukul 08.30 pagi sampai sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari 08.30 – 17.30 WIB

Aktifitas Menarik di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Hutan Pinus Mangunan ini merupakan kawasan resort pengelolaan hutan yang berada di Mangunan. Lokasinya dekat dengan situs makam imogiri, sehingga juga dikenal dengan hutan pinus imogiri. Walaupun secara administratif kawasan ini tidak termasuk dalam wilayah Imogiri.

Kawasan hutan pinus seluas 500 Ha ini dikelola oleh masyarakat sekitar. Pengunjung akan disambut dengan hamparan pohon pinus dan udara yang sejuk. Kawasan ini bisa dibilang masih steril dari sampah.

pintu masuk hutan pinus mangunan
pintu masuk Hutan Pinus Mangunan.foto: instagram/jogjajateng

Lingkungan yang asri dan bersih sangat cocot untuk wisata bersama keluarga. Jika berkunjung ke kawasan ini disarankan untuk membawa mantel atau payung. Lokasi wisata yang berada diruang terbuka mengharuskan  pengunjung untuk bersiaga disaat hujan turun.

Baca: PUNCAK BECICI Yogya Tiket & 6 Aktivitas Seru

1. Lokasi Instagramable incaran wisatawan

Belum lengkap rasanya jika belum berfoto dengan latar hamparan hutan pinus. Terutama bagi yang suka mengunggah foto di instagram. Kawasan ini menjadi incaran kalangan muda untuk berburu foto dengan spot terbaik.

panggung alam di kawasan hutan pinus
panggung alam yang juga sering dilangsung berbagai event. foto:instagram/jogjajateng

Terdapat beberapa spot foto yang tersedia seperti rumah pohon dan panggung alam sederhana. Panggung alam ini terletak di tengah hutan pinus, konstruksinya terbuat dari kayu.

Bisa juga difungsikan untuk acara sekolah alam. Dilengkapi dengan gardu pandang yang tinggi. Disini pengunjung diharuskan naik untuk berswafoto dan maksimal 2 orang yang boleh naik.

spot foto gardu pandang
spot foto gardu pandang.foto: instagram/jogjajateng

2. Menikmati pemandangan di atas Hammock

Lelah menyusuri hutan pinus, pengunjung bisa menikmati keindahan alam dari atas hammock. Disini tersedia persewaan hammock dengan tarif yang relatif murah. Hanya merogoh kocek sebesar Rp 10.000 pengunjung bisa bersantai sambil tiduran menikmati teduhnya pepohonan.

Aktivitas ini merupakan salah satu favorit pengunjung, karena sedang tren dikalangan traveler. Hammock yang berwarna-warni terkesan kontras dengan latar Hutan Pinus.

Baca: Punthuk Setumbu Magelang Tiket & 5 Aktivitas Top

3. Taman Bunga

Disisi selatan kawasan hutan pinus ini pengelola menyediakan pemandangan yang tak kalah bagusnya. Dengan menyusuri jalan setapak, pengunjung akan disuguhkan hamparan bunga berwarna-warni. Pemandangan terbuka tersaji mengarah pada hamparan perbukitan diselatan yogyakarta.

taman bunga hutan pinus mangunan
Menikmati keindahan taman bunga adalah satu sekian banyak aktivitas yang bisa dilakukan di area wisata ini.foto: instagram/eksotika_jogja

Dilokasi ini pemadangan hutan pinus tidak begitu tampak. Berfoto diarea taman bunga menampakkan sisi feminim. Tidak heran jika lebih banyak perempuan yang mengabadikan foto disini.

4. Berkemah ditengah hutan pinus

Bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi bermalam ditengah hutan pinus, tak usah khawatir. Pengelola kawasan ini menyediakan lokasi khusus berkemah dengan tenda. Disini juga disediakan persewaan jeep wisata untuk merasakan sensasi offroad disekitar lokasi.

Baca: PULE PAYUNG Tiket & 8 Spot Foto Asik

Fasilitas di Hutan Pinus Mangunan Dlingo

Demi kenyaman pengunjung, pihak pengelola menyediakan beberapa fasilitas pendukung. Mulai dari area parkir, warung makan, toilet, ruang ganti hingga mushola. Kedepannya kawasan Hutan Pinus akan semakin menambah pelayanan bagi wisatawan. Sehingga bisa menarik minat pengunjung dari segala usia.

Lokasi Hutan Pinus

Menuju lokasi kawasan wisata hutan pinus ini akan memakan waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Yogyakarta. Letaknya di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul. Kurang lebih 24 Km dari pusat kota Yogyakarta.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,69 / 61 pembaca