Beranda Tiket Wisata

Pantai Baru Bantul Lokasi Sunset Paling Asyik - Desember 2019

Tgl. Update:Selasa, Desember 3, 2019
Pantai Baru Harga Tiket: Rp4.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Ngentak, Poncosari,Srandakan,Bantul,DI Yogyakarta,Indonesia,55762.

Siapa bilang wisata pantai di DIY hanya Pantai Parangtritis dan pantai-pantai di Gunungkidul. Di sepanjang garis pantai selatan DIY kini sudah banyak berkembang wisata pantai yang menarik dikunjungi, salah satunya adalah Pantai Baru.

Memang, sesuai dengan namanya, pantai ini terbilang baru jika dibandingkan pantai-pantai ada di sekitarnya, seperti misalnya Pantai Parangtritis. Meski begitu, pantai yang mulai dibuka sejak 2010 itu kini terus berbenah.

Pantai yang berada di Dusun Ngentak, Desa Poncosari, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul itu kini kian banyak dikunjungi wisatawan. Pantai yang terkenal dengan pemandangan kincir anginnya itu menjadi salah satu destinasi yang tak kalah favorit ketimbang objek wisata pantai lainnya di DIY.

Tiket Masuk dan Parkir di Pantai baru

TARIF MASUK DAN PARKIR
Tarif masukRp4.000 per orang.
Tarif parkir
Sepeda motorRp3.000 per kendaraan.
MobilRp5.000 per kendaraan.

Baca: 17 Pantai Cantik Di Yogyakarta

Jam Buka

Lantaran masih dikelola oleh masyarakat, pantai ini tidak memiliki jam operasional. Artinya, wisatawan bisa kapanpun dan jam berapapun datang berkunjung.

Nikmati Panorama Laut Lepas dan Belajar soal Lingkungan

Perahu bersandar di Pantai Baru
Pemandangan senja berpadu dengan lautan lepas dan jajaran perahu nelayan menjadi favorit bidikan kamera wisatawan. Foto: Instagram/hikmahnp

Menyusuri Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS) di pesisir Kabupaten Bantul, DIY, wisatawan akan menjumpai deretan objek wisata pantai. Kebanyakan objek-objek wisata pantai itu dikelola oleh kelompok masyarakat setempat, salah satunya adalah Pantai Baru.

Saat masuk ke kawasan pantai ini. wisatawan akan disambut dengan dua patung yang menjadi ikon yaitu patung hiu tutul dan harimau. Patung harimau memang menjadi simbol dari salah satu keluarga Kraton Jogja, di imana pantai tersebut memang menjadi salah satu tempat pertapaan bagi para kerabat Kraton.

Baca: Teras Kaca Pantai Nguluran Gunung Kidul Tiket & Wahana Unik

Dibanding dengan objek wisata pantai lainnya yang ada di Bantul, Pantai Baru memiliki pesona yang khas. Di tempat itu, wisatawan akan menjumpai tiang-tiang kincir angin besar yang digunakan sebagai sumber tenaga listrik terbarukan.

Menikmati Sunset di Pantai Baru

Pemandangan saat senja di Pantai Baru
Panorama senja menjadi andalan di Pantai Baru. Foto: Google Maps/andies

Laiknya pesona alam yang ditawarkan objek wisata pantai pada umumnya, langit jingga saat senja menjadi panorama yang tak boleh dilewatkan saat wisatawan berada di pantai ini. Semburat senja yang dipadu dengan hamparan Samudra Hindia jelas menjadi santapan menarik bagi lensa kamera wisatawan.

Kincir Angin Raksasa

Tiang kincir angin berjajar
Salah satu spot favorit wisatawan saat di Pantai Baru adalah berfoto dengan latar kincir angin. Foto: Instagrm/sulexstr

Pantai baru hadir dengan menawarkan segudang pesona yang mungkin tidak dimiliki oleh tempat lain. Salah satunya adalah wisata edukasi soal energi terbarukan.

Di lahan seluas sekitar 4.000 meter persegi, pemerintah memasang puluhan tiang kincir angin. Di sinilah wisatawan juga bisa belajar soal pemanfaatan energi terbarukan, yakni berupa pembangkit listrik tenaga bayu (PLTB).

Baca: Gumuk Pasir Parangkusumo Tiket & Aktivitas

Mengenal Pemanfaatan Biogas

Tak hanya soal energi terbarukan, di pantai ini, wisatawan juga bisa belajar soal pemanfaatan kotoran ternak sebagai bahan bakar. Metode ini kerap disebut dengan istilah biogas.

Tepat di depan jalan masuk menuju kawasan pantai, ada area kandang ternak dan pembuatan biogas. Pengunjung juga bisa berkeliling kandang, melihat dan memberi makan ternak, melihat biodigester serta genset biogas.

Baca: Pantai Drini Gunung Kidul Tiket & 10 Ragam Aktivitas

Keunikan Kolam Air Tawar di Pesisir Pantai

Keunikan di pantai ini, wisatawan bisa menjumpai adanya kolam air tawar yang berada di sekitar pesisir. Dengan menggunakan teknologi aquaponik yaitu penyaringan dengan menmanfaatkan tumbuhan, kolam itu pun bisa digunakan untuk membudidayakan air tawar.

Piknik Di Bawah Rimbun Cemara

Rimbunnya hutan cemara di Pantai Baru
Berjalan dan piknik di bawah rimbunnya hutan cemara Pantai Baru. Foto: Instagram/jogjajateng

Datang ke Pantai Baru, akan lebih seru jika bersama rombongan, baik itu kerabat, teman, maupun keluarga. Di rimbunnya pohon cemara udang yang berada di pesisir pantai, wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan sekadar bercengkerama.

Untuk itu pengelola objek wisata membuka jasa penyewaan tikar dengan harga Rp10.000 per lembar. Jika tak mau cuma duduk-duduk, wisatawan juga bisa menjajal keseruan kendaraan ATV di medan berpasir yang bisa disewa dengan harga Rp30.000 per 15 menit.

Baca: Pantai Parangkusumo Tiket & Ragam Atraksi Wisata

Cicipi Aneka Kuliner Ikan Laut

Deretan warung di sekitar pantai
Sajian kuliner ikan laut disajikan di sejumlah warung yang ada di tepian Pantai Baru. Foto: Google Maps/Arif Masthori

Berkunjung ke pantai ini, akan kurang lengkap jika wisatawan tidak menjajal aneka kuliner yang dijajakan, tentunya dengan harga yang ramah di kantong. Ada dua barisan utama warung kuliner, yakni sisi barat dan sisi timur pantai.

Ada juga warung kuliner yang terdapat di dekat pos tempat pelelalangan ika (TPI). Menu kuliner yang dijajakan pun beragam, tak hanya beraneka olahan ikan laut, beberapa warung juga menjajakan sajian kuliner ikan air tawar.

Baca: Puncak Kosakora Keindahan Laut dari Area Perbukitan

Ajak Buah Hati Berenang secara Aman

Ombak Laut Selatan terkenal dengan keganasannya. Itulah yang kerap membuat pengelola Pantai Baru pun ekstra waspada mewanti-wanti pengunjung untuk tidak berenang terlalu ke tengah.

Meski begitu wisatawan, terutama anak-anak tak perlu kecewa. Pasalnya di kawasan pantai ini pengelola sudah menyediakan kolam renang dengan fasilitas wahana yang cukup lengkap, di antaranya adalah papan seluncur dan bola-bola plastik.

Baca: Pantai Parangtritis Tiket & Ragam Aktivitas

Pelepasan Tukik di Pantai Baru

Anakan penyu saat dilepasliarkan
Pelepasan tukik menjadi salah satu wahana wisata andalan di Pantai Baru. Foto: Instagram/kp4_pantaibaru

Pantai Baru menjadi salah satu tempat favorit bagi pendaratan penyu untuk bertelur. Lantaran hewan ini kini terancam punah, para pegiat lingkungan hidup bekerja sama dengan warga sekitar pantai pun mengelola area penetasan telur-telur penyu.

Saat sudah menetas, mereka pun melepas tukik atau anakan penyu secara bersama-sama ke lautan. Momen inilah yang kerap ditunggu oleh wisatawan.

Rute dan Lokasi menuju Pantai Baru

Pantai ini terletak di Kabupaten Bantul, tepatnya di Dusun Ngentak, Poncosari, Srandakan. Untuk mencapai pantai ini, sangatlah mudah bahkan tidak perlu membuka aplikasi peta.

Bagi wisatawan yang hendak menuju pantai ini, cukup ikuti Jalan Raya Bantul hingga kawasan Palbapang lalu belok ke kanan menuju Jalan Raya Srandakan. Terus saja hingga ketemu Jembatan Kali Progo.

Setelah itu ambil jalan ke kiri tepat sebelum jembatan Progo. Ikuti saja jalan aspal, hingga menemukan plang penunjuk arah Pantai Baru.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here