Beranda Tiket Wisata

GOA TETES Tiket Masuk & Daya Tarik September 2022

0
Harga Tiket Masuk Goa Tetes : Rp10.000Jam Buka: 07:25 - 16:00No Telp: -Alamat: Dusun Besukcukit, Desa Sidomulyo, Kecamatan , Kabupaten , Jawa Timur ., Pronojiwo, Lumajang, , Indonesia, 67374

Bagi yang sedang berkunjung ke air terjun Tumpak Sewu Lumajang jangan lewatkan untuk singgah di Goa Tetes. Gua alami yang terletak masih satu lokasi dengan air terjun. Pesona alam yang disajikan gua ini akan membuat berdecap kagum.

Pasalnya tempat wisata ini menyajikan antara keindahan gua dan air terjun secara bersamaan. Apalagi, gua ini berada di kawasan pegunungan dan hutan dengan keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi. Memang sejauh ini akses jalan ke gua ini masih ekstrem dan menjadi tantangan tersendiri.

Harga Tiket Masuk Goa Tetes

Wisata gua ini masih berada di satu lokasi yang sama dengan Telaga Biru dan Tumpak Sewu. Namun, tiket masuknya berbeda-beda. Goa Tetes memiliki harga tiket yang masih terjangkau.

Harga Tiket Masuk Goa Tetes
Setiap HariRp10.000
Parkir
Parkir MotorRp3.000
Parkir MobilRp5.000

Baca: RANU KUMBOLO Tiket & Aktivitas

Jam Buka Goa Tretes

Kawasan wisata gua buka setiap hari untuk umum. Tempat wisata ini memiliki jam operasional yang sama dan biasanya ramai di siang hingga sore hari.

Jam Operasional
Setiap Hari07.25 – 16.00

Daya Tarik Goa Tetes

Pada tahun 1982, Goa Tetes mulai dikelola sebagai tempat wisata. Lokasi gua ini memiliki daya tarik yang menakjubkan, baik dari bentang alam hingga akses jalan. Di samping itu, lokasinya cukup strategis karena berdekatan dengan tempat wisata lain yang terkenal.

Lokasi Gua Berada Di Tengah Air Terjun

Pintu goa tetes
Air mengalir di mulut gua yang membentuk serambi. Foto: Google Maps/Achil 27

Goa Tetes terletak berdekatan dengan wisata Air Terjun Tumpak Sewu. Untuk sampai ke mulut gua akan melalui tangga-tangga buatan yang ada di dasar jurang. Sementara posisi gua terletak di area yang cukup unik. Wisatawan harus berada dalam jarak dekat untuk melihat gua karena tertutup aliran air terjun.

Goa Tetes berbentuk ceruk yang berada di bagian tengah air terjun. Itulah sebabnya dinamakan Goa Tetes karena adanya aliran air dari atas tidak pernah berhenti menetes yang membentuk tirai di mulut gua. Tidak hanya itu, air-air yang berasal dari air terjun tersebut juga menetes hingga ke dalam tepatnya di langit-langit gua.

Sementara bebatuan yang menyelimuti gua terlihat eksotik dengan warna coklat keemasan. Warna tersebut berasal dari aliran air terjun yang tidak pernah kering yang tercampur dengan belerang.

Baca: PUNCAK B29 Pemandangan Fantastis Gunung Semeru Bromo

Merasakan Segarnya Aliran Air Terjun

Air terjun di samping Goa tetes
Wisatawan dapat merasakan segarnya aliran air terjun di sekitar gua. Foto: Google Maps/Mamiek Suhartini

Wisatawan yang berkunjung belum lengkap jika tidak bermain air. Pasalnya, gua ini berada di satu lokasi dengan air terjun. Bentuk air terjun ini bertingkat-tingkat dengan aliran air yang mengalir deras di antara bebatuan. Air terjunnya mengandung kapur sehingga alirannya tampak sangat jernih.

Di air terjun ini terdapat kolam dengan sumber mata air yang berada di dasar jurang. Kolam tersebut bernama Sendang Biru. Kolam ini berada di area air terjun tingkatan paling bawah.

Baca: PUNCAK MAHAMERU Tiket & Ragam Pesona

Keindahan Di dalam Goa Tetes

Bagian dalam goa tetes
Stalaktit, stalagmit, dan genangan air yang terdapat di dalam gua. Foto: Google Maps/ Achmad Yani

Goa Tetes merupakan ceruk yang terbentuk secara alami. Ceruk tersebut terbentuk dari aliran air yang secara terus-menerus menerobos bebatuan karst. Keindahan gua memang tersembunyi yang dapat dilihat apabila memasuki dalamnya.

Pada saat memasuki area dalam gua keindahan perpaduan stalaktit dan stalagmit akan menyambut. Bebatuan yang tergantung di langit-langit dan dasar gua tersebut terbentuk yang secara alami. Beberapa tumbuhan hijau dan lumut yang berada di dalam ikut menambah kesan eksotik. Stalaktit dan stalagmit tersebut menghiasi semua area lantai dan langit-langit.

Selain itu, bagian dalam gua juga terdapat sungai dengan air berwarna hijau yang jernih. Sebagai informasi, Wisatawan yang masuk ke dalam gua harus tetap berhati-hati. Karena pijakan-pijakan yang ada di dalam gua berasal dari batuan karst yang cukup licin.

Baca: Alun-alun Lumajang Taman Kota Beragam Aktivitas

Pemandangan Hijau Sekitar Goa Tetes

Pemandangan alam dari dalam Goa Tetes
Wisatawan bisa menikmati pemandangan alam yang indah dari dalam gua. Foto: Google Maps/Reynard Ardana

Tidak hanya di bagian dalam saja, bentang alam di bagian luar gua juga tidak kalah indahnya. Hijau dan asrinya pepohonan sekitar terlihat sangat cantik dari lokasi yang berada di ketinggian. Ditambah dengan panorama aliran air melintasi bebatuan berundak-berundak seolah memberikan kesan berada di gua purba.

Akses Jalan Yang Menantang

Jalur menuju Goa Tetes
Akses menuju Goa Tetes melewati bebatuan yang dialiri air. Foto: Google Maps/ Aditya Kumara

Untuk berkunjung ke Goa Tetes, maka harus siap dengan medannya yang menantang. Jalurnya cukup sulit dan lumayan curam. Dari air terjun Tumpak Sewu akan melewati tangga ke bagian jurang. Kemudian ikuti jalan kecil hingga sampai ke lokasi.

Untuk bisa sampai ke goa, wisatawan harus memanjat bebatuan yang terdapat aliran air. Oleh karena itu, wisatawan harus tetap berhati-hati agar tidak jatuh dan terpeleset.

Lokasi Goa Tetes

Gua eksotik ini terletak di dekat Air Terjun Tumpak Sewu. Ibaratnya, jika Air Terjun tersebut berada di sebelah kiri, maka gua ini berada di sebelah kanan. Lokasi tepatnya berada di Dusun Besukcukit, Desa Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur 67374.

Tanggapan:

4.8 / 5. dari 25

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini