Goa Sunyaragi Harga Tiket: Rp10.000 - Rp20.000 Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB No. Telepon: - Alamat: Jl. Sunyaragi No.5, Sunyaragi,Kesambi,Cirebon,Jawa Barat ,Indonesia,45132.

Gua Sunyaragi adalah salah satu situs wisata cagar budaya berusia sekitar 400 tahun. Wisata ini merupakan bangunan dengan rongga dan lorong menyerupai gua. Bangunan taman bagian dari Keraton Kasepuhan Cirebon ini sangat unik, satu-satunya di Indonesia.

Gua ini didirikan oleh Pangeran Kararangen yang merupakan keturunan Sunan Gunung Jati. Luas komplek bangunannya mencapai 15 hektar, lokasinya dekat dengan akses tol dan stasiun. Tempat ini dulu menjadi tempat menyepi atau untuk tempat istirahat Sultan.

Harga Tiket Masuk Gua Sunyaragi

Pengunjung yang ingin memasuki kawasan wisata gua akan dikenakan tiket masuk. Harga tiket masuk tidak terlalu mahal dan berlaku sama untuk setiap hari.

Harga tiket masuk Gua Sunyaragi
Senin – MingguRp10.000
Tiket WahanaRp10.000 – Rp20.000

Baca: Keraton Kasepuhan Cirebon Tiket & Keunikan

Jam Buka Gua Sunyaragi

Jam buka tempat wisata ini memang sama untuk setiap hari. Namun untuk akhir pekan beroprasi lebih panjang sampai pukul 6 sore hari.

Waktu operasional
Senin – Jumat08.00 – 17.00
Akhir Pekan08.00 – 18.00

Daya Tarik Wisata Gua Sunyaragi

Kawasan Gua Sunyaragi Cirebon
Kawasan wisata Gua Sunyaragi Cirebon. Foto: Google Map/ Ahmad Rasyid

Tujuan utama pembangunan Gua Sunyaragi adalah sebagai tempat beristirahat dan meditasi Sultan Cirebon dan keluarganya. Kesan sakral terlihat dari lorong-lorong bekas tempat berkhalawat (pertapaan) yang bersifat spiritual. Terdapat juga kolam-kolam pemandian (petirtaan), altar-altar mirip tempat pemujaan, dan benda-benda arkeologis lainnya.

Kesan profan didukung bangunan-bangunan joglo, relief-relief kembang kaningaran, artefak logam, kayu dan keramik. Kompleks Gua ini terbagi menjadi dua bagian yaitu pesanggrahan dan bangunan gua.

Baca: Water Park Ciperna Cirebon Tiket & Wahana

Pesanggrahan

Gua Sunyaragi dibangun untuk menjadi tempat kenyamanan bagi keluarga Sultan. Pesanggrahan terdiri dari kamar tidur, ruang ibadah, serambi, ruang rias, dan ruang santai. Bagian ini dilengkapi kamar mandi dan dikelilingi taman dengan kolam-kolam.

12 Bagian Gua

Kompleks bangunan goa di Goa Sunyaragi Cirebon
Kompleks bangunan gua di Gua Sunyaragi Cirebon.
Foto : Instagram/guasunyaragi

Bangunan gua berbentuk gunung-gunungan, dilengkapi terowongan bawah tanah dan saluran air. Bagian luar komplek bermotif batu karang dan awan. Pintu gerbang luar berbentuk candi bentar dan pintu dalamnya berbentuk paduraksa.

Bentuknya yang unik dengan rongga-rongga dan lorong-lorong berliku menyerupai gua. Secara visual, bangunan-bangunannya lebih banyak memunculkan kesan sakral. Gaya arsitektur Gua ini merupakan hasil dari perpaduan Hindu, Tiongkok, Islam, dan Eropa.

Baca: Sangkan Resort Aqua Park Kuningan Tiket & Wahana

Bangunan gua terdiri dari 12 bagian, yaitu:

  1. Bangsal Jinem, adalah tempat Sultan Kasepuhan memberikan wejangan-wejangan kepada para pengikutnya. Di sini prajurit-prajurit keraton Kasepuhan berlatih ilmu kanuragan, diawasi langsung oleh Sultan.
  2. gua Pengawal, seperti namanya adalah tempat yang khusus bagi para Pengawal Sultan beristirahat. Di masa lalu, para pengawal Sultan berkumpul di tempat ini. Sekaligus bersiaga bila Sultan yang mereka kawal mendapat ancaman.
  3. Kompleks Mande Kemasan, pada masa lalu berfungsi sebagai tempat penyimpanan berbagai senjata keraton. Tempat ini sekarang telah hancur.
  4. gua Pandekemasang, adalah tempat untuk membuat senjata keperluan berperang melawan musuh-musuh keraton. Pada masa lalu tempat ini selalu dijaga ketat para pengawal keraton. Para Empu membuat perencaan pembuatan senjata di tempat ini.
  5. gua Simanyang, berada di depan taman air Sunyaragi. Fungsinya sebagai pos penjagaan dan garda depan dari ancaman dunia luar.
  6. gua Langse, adalah sebuah tempat yang khusus bagi Raja dan permaisurinya bersantai. Tempat inilah satu-satunya tempat yang dibuat dengan begitu indah. Tujuannya agar raja bisa merasa sangat nyaman dan melupakan sejenak kepenatannya memerintah.
  7. gua Peteng, seperti namanya berarti gua Gelap. Di tempat ini tidak disediakan sama sekali penerangan. Difungsikan sebagai tempat nyepi untuk mendapatkan kekebalan tubuh dan sebagainya.
  8. gua Arga Jumud, fungsinya mirip dengan gua Langse. gua Arga Jumud dikhususkan bagi para petinggi keraton. Baik ketika bersantai maupun ketika mengadakan rapat-rapat penting menyangkut keraton.
  9. gua Padang Ati, adalah sebuah gua untuk bersemedi. Semedi dilakukan agar memiliki kelapangan dada, keikhlasan dan kecerdasan. Seperti yang dimaksud oleh nama gua itu sendiri ‘padang ati’, artinya terang hati.
  10. gua Kelanggengan, adalah tempat bersemedi agar mendapat kelanggengan jabatan.
  11. gua Lawa, sesuai arti penamaannya, gua ini adalah tempat khusus kelelawar.
  12. gua Pawon, adalah sebuah dapur untuk membuat dan menyimpan makanan.

Wahana Gua Sunyaragi

Selain situs cagar budayanya, wisata ke gua ini juga menambah beberapa wahana. Hal ini bertujuan untuk menarik wisatawan dan mengantisipasi kebosanan bagi yang berkunjung berkali-kali.

Wahana Sepeda Gantung di Goa Sunyaragi Cirebon
Wahana Sepeda Gantung di Gua Sunyaragi Cirebon. Foto : Instagram/guasunyaragi

Wisatawan dapat mencoba berbagai wahana yang tersedia. Wahana-wahana tersebut antara lain Balon Terbang, Sepeda Terbang, dan Panahan. Terdapat juga wahana Flying Fox dan Ayunan Terbang.
Untuk mencoba wahana yang ada, wisatawan cukup membayar dengan harga yang terjangkau.

Lokasi Gua Sunyaragi

Kawasan wisata Gua ini terletak di by-pass Jl. Brigjen Dharsono, Kampung Karang Balong, Kelurahan Sunyaragi, Kecamatan Kesambi, Cirebon, Jawa Barat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here