Keraton KasepuhanHarga Tiket: Rp10.000 - Rp25.000Jam Buka: 08.00 - 18.00No Telp: 0231225511Alamat: Jl. Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Lemahwungkuk, Cirebon, Jawa Barat, Indonesia, 45114

Dahulu Indonesia masih bersifat kedaerahan yang dipimpin oleh kerajaan atau kesultanan. Saat ini, pemerintahan kerajaan atau kesultanan di Indonesia sudah digantikan dengan sistem modern. Namun, Cirebon menjadi salah satu daerah yang masih mempertahankan kasultanannya, yaitu Keraton Kasepuhan Cirebon.

Saat ini Keraton Cirebon tidak lagi menjadi pusat pemerintahan. Namun, dahulu menjadi pusat pemerintahan di Cirebon. Dimana keraton ini merupakan kerajaan Islam, mengingat Sunan Gunung Jati menyebarkan Islam di Cirebon.

Harga Tiket Masuk Keraton Kasepuhan Cirebon

Untuk memasuki kawasan keraton, pengunjung dikenakan biaya tiket masuk. Biaya yang dibayarkan tidak terlalu mahal. Sepadan dengan wisata sejarah yang masih terawat ini.

Harga Tiket Masuk Keraton Kasepuhan Cirebon
Tiket masukRp15.000
Museum PusakaRp25.000
Dalem Agung PakungwatiRp10.000

Baca: Cirebon Waterland Tiket & Berbagai Wahana Permainan Air

Jam Buka Keraton Kasepuhan Cirebon

Objek wisata ini buka setiap hari di waktu yang sama. Jadi, pengunjung dapat memilih hari kapan pun untuk menikmati objek wisata ini. Hari biasa juga dapat dipilih untuk menghindari keramaian.

Jam Operasional
Setiap hari08.00 – 18.00 WIB

Menikmati Keindahan Arsitektur Keraton Kasepuhan Cirebon

Patung Singa Putih yang ada di Halaman Keraton Kasepuhan Cirebon
Patung Singa Putih yang ada di Halaman Keraton Kasepuhan Cirebon. Foto: Gmap/Christoffer Wantania

Memasuki kawasan Keraton, pengunjung akan disambut interior khas yang menawan. Bangunan yang di cat dominan warna putih berpadu dengan tembok bata yang khas. Ditambah lagi, taman penuh dengan pepohonan dan rumput hijau.

Lingkungan keraton masih sangat asri, terawat dan tertata dengan rapi. Bangunannya masih berdiri kokoh seperti dahulu kala. Dikelilingi dengan tembok bata yang membuatnya terlihat aman.

Pada bagian dalam keraton, terdiri dari bangunan utama serta singgasana raja. Ada pendopo yang menjadi ciri khas bangunan keraton. Ada juga bangunan museum yang menyimpan berbagai benda bersejarah peninggalan keraton.

Akulturasi Agama dan Budaya Pada Bangunan

Eksterior Keraton Kasepuhan Cirebon yang Berdesain Gaya Hindu dan Tiongkok
Eksterior Keraton Kasepuhan Cirebon yang Berdesain Gaya Hindu dan Tiongkok. Foto: Gmap/Khasan Bisri

Istanan kesultanan Cirebon ini memadukan unsur dari berbagai agama dan budaya dalam bangunannya. Keraton ini memadukan unsur budaya Jawa, Eropa, dan Tiongkok. Sementara 3 agama yang berpadu adalah agama Islam, Hindu, dan Budha.

Perpaduan ini ditunjukkan dalam bentuk bangunan serta adat yang dilakukan dalam keraton. Meski begitu, ajaran yang diajarkan pada keraton tetaplah ajaran agama Islam. Meski begitu, keharmonisan antar agama dan budaya tetap terjaga.

Agama islam digambarkan pada jumlah tiang penyangga pendopo. Ada yang berjumlah 5 melambangkan rukun islam, dan berjumlah 6 melambangkan rukun iman. Untuk unsur budaya Tiongkok, diwujudkan dalam penataan kompleks yang didasarkan pada Feng Shui.

Baca: Pink Ice Cream Cirebon Tiket & Spot Foto Cantik

Museum Pusaka Keraton Kasepuhan Cirebon

Kereta Kencana Singa Barong koleksi museum keraton kasepuhan cirebon
Kereta Kencana Singa Barong, Perpaduan Budaya dan Kekuatan. Foto: Gmap/Muhammad Hisyam

Keraton Kasepuhan Cirebon memiliki bangunan museum yang dapat dikunjungi oleh wisatawan. Di dalamnya, pengunjung dapat melihat berbagai pusaka peninggalan masa lalu. Semua masih terawat dengan sangat baik.

Yang paling terkenal, kereta kencana Singa Barong, yang menjadi kendaraan Sunan Gunung Jati. Singa Barong merupakan perpaduan dari tiga unsur kebudayaan dan agama. Yaitu Indonesia, India,dan Tiongkok.

Singa Barong merupakan karya dari Panembahan Losari pada tahun 1529. Bentuknya pun berasal dari perpaduan 4 bagian hewan, yaitu naga (kepala), garuda (sayap). Serta tambahan gajah pada belalai, dan singa atau macan pada tubuh, kaki, dan mata.

Keunikan Tatanan Jalan Masuk Keraton

Di sekeliling kompleks Kasepuhan, terdapat aliran air sebagai representasi laut. Hal ini memiliki arti kerendahan dan keluasan hati. Sebelum masuk ke keraton, pengunjung juga akan melewati jembatan di atas sungai kecil.

Setelah melewati jembatan, pengunjung akan tiba di bagian depan keraton. Pada area ini terdapat taman kecil yang cantik dengan tanaman berwarna – warni. Tak lupa, pagar bata mengelilingi taman tersebut yang menjadi ciri khas keraton.

Unsur budaya Hindu, Budha, dan Tiongkok pun terlihat jelas di sini. Dimana terdapat gapura bergaya hindu budha sebagai gerbang masuk. Untuk interior Tiongkok, gaya yang khas adalah tembok yang ditempeli keramik khas Tiongkok.

Fasilitas Keraton Kasepuhan Cirebon

Fasilitas yang disediakan secara umum yaitu sarana ibadah, toilet, parkir, dan sarana kebersihan. Ada juga bangsal pagelaran untuk tempat diadakan acara penting. Ditambah lagi, ada pemandu wisata, kuliner khas Cirebon, dan tak lupa toko souvenir.

Lokasi Keraton Kasepuhan Cirebon

Lokasi Keraton berada di Jalan Pantura. Tepatnya di Jalan Kasepuhan No.43, Kesepuhan, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon. Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 0231-225511.

Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca