Beranda Tiket Wisata

GUNUNG BOHONG Rekreasi Trekking Singkat Di Cimahi Oktober 2021

Gunung BohongHarga Tiket: GratisJam Buka: 24 JamNo Telp: -Alamat: Padasuka, Cimahi Tengah, Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia, -

Gunung Bohong merupakan nama yang disematkan pada sebuah bukit di pinggiran Kota Cimahi. ‘Gunung’ ini hanya memiliki ketinggian 896 mdpl saja. Warga sekitar maupun wisatawan seringkali menjadikannya sebagai destinasi hiking akhir pekan. Selain murah-meriah, jalur pendakiannya pun bersahabat untuk pengunjung dari berbagai kalangan usia.

Harga Tiket Masuk Gunung Bohong

Pengunjung yang mau mendaki Gunung Bohong tidak perlu membayar biaya sepeserpun. Jika membawa kendaraan pribadi, pengunjung cukup membayar biaya parkir sesuai jenis kendaraannya.

Biaya Parkir
Motor Rp2.000
Mobil Rp5.000

Baca Juga: 14 Destinasi Wisata Pegunungan di Jawa Barat

Jam Buka

Gunung Bohong terbuka untuk pengunjung setiap hari. Wisatawan boleh mendaki mulai dari pagi hari hingga sore hari. Kawasan ini biasanya ramai pada pagi hari sebagai tujuan hiking singkat dan olahraga.

Jam Operasional
Setiap Hari 24 Jam

Wisata Gunung Bohong

Kota Cimahi tampak dari puncak
Kota Cimahi tampak dari puncak Gunung Bohong diselimuti awan di siang hari – Foto: Google Maps/ina firmansyah

Gunung, gunung apa yang suka berbohong? Jawabannya bisa jadi Gunung Bohong yang berada di Kota Cimahi. Bukit dengan ketinggian tak sampai 900 mdpl ini mendapat anggapan sudah membohongi warga sekitar. Nama ini bahkan sudah terkenal sejak zaman pendudukan Belanda.

Dari jauh, wujudnya memang menyerupai gunung. Namun ketika dari dekat, ternyata hanyalah sebuah bukit dengan rimbunnya hutan heterogen. Meski begitu, Gunung Bohong ternyata populer sebagai destinasi hiking singkat.

Jalur pendakian tersusun dari ratusan anak tangga hingga ke puncak. Hal ini memudahkan siapapun untuk mendakinya, meski tak bisa dipungkiri perjalanannya tetap menguras keringat. Akhir pekan biasanya jadi waktu kunjungan paling ramai oleh warga sekitar. Selain menjadi sarana olahraga, bukit ini juga menyajikan pemandangan kota dan pegunungan yang memukau dari puncaknya.

Jalur Pendakian Dengan Ratusan Anak Tangga

Mendaki ratusan tangga
Ratusan anak tangga yang harus dilalui untuk bisa sampai puncak Gunung Bohong – Foto: Google Maps/ina firmansyah

Gunung Bohong memiliki puncak tertinggi di titik 896 mdpl. Meski bisa memiliki akses dari semua arah, namun jalur pendakian tangga hanya ada di sisi timur. Untuk mencapai pintu masuknya, pengunjung harus melintasi beberapa area. Area tersebut yaitu lapangan tembak, lapangan sepak bola, dan trek motocross.

Pendakian dilakukan dengan menaiki rangkaian anak tangga dengan jumlah lebih dari 300. Setiap anak tangga cukup lebar dan berbatas batang bambu agar lebih rapi dan jelas bentuknya. Sayangnya, tidak ada pagar untuk pegangan di sepanjang jalur ini. Pengunjung terutama dari kalangan orang dewasa dan lansia biasanya menggunakan tongkat kayu sebagai alat bantu selama pendakian.

Di sepanjang perjalanan, pengunjung bisa beristirahat di beberapa titik. Setiap titik memiliki tanda adanya bangku bambu. Namun, sebenarnya pengunjung bisa berhenti kapan saja dan menepi untuk duduk dan beristirahat.

Meski ketinggiannya tak seberapa, namun persiapan untuk mendaki tidak boleh asal-asalan. Rangkaian tangga yang berjumlah ratusan bisa dengan mudah membuat kaki keram dan menguras tenaga. Pastikan membawa bekal makanan atau minuman karena tidak ada kios atau warung di sepanjang pendakian.

Puncak Gunung Bohong

Panorama Burangrang dan Tangkuban Parahu
Panorama pegunungan yang terlihat dari puncak Gunung Bohong – FOto: Google Maps/Dadan Sumarna

Selain medannya yang suda ada anak tangga, jalur pendakian juga cukup adem. Sisi kanan dan kiri masih ditumbuhi hutan yang bisa jadi tempat berteduh. Dengan kecepatan normal, hanya butuh waktu sekitar 30 menit untuk bisa sampai di puncak.

Area puncak menyajikan panorama Kota Cimahi dan Bandung sejauh 360 derajat. Jika melihat ke sebelah utara, tampak Gunung Burangrang dan Tangkuban Parahu yang menjulang. Pemandangan ini terlihat jelas terutama ketika cuaca cerah dan tidak berawan.

Pengunjung juga akan menjumpai kios sederhana di area puncak. Ada sejumlah bangku bambu yang berguna sebagai tempat untuk duduk-duduk menikmati pemandangan. Panorama kota di malam hari di kawasan ini juga sangat indah. Namun, pendakian di malam hari tidak diperbolehkan, ya.

Ruang Hijau Alami

Berolahraga di sekitar Gunung Bohong
Bukit yang terlihat seperti gunung dari kejauhan – Foto: Google Maps/SELANGKAH LEBIH DEKAT

Fungsi Gunung Bohong bagi Kota Cimahi dan sekitarnya tidak lain adalah sebagai daerah resapan air. Areanya yang terbuka tumbuh berbagai macam vegetasi. Terutama jenis pepohonan berkayu keras dan akar tunggang. Memang harapannya bukit ini menjadi penyerap air hujan sekaligus penyejuk kawasan Cimahi.

Sebelum adanya lapangan tembak, area sekitarnya merupakan hamparan sawah dan kebun. Sedangkan kaki bukitnya rimbun tumbuhan hutan bambu. Pepohonan yang bisa dijumpai di sini antara lain pohon Malaka dan pohon Randu Hutan. Begitu juga fauna seperti aneka jenis burung hidup di kawasan bukit ini.

Gunung ‘Bohongan’

Pengunjung bersantai di puncak Gunung Bohong
Lepaskan lelah dengan beristirahat di puncak sambil menikmati pemandangan – Foto: Google Maps/Andi Hikmayadi

Gunung Bohong adalah nama sebuah bukit di kawasan Cimahi Tengah. Dinamai ‘gunung’ karena bentuknya yang serupa namun ternyata tidak setinggi gunung pada umumnya. Ketinggiannya kurang dari 900 mdpl saja.

Secara administratif, gunung ini terletak di Kelurahan Padasuka, Kabupaten Bandung Barat. Lokasinya berada di sebelah barat pusat kota, tak jauh dari Universitas Jenderal Ahmad Yani. Gunung ini juga terlihat jelas ketika melintasi jalan Tol Padaleunyi.

Warga sekitar memanfaatkan lokasinya sebagai sarana olahraga. Baru-baru ini, terbuka trek pendakian ke puncaknya. Trek ini merupakan susunan tangga agar memudahkan pengunjung untuk mendaki. Dengan bentuk medan yang lebih rapi, baik anak-anak maupun lansia bisa mencoba menjajal jalur tersebut.

Riwayat Gunung Bohong

Cimahi sudah sejak zaman pendudukan Belanda berperan sebagai pusat pertahanan dan militer Jawa Barat. Sejak dulu pula konon tempat ini populer di kalangan warga Belanda yang tinggal di sekitarnya. Mereka, terutama anak-anak, menjadikan bukit ini sebagai tempat rekreasi atau piknik.

Setelah kemerdekaan, area hutan alami ini berangsur-angsur digunakan juga sebagai tempat latihan militer. Hal ini semakin mantap dengan berdirinya Lapangan Tembak Brigif 15 Kujang tak jauh dari kaki bukit.

Sejak mengemukanya proyek Kereta Cepat Indonesia-Cina (KCIC), Gunung Bohong tampaknya jadi semacam penghalang. Jalur proyek tersebut harus melintasi lokasi gunung ini. Untuk itu, salah satu sisi bukit pun ‘dilubangi’ untuk pembuatan terowongan dengan cara dibom. Pengeboman ini sempat menimbulkan perseteruan antara penduduk sekitar bukit dengan pemerintah.

Fasilitas Gunung Bohong

Fasilitas yang tersedia yaitu area parkir, kios makanan dan minuman, dan jalur pendakian tangga. Terdapat bangku-bangku di pos istirahat serta area puncak. Tempat wisata ini tidak memiliki sarana toilet umum ataupun musala.

Lokasi Gunung Bohong

Kawasan wisata ini terletak di Kelurahan Padasuka, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi. Untuk mencapainya bisa melalui Jalan Panembakan dan masuk lewat Lapangan Tembak Brigif 15 Kujang. Dari arah Bandung, wisatawan bisa menggunakan angkot atau bus TMB ke arah Cimahi dan lanjut dengan transportasi online ke lapangan tembak. Jika menggunakan mobil pribadi, gunakan jalan tol dan keluar di Pintu Tol Baros.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 2

Kasi Bintang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini