Beranda Tiket Wisata

GUNUNG PINANG Tiket & Wahana - Juli 2022

0
Harga Tiket Masuk Gunung Pinang : Rp20.000Jam Buka: 08.00 WIB - 17.00 WIBNo Telp: Alamat: Desa Sukadalem, Waringinkurung, Serang, Banten, Indonesia, 42453

Gunung Pinang salah satu tujuan wisata alam yang berada di ujung barat Kabupaten Serang. Letaknya di perbatasan antara Serang dengan Cilegon. Sesuai namanya objek wisata ini memang menonjolkan keindahan alam pegunungan. Areanya masih terbilang baru karena baru buka di awal tahun 2020. Namun pengelolaannya sudah sangat baik dan banyak hal menarik di dalamnya.

Dari puncaknya yang di ketinggian 217 meter pemandangan alam Serang dan Cilegon terlihat sangat cantik. Selain itu gunung ini juga menawarkan sensasi petualangan yang sangat menarik. Sebab untuk mencapai puncak harus mendaki dengan jarak yang cukup jauh. Keadaan di puncak sudah tertata rapi. Dengan aneka wahana foto, gardu pandang hingga kursi kayu untuk bersantai.

Harga Tiket Masuk Gunung Pinang

Untuk harga tiket masuk Gunung Pinang terbilang cukup terjangkau. Dengan sekali bayar wisatawan sudah bisa menikmati segala fasilitas, khususnya beragam wahana foto. Akan ada juga biaya tambahan untuk parkir kendaraan.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukRp20.000
Parkir
MotorRp5.000
MobilRp8.000

Baca: GUNUNG SANTRI Wisata Religi Makam Ulama Besar

Jam Buka Gunung Pinang

Obyek wisata Gunung Pinang buka setiap hari dari pagi sampai sore.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 WIB – 17.00 WIB

Wisata Gunung Banyak Wahana Foto

Pemandangan hijaunya alam dari puncak gunung
Dari puncaknya wisatawan akan disuguhkan pemandangan cantik dari perbatasan Serang dan Cilegon. Foto: Gmaps/ZOP-Zahran Rafif

Berbeda dengan gunung lain di Serang yang masih kurang terkelola tidak demikian dengan Gunung Pinang. Hal ini karena sejak awal area tersebut di bawah pengelolaan Perhutani. Sehingga alamnya sangat terjaga dan terawat. Selain itu area wisatanya menawarkan aktivitas petualangan sekaligus menghadirkan wahana foto yang instagramable.

Seperti gunung pada umumnya, untuk mencapai puncak wisatawan perlu mendaki dan berjalan menyusuri hutan. Dengan tinggi kurang lebih 300 Mdpl, jalur menuju puncak sangat ramah. Sehingga bisa menjadi alternatif wisata untuk keluarga. Apalagi di sepanjang jalurnya sudah berhiaskan aneka payung warna-warni dan berbagai dekorasi. Selain itu Gunung ini juga punya jalur yang biasa dipakai oleh penggemar olahraga downhill atau sepeda gunung.

Baca: GUNUNG KARANG Situs Keramat Sumur Tujuh

Perjalanan Menuju Puncak

Jalur pendakian yang dipercantik dengan hiasan penuh warna
Di sepanjang jalur menuju puncak dipenuhi aneka hiasan warn-warni yang membuatnya nampak unik. Foto: Gmaps/Rudi Sukarsa

Sebelum bisa menikmati keindahan alam di puncaknya, wisatawan harus terlebih dahulu trekking. Dari area parkir mendaki sekitar kurang lebih 2 Km. Jalurnya cukup bersahabat dengan ketinggian tak sampai 300 Mdpl. Meski terbilang tidak tinggi namun pastikan bahwa kondisi tubuh harus fit dan sehat. Perjalanan menuju puncak Gunung Pinang ini akan terasa sangat menyenangkan. Alamnya masih sangat asri, wisatawan akan bisa melihat barisan pohon pinus di kanan kiri jalur.

Jalurnya pun juga sudah tertata rapi berupa tanah setapak dengan lebar kurang lebih 1 meter. Menariknya di sepanjang perjalanan akan terlihat aneka dekorasi menarik. Payung hingga bola warna-warni yang tergantung di pohon-pohon membuat pemandangan terlihat sangat cantik. Wisatawan boleh sesekali berhenti untuk mengambil foto. Sepanjang jalur menuju puncak memang berkonsep penuh warna. Selain payung dan bola ada juga bangku-bangku untuk istirahat bercat warna-warni.

Baca: GUNUNG ASEUPAN Tiket & Keistimewaan

Bentang Alam di Puncak

Setelah perjalanan mendaki selama kurang lebih 30 menit, akhirnya sampai di puncak. Dari puncak pemandangan menakjubkan dengan hijau gugusan gunung dan perbukitan terlihat jelas. Selain itu bentang alam kota Serang dan Cilegon pun terlihat. Suasananya juga sangat teduh karena banyak pepohonan tinggi di sekelilingnya. Angin yang berhembus pun juga segar dan menyejukkan.

Jika ingin melihat panorama yang lebih cantik lagi bisa melihat dari area gardu pandang. Terdapat sebuah gardu pandang yang terbuat dari kayu dan menjorok ke arah jurang. Dari atas gardu pandang ini pemandangan terlihat lebih terbuka dan tidak terhalang oleh pepohonan.

Baca: GUNUNG PULOSARI Tiket & Jalur Pendakian

Aneka Spot Foto Menarik

wahana balon udara di Puncak Gunung Pinang
wahana balon udara di Puncak Gunung Pinang

Satu hal yang membuat kawasan wisata ini begitu istimewa yatitu keberadaan beragam wahana foto di puncaknya. Terdapat belasan wahana foto yang pastinya siap memanjakan pecinta selfie. Beberapa yang unik di antaranya adalah balon udara, rumah miring, rumah hobbit, hingga jembatan langit. Bagi yang ingin sekedar bersantai tersedia juga banyak bangku kayu dan gazebo dengan konsep penuh warna.

Biasa Dipakai Untuk Downhill

Gunung yang bisa dipakai untuk aktivitas bersepeda
Tempat wisata ini memiliki jalur downhill yang ramah untuk para pemula. Foto: Gmaps/Pudjadhi Prayitno

Area Gunung Pinang ini juga biasa dipakai berolahraga untuk para penggemar sepeda gunung. Terdapat jalur downhill yang sangat ramah untuk pemula. Selain berolahraga sekaligus juga melihat pemandangan alam yang menyejukkan mata. Terdapat warung makan dan kedai minuman untuk beristirahat setelah lelah bersepeda.

Berkemah Di Gunung Pinang

Kawasan gunung Pinang ini juga sangat cocok dipakai untuk aktivitas berkemah. Terdapat banyak camp area yang aman dan nyaman. Tempat ini juga sangat direkomendasikan untuk kemah bersama dengan keluarga. Ketika pagi wisatawan berkesempatan menikmati sunrise yang cantik dari tempat ini.

Fasilitas Gunung Pinang

Karena sudah dikelola dengan sangat baik, fasilitas yang ada di tempat ini pun sangat lengkap dan memadai. Tersedia area parkir, toilet, gazebo, warung kuliner hingga mushola. Akses menuju ke tempat wisata pun sudah sangat baik dan mudah dilalui motor maupun mobil.

Lokasi Gunung Pinang

Tempat wisata ini beralamat di Desa Sukadalem, Kecamatan Waringinkurung, Kabupaten Serang. Dari pusat kota berjarak sekitar 12km saja dan bisa ditempuh dalam waktu kurang lebih setengah jam.

Tanggapan:

4.4 / 5. dari 17

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini