HUTAN KOTA GBK Tiket & Daya Tarik Maret 2024

HUTAN KOTA GBK

  • Harga Tiket Masuk: Gratis
  • Jam Buka: Selasa - Minggu : 06.00 - 10.00 | 15.00 - 18.00 WIB
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Jenderal Sudirman RT.1/RW.3 Gelora, Tanah Abang, Jakarta Pusat, DKI Jakarta, Indonesia, 10270

Hutan Kota GBK merupakan destinasi wisata alam terbaik yang ada di Jakarta. Setiap akhir pekan warga ibu kota berbondong-bondong mengunjungi lokasi ini. Mengingat areanya terbuka hijau di wilayah tersebut mulai berkurang seiring maraknya pembangunan. Maka jangan heran jika melihat keramaian pengunjung setiap harinya.

Setelah mengalami revitalisasi, penampakan hutan kota GBK tampak lebih indah. Tak heran jika banyak pengunjung yang betah berlama-lama bersantai. Pengunjung akan dimanjakan dengan pemandangan gedung-gedung bertingkat menjulang tinggi. Dan kini Lahan seluas 4 hektare tersebut  telah menjadi paru-paru kota bagi warga Jakarta.

Harga Tiket Masuk Hutan Kota GBK

Mengunjungi destinasi satu ini tidak ada pungutan tiket masuk. Pengunjung cukup membayar retribusi parkir dengan menggunakan metode pembayaran uang elektronik.

Baca: HUTAN KOTA SRENGSENG Tiket Masuk & Daya Tarik

Jam Buka Hutan Kota GBK

Hutan Kota GBK selalu beroperasi hampir setiap hari. Mulai dari Selasa hingga Minggu. Khusus hari Senin lokasi wisata ini tutup  sementara waktu. Jam operasionalnya sendiri terbagi dalam dua sesi, yaitu pagi dan sore hari. Daftarnya bisa dilihat pada keterangan tabel berikut.

SesiJam Buka
Selasa – Minggu Sesi 106.00 – 10.00
Selasa – Minggu Sesi 215.00 – 18.00
Jam Buka Hutan Kota GBK

Aktivitas Menarik Di Hutan Kota GBK

Suasana Hutan Kota GBK berlatar gedung-gedung tinggi
Wisatawan bisa bersantai dan berolahraga selama berada di Hutan Hutan Kota GBK. Foto: Google Maps/ Uwie N

Area terbuka hijau mempunyai segudang aktivitas menarik nan seru. Kawasan hutan kota sangat cocok sebagai tempat refreshing serta menenangkan pikiran. Selain bersantai masih banyak daftar kegiatan lainnya yang sayang jika dilewatkan. Berikut beberapa di antaranya.

Me Time Buat Diri Sendiri

Kawasan hutan GBK sangat pas sekali buat menikmati waktu sendiri. Salah satunya karena areanya tergolong sepi dan tidak terlalu ramai pengunjung. Pemerintah DKI Jakarta hanya membatasi jumlah kunjungan maksimal 150 orang per sesi. Tujuannya untuk menghindari kerumunan massa dan mencegah penularan virus covid-19.

Waktu paling pas buat berkunjung pada saat sore hari. Di mana cahaya matahari tidak terlalu terik. Jadi pengunjung bebas bersantai tanpa perlu khawatir kepanasan.  Di sini pengunjung bisa mendengarkan musik, melukis, membaca, atau hanya sekedar duduk santai.

Baca: HUTAN KOTA GBK Tiket Masuk, Jam Buka & Daya Tarik

Piknik Bersama Keluarga

Aktivitas lainnya yang tak kalah menarik yaitu piknik bersama keluarga. Hamparan rumput hijau di sekitar hutan kota sangat pas buat duduk atau tiduran. Tekstur tanahnya tergolong lembut dan relatif rata. Sebelum menggelar acara piknik, siapkan makanan dan tikar dari rumah.

Pasalnya di sekitar area tersebut tidak tersedia tempat sewa perlengkapan piknik. Jangan lupa juga ajak keluarga, kerabat dan sahabat. Makin banyak jumlah orangnya kian seru suasananya.

Baca: Taman Ismail Marzuki Tiket Masuk & Atraksi Wisata

Berolahraga

olahraga yoga di hutan kota GBK
Wisatawan bisa berolahraga seperti yoga di sekitar area taman. Foto : Instagram/pl.hutankota

Selain terkenal sebagai tempat bersantai. Kawasan hutan kota juga bisa digunakan untuk olahraga seperti yoga atau lari kecil. Enaknya lagi terdapat lintasan khusus buat joging. Sebab Pemerintah DKI sengaja mendesain lintasan tersebut sebagai arena bagi pengunjung yang ingin berolahraga.

Karena selama ini warga Jakarta hanya berolahraga di sekitar stadion GBK. Jika terlalu sering mengunjungi tempat yang sama lama-lama jenuh juga. Kehadiran hutan kota dapat memberikan suasana baru sekaligus menghilangkan rasa kebosanan.

Baca: TAMAN LANGSAT 5 Daya Tarik Wisata

Tempat Photoshoot Cantik

foto prewedding di hutan kota GBK
Karena kawasannya yang cantik tak jarang banyak pasangan yang melakukan foto pranikah di hutan kota GBK. Foto : Instagram/pl.hutankota

Areanya yang menawarkan nuansa hijau serta pemandangan langit biru sangat cocok untuk lokasi Photoshoot. Tak jarang pasangan yang ingin menikah sering melakukan sesi foto pranikah di sini. Alasannya karena penataan kawasan tersebut  terlihat instagrammeble.

Kuliner Mewah Di Plataran Restaurant

makan bersama pasangan di Plataran restaurant
Makan di restoran sambil menikmati keindahan area hijau taman kota GBK. Foto : Instagram/pl.hutankota

Masih dalam satu wilayah yang sama, pengunjung dapat menjumpai sebuah restoran mewah bernama Plataran. Makan di sini punya sensasi tersendiri yang tidak ada di tempat mana pun. Menyantap makanan sembari ditemani pemandangan hutan kota nan asri begitu memanjakan mata. Ditambah dengan desainnya mewah dan hawanya super sejuk.

Area Plataran Restaurant terbagi menjadi tiga lokasi. Yaitu Kaca Melati, Pidari Lounge, dan Plataran Tiga Dari. Ketiganya mempunyai konsep yang berbeda-beda. Tapi yang jelas menunya berfokus pada makanan ala barat, Asian, dan Indonesia.

Baca: LAPANGAN BANTENG Tiket Masuk & Beragam Atraksi

Fasilitas Hutan Kota GBK

Demi meningkatkan kenyamanan pengunjung, pemerintah DKI telah membuat sarana dan prasarana pendukung. Wisata serba hijau ini mempunyai fasilitas cukup memadai. Misalnya saja terdapat toilet, ruang ganti, bangku taman, dan kolam ikan. Kalau pengunjung merasa lapar bisa langsung memesan makanan di area food court terdekat.

Lokasi Hutan Kota GBK

Ruang terbuka hijau ini beralamat Jl. Jenderal Sudirman RT.1/RW.3 Tanah Abang, Jakarta Pusat. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi bisa memarkirkannya di stadion akuatik. Jika penuh parkirkan saja di sisi selatan GBK, helipad, atau pintu kuning.

Berikan Rating

4.7 - 34 Pembaca

Berikan Nilai

Bagikan konten ke: