Beranda Tiket Wisata

Tebet Eco Park Tiket Gratis Healing Di Tengah Kota – Desember 2022

0
Harga Tiket Masuk Tebet Eco Park : GratisJam Buka: 06:00 - 20:00 WIBNo. Telepon: 0215328454Alamat: Jalan Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Tebet, Jakarta Selatan, DKI Jakarta, Indonesia, 12820

Tak melulu mall dan kafe, kini Jakarta Selatan punya taman indah yaitu Tebet Eco Park (TEP). Salah satu kawasan terbuka hijau dengan berbagai fasilitas yang menarik. Menjadi sarana rekreasi serta hiburan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Bahkan, masyarakat luar Jakarta tak ada salahnya mengunjungi taman ini.

Memasuki kawasan taman, pemandangan hijau dan tatanan taman yang rapi langsung membius pengunjung. Berbagai fasilitas olahraga pun tersedia di taman ini. Meski baru dibuka pada April 2022, minat masyarakat tetap tinggi. Pengunjung pun tak hanya dari kalangan remaja, tapi juga bayi hingga orang dewasa.

Harga Tiket Masuk Tebet Eco Park

Untuk menikmati taman ini, wisatawan tidak dikenakan biaya. Namun, tidak bisa asal masuk, melainkan harus mendaftar dulu di aplikasi JAKI. Setelah itu, wisatawan akan mendapatkan barcode yang nantinya menjadi akses masuk ke taman. Dalam satu kali kunjungan pun hanya terbatas 4.000 pengunjung di hari biasa, atau 5.000 di akhir pekan.

Harga Tiket Masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: Old Shanghai Sedayu City Harga Makanan & Daya Tarik

Jam Buka Tebet Eco Park

Objek wisata ini bisa dikunjungi kapan saja, dari pagi hingga malam hari. Jika ingin menikmati suasana yang sejuk, wisatawan bisa datang di pagi hari. Siang hari adalah waktu yang tepat untuk bersantai di bawah pohon rindang. Sementara sore hari, tepat jika melakukan olahraga di area taman.

Jam Operasional
Setiap hari 06:00 – 20:00

Healing Tengah Kota di Tebet Eco Park

Tebet Eco Park
Tebet Eco Park. Foto: Gmap/Oky Susanto

Tebet Eco Park (TEP) adalah taman kota yang berdiri di atas lahan seluas 7,3 hektar. Dulunya, taman ini berdiri sendiri-sendiri, yaitu Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Kini, dua lokasi tersebut tergabung menjadi satu yaitu Tebet Eco Park. Selain semakin luas, kawasan ini juga penuh dengan pepohonan dan tanaman hijau yang asri.

Di sini, berbagai aktivitas luar ruangan dapat dilakukan oleh wisatawan. Mulai jalan santai, olahraga, duduk-duduk santai, dan anak-anak pun memiliki tempat bermain sendiri. Wisatawan juga dapat berjalan di bekas rawa-rawa yang kini menjadi kawasan indah. Suasana yang asri, teduh, hijau, dan segar, seolah sedang berada di pedesaan, padahal sedang di pusat kota.

Uniknya, untuk masuk ke taman ini tidak bisa asal masuk. Wisatawan harus melakukan reservasi di aplikasi bernama JAKI. Wisatawan akan dipandu untuk mengisi beberapa informasi berkaitan dengan jadwal kunjungan. Setelah itu mendapatkan kode untuk digunakan sebagai syarat masuk ke taman.

Baca: Taman Mini Indonesia Indah TMII Tiket & 10 Wahana

Berjalan di Uniknya Infinity Link Bridge

Infinity Link Bridge yang Menyala di Malam Hari
Infinity Link Bridge yang Menyala di Malam Hari. Foto: Gmap/Myra Kelana

Infinity Link Bridge seolah menjadi ikon dari taman ini. Penghubung antara Taman Tebet Utara dan Taman Tebet Selatan. Berupa jembatan dengan dengan tiang-tiang berwarna merah bergradasi. Warna ini disesuaikan dengan pohon leda dan pepohonan lain yang terbelah oleh jembatan.

Meskipun menghubungkan, jembatan ini tak hanya berupa sebuah jembatan lurus. Melainkan meliuk seperti angka delapan, yang membelah pepohonan, seolah jembatan ini bernaung di bawah pepohonan.

Wisatawan dapat berjalan santai di sini, atau jogging di jembatan. Di siang hari, pemandangan merah dan hijau tampak kontras dan serasi. Dan malamnya, pemandangan semakin indah karena di jembatan telah diterangi lampu-lampu hias. Warna merahnya semakin menyala dengan bantuan sinar dari lampu warna-warni.

Baca: TAMAN LEGENDA TMII Tiket & Wahana

Belajar dan Berkumpul di Community Garden

Community Garden
Community Garden. Foto: Gmap/Bintang Akbar Maulana

Community Garden adalah wadah bagi komunitas untuk beraktivitas. Seperti bercocok tanam, berkebun, dan kegiatan edukasi alam lainnya. Sebelumnya tempat ini merupakan taman bibit, yang kemudian dimanfaatkan kembali.

Bertualang di Children Playground

Area Children Playgroand di Tebet Eco Park
Area Children Playgroand. Foto: Gmap/imam fauzie

Wahana bermain anak-anak atau Children Playground di sini memiliki berbagai jenis permainan. Ikon di area ini adalah sebuah buaya raksasa berwarna cokelat. Buaya ini merupakan area bermain yang dapat dimasukin anak-anak. Di bagian gigi buaya, digantikan dengan tali supaya dapat digunakan untuk bermain gantungan.

Ada juga area panjat tebing di bukit buatan. Di mana ada sebuah bukit buatan dengan kemiringan hingga 45 derajat dan alas rerumputan buatan. Di atas rerumputan itu terdapat pijakan-pijakan untuk panjat tebing, serta tambang untuk memanjat. Anak-anak dapat melatih keberanian dan ketangkasan di arena ini.

Tak hanya itu, ada kawasan bukit-bukit kecil yang berfungsi sebagai perosotan. Di area terowongan pun terdapat aktivitas panjat dan merangkak yang seru. Keseluruhan kawasan bermain ini berbalut warna-warna yang ceria. Supaya menambah keseruan anak-anak ketika bermain.

Baca: JAKARTA AQUARIUM Tiket & 9 Atraksi Unik

Berjalan Menyusuri Rawa

Wetland Broadwalk
Wetland Broadwalk. Foto: Gmap/Opal Raufal

Sebuah area unik bernama Wetland Boardwalk atau kawasan rawa. Rawa biasanya identik dengan sesuatu yang menakutkan, buaya, hingga banjir. Namun tidak dengan rawa yang ada di Tebet Eco Park, yang justru menyajikan keindahan tersendiri.

Sebuah kawasan hijau dengan pepohonan, ilalang serta rumput hijau yang subur. Terdapat sebuah jalan setapak di atas rawa-rawa yang lebih mirip dengan jembatan. Alas dari jembatan terbuat dari kayu yang kuat, serta pagar pembatas dari kayu dan besi. Jembatan ini disangga oleh beton yang kuat, sehingga kawasan rawa tidak terganggu.

Fungsi kawasan ini tidak hanya untuk membuat area yang indah dan menarik saja. Area ini juga difungsikan sebagai pengendali banjir dan untuk meningkatkan kualitas air. Melalui tanaman-tanaman yang dapat mendukung pemurnian air. Sehingga air yang keluar dari taman bagian utara adalah air yang bersih.

Baca: ECOPARK ANCOL Tiket & Wahana

Fasilitas Tebet Eco Park

Objek wisata ini telah menyediakan fasilitas umum yang cukup lengkap. Seperti tempat duduk taman, area parkir, toilet, mushola, alat fitness, serta tenant makanan dan minuman. Namun, ada beberapa larangan yang juga diterapkan supaya kawasan taman tetap bersih dan nyaman. Seperti tidak boleh membuang sampah sembarangan, merusak taman, hingga larangan membawa hewan peliharaan.

Lokasi Tebet Eco Park

Taman kota ini berlokasi di Jalan Tebet Barat Raya, RT.1/RW.10, Tebet Barat, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan.

Tanggapan:

4.7 / 5. dari 26

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini