KALIKUNING PARK Tiket Murah Pemandangan Merapi Mei 2024

  • Harga Tiket Masuk Kalikuning Park: Rp12.000
  • Jam Buka: 08.00 - 17.00
  • Nomor Telepon: -
  • Alamat: Jl. Bebeng, Pangukrejo, ngrangkah, RT.01/RW.04, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta , Indonesia, 55583

Kalikuning Park masih satu kawasan dengan tempat wisata Plunyon Kalikuning. Pintu masuknya pun bisa melalui loket yang sama. Tempat wisata yang menawarkan panorama alam hijau yang luas membentang. Dengan suasana yang asri dan masih sangat alami.

Kesejukan udaranya menjadi daya tarik utama. Ditambah dengan pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan. Meskipun beberapa tahun lalu tempat ini sempat terkena dampak erupsi Gunung Merapi. Syukurnya pepohonan yang dulu hangus terbakar awan panas kini sudah kembali menghijau subur.

Harga Tiket Masuk Kalikuning Park

Sebelum masuk ke kawasan Kalikuning Park, pengunjung perlu membayar biaya tiket masuk. Harga tiket tidak terlalu mahal, bisa dibilang terjangkau untuk semua kalangan. Pengunjung bisa berkeliling menikmati alam kawasan Kalikuning seharian penuh sampai puas. Uniknya pengunjung bisa mendapat tiket terusan untuk memasuki Tlogo Muncar Kaliurang dan Plunyon.

Harga Tiket Per Orang
Tiket MasukRp12.000

Jam Buka Kalikuning Park

Area wisata alam ini terbuka untuk wisatawan setiap harinya. Mulai pagi hingga sore hari. Paling ramai kalau sedang hari libur, jumlah pengunjung akan mengalami peningkatan. Namun pada hari-hari biasa tempat ini suasananya cukup tenang dan cocok untuk healing.

Jam Buka
Setiap Hari08.00 – 17.00

Daya Tarik Kalikuning Park

Kalikuning Park yang indah
Suasana di dalam area taman. Foto: google maps/Heru Prabowo

Kawasan Kalikuning Park berada di Taman Nasional Gunung Merapi yang merupakan wisata alam asri. Pesonanya sangat alami membuat pengunjung akan betah berlama-lama. Banyak aktivitas mengasyikkan yang bisa pengunjung lakukan. Mulai dari selfie, trekking, hingga berkemah.

Banyak Spot Foto Menarik

View Gunung Merapi dari Kalikuning Park
Pemandangan Gunung Merapi. Foto: google maps/Auni Syazana

Destinasi wisata ini berada di lereng gunung vulkanik yang paling aktif di Indonesia yaitu Gunung Merapi. Tak heran jika cuaca cerah dan tidak berkabut kegagahan Gunung Merapi terlihat jelas dari sini. Pemandangan Gunung Merapi yang tinggi menjulang berbalut hutan lebat yang masih hijau.

Selain itu, pengelola juga menyediakan banyak spot foto pendukung. Misalnya ada tempat menyerupai panggung kayu di pinggiran tepi tebing untuk berfoto. Ada pula wahana kursi gantung yang bisa pengunjung naiki. Kemudian wahana mirip sangkar burung raksasa dan masih banyak lagi pernak-pernik lainnya.

Baca: Agrowisata Bhumi Merapi Tiket & Aktivitas

Tempat Terbaik Berburu Senja

Pemandangan sunset di Kalikuning Park memang sangatlah indah dan menakjubkan. Saat matahari mulai terbenam, warna langit berubah menjadi gradasi oranye, merah, dan ungu terlihat sangat cantik. Menciptakan suasana yang tenang dan romantis di sekitar taman.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang menakjubkan sambil berjalan-jalan di sekitar taman, duduk di bangku taman, atau piknik bersama keluarga atau teman-teman. Keindahan pemandangan saat senja di Kalikuning Park akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca: Museum Merapi Tiket & Aktivitas

Trekking yang Menyehatkan

Bagi yang gemar berolahraga, bisa menjadikan taman ini sebagai lokasi trekking. Kawasan ini memiliki lahan yang luas untuk dijelajahi. Trekking bisa sambil mengenal lebih jauh kekayaan alamnya. Karena terdapat beraneka flora dan fauna, misalnya tanaman balsem hingga elang Jawa yang dilindungi.

Terdapat jalan setapak yang menghubungkan Kalikuning Park dengan Plunyon di bagian selatan. Lokasinya masih sama-sama di sisi timur Kali Kuning. Pengunjung juga bisa trekking menyusuri sungai yang mengalir di taman ini. Sambil trekking ringan, udara segar yang menyehatkan akan menemani perjalanan.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & Aktivitas

Sumber Mata Air Umbul Lanang dan Umbul Wadon

Sumber mata air
Sumber mata air di Kalikuning Park. Foto: google maps/Elisabeth Murni

Menurun ke area bawah lembah ada sungai kecil. Mata air sungai tersebut dinamakan dan umbul lanang dan umbul wadon. Untuk menyambangi umbul ini pengunjung harus menuruni anak tangga yang agak curam. Airnya sangat menyegarkan dan dingin. Namun umbul lanang wadon ini tidak diperuntukkan untuk pemandian.

Pendopo Joglo

Pendopo joglo semar
Pendopo Joglo Semar. Foto: google maps/Trisno Ary Budi

Di Kalikuning Park terdapat bangunan pendopo yang bentuk bangunannya adalah rumah joglo. Bangunan tersebut merupakan rumah adat khas Jawa Tengah. Pendopo joglo tersebut bisa disewa untuk berbagai kegiatan. Kapasitasnya mampu menampung hingga 50 orang.

Lokasi Bumi Perkemahan

Bumi perkemahan Kalikuning Park
Bumi perkemahan dengan bangunan bergaya tradisional. Foto: google maps/Elisabeth Murni

Memang Kalikuning Park sering kali dipilih menjadi lokasi camping. Lebih seru lagi karena terdapat rumah kayu menyerupai segitiga yang berfungsi sebagai tenda family. Tenda tersebut disewakan untuk publik. Kapasitas per tenda bisa menampung hingga 4 orang.

Terdapat ayunan kayu yang mengelilingi lokasi api unggun perkemahan. Kalau malam hari suasana akan terasa damai sekali sekaligus menyenangkan. Menikmati langit malam bertabur bintang akan menjadikan malam semakin indah.

Lava Tour Merapi

Pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini, bisa seru-seruan merasakan sensasi Lava Tour Merapi. Letaknya dekat dekat Kalikuning Park. Wisatawan akan diajak menaiki mobil jeep menyusuri jalan bebatuan. Menerobos aliran sungai yang membuat wisatawan harus siap basah-basahan. Aktivitas seru ini sangat menantang dan sayang untuk dilewatkan.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia sudah cukup lengkap. Pengelola juga telah menyediakan musala, toilet hingga pendopo. Di samping itu, beberapa bangku taman tersebar agar pengunjung bisa beristirahat dengan nyaman. Tidak perlu takut kelelahan karena ada jasa sewa skuter dan ojek dari penduduk setempat.

Lokasi Kalikuning Park

Wisata ini terletak di Jl. Bebeng, Pangukrejo, ngrangkah, RT.01/RW.04, Palemsari, Umbulharjo. Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Dari kawasan Malioboro Yogyakarta menuju ke lokasi menempuh jarak sekitar 27 kilometer. Dengan waktu tempuh mencapai satu jam berkendara.

Berikan Rating

4.6 - 31 Pembaca

Berikan Nilai

Harga dapat berubah sewaktu-waktu terutama pada saat peak season seperti Hari Raya Lebaran, Musim Liburan serta Natal dan Tahun Baru. Oleh karena itu ada baiknya pembaca langsung menghubungi kontak tempat wisata atau akomodasi terkait. Meskipun begitu kami juga secara berkala melakukan pembaruan harga.
Bagikan konten ke:

Berikan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *