Bukit Klangon Harga Tiket: Jam Buka: Rp5.000 - Rp10.000 No. Telepon: - Alamat: Kalitengah Lor, Glagaharjo,Cangkringan,Sleman Regency,DI Yogyakarta,Indonesia,55583.

Sebagian orang mungkin belum terlalu kenal dengan nama Bukit Klangon atau Klangon Hills. Orang-orang lebih mengenal nama Bukit Indah Glagaharjo, karena berada di Desa Glagaharjo. Dan juga bukit ini menjadi tempat yang lebih sepi dibandingkan dengan Bukit di Kaliurang.

Bukit Klangon merupakan kawasan tertinggi yang dihuni oleh warga. Bahkan dari bukit ini terlihat dengan jelas Gunung Merapi. Dan tentunya, aktivitas Gunung Merapi ketika aktif dapat dipantau.

Harga Tiket Masuk Bukit Klangon

Untuk dapat menikmati kesegaran udara dan indahnya pemandangan, pengunjung akan dikenakan tarif masuk. Begitu juga jika berencana berkemah di sini. Namun tenang saja harga tiket masuknya juga sangat murah.

Harga tiket Bukit Klangon
Tiket MasukRp5.000
Biaya BerkemahRp10.000

Baca: BUKIT BINTANG Yogyakarta Tiket & 4 Daya Tarik

Jam Operasional Bukit Klangon

Kawasan wisata bukit ini tidak memiliki jam operasional. Objek wisata ini selalu buka selama 24 jam. Sehingga, pengunjung dapat menikmati keindahannya di waktu kapanpun.

Jam Buka
Setiap hari24 Jam

Berbagai kegiatan wisata dan olah raga bisa dilakukan di sekitar area bukit. Berikut beberapa diantaranya.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & 8 Aktivitas Seru

Menikmati Keindahan Bukit Klangon

Pemandangan Gunung Merapi dari Bukit Klangon
Pemandangan Gunung Merapi dari sekita kawasan bukit. Foto: Gmap/gunawan Wandho

Bukit Klangon berada di ketinggian kurang lebih 1.100 meter di atas permukaan laut. Kondisi ini menyebabkan daerah bukit ini memiliki udara dingin. Pengunjung harus mengenakan pakaian tebal jika tidak ingin kedinginan.

Tidak hanya sejuk, namun di sini juga pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan. Hamparan perkebunan milik warga dengan tanaman yang subur. Ditambah pepohonan yang tumbuh tanpa ampun, seolah menjadi pagar alam di wilayahnya.

Ditambah lagi, dari sini pengunjung dapat melihat puncak Gunung Merapi yang begitu tinggi. Berdiri kokoh dengan hebatnya. Seolah menjadi penguasa alam paling disegani diantara objek alam lainnya.

Baca: Museum MERAPI Tiket & 6 Aktivitas Pilihan

Objek wisata yang dibuka pada tahun 2011 ini, menawarkan berbagai spot foto indah. Ada gardu pandang setinggi kurang lebih 5 meter. Di sini, pengunjung dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dengan jelas.

Sayangnya, pemandangan akan terhalang kabut ketika waktu sudah menunjukkan siang hari. Padahal, ketika cuaca cerah pengunjung dapat menikmati panorama keindahan Gunung Merapi yang menakjubkan.

Selain itu, ada juga panggung bambu sebagai spot foto. Di sini, bukan panggung bambu yang menjadi spot foto. Melainkan lembah yang ada di belakang, sehingga menciptakan latar belakang yang memukau.

Baca: The LOST WORLD Castle Tiket & 5 Spot Foto Keren

Selain sebagai pemukiman warga dan objek wisata, kawasan bukit juga dijadikan hutan konservasi. Di sini seringkali digunakan untuk kegiatan penelitian. Bahkan, terdapat prasasti Hutan Pendidikan Konservasi Koesnadi Hardjasoemantri (HPKKH).

HPKKH sendiri telah diresmikan oleh Menteri Kehutanan saat itu, yaitu Zulkifli Hasan. Dimana resmi pada 9 Desember 2012. Dan diresmikan juga oleh Ketua Kagama dan Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Bersepeda Downhill

Jalur sepeda downhill
Jalur Sepeda Downhill. Foto: Gmap/bayu_sna

Pengelola kawasan wisata juga menyediakan fasilitas arena downhill. Di sini, pengunjung dapat puas mencoba adu ketangkasan dengan sepeda yang menantang ini. Keadaan tanah yang naik turun, bahkan tak jarang terjal, menjadi tantangan tersendiri.

Baca: PULE PAYUNG Tiket & 8 Spot Foto Asik

Di beberapa tempat, lintasan sepeda menjadi lebih menukik dan tajam. Adrenalin sangat terpacu di sini.

Bahkan, seringkali diadakan even bersepeda dari Jogja menuju Bukit Klangon. Tentu pesertanya adalah mereka yang hobi dan gemar dengan sepeda downhill.

Mendaki Bukit dan Trekking

Bukit Klangon Sleman
Bukit Klangon Sleman. Foto: Gmap/Wildan Mb

Untuk menuju ke puncak bukit, pengunjung juga harus mendaki. Namun tenang, mendaki di sini tidak perlu bermalam, karena dapat ditempuh secara singkat. Bahkan, anak – anak pun dapat mencoba mendaki di bukit ini.

Beberapa satwa langka hidup di kawasan hutan konservasi sekiatar area bukit. Satwa seperti Seperti burung kepodang, burung alap – alap Jawa, serta burung madu gunung. Ditambah lagi hewan seperti musang dan monyet.

Acara mendaki akan semakin asyik, apalagi pengunjung ditemani dengan musik khas hutan. Yaitu suara – suara burung serta serangga yang bersahutan.

Baca: Taman Tebing BREKSI Tiket & 4 Aktivitas Top

Sambil mendaki, pengunjung juga dapat melihat Gunung Merapi. Bahkan saat aktif, erupsi dan aktivitas Gunung Merapi dapat dipantau jelas dari sini. Jarak Bukit Klangon dari Gunung Merapi hanya 4 -5 kilometer saja.

Berkemah / Camping di Bukit Klangon

Berkemah di Bukit Klangon
Berkemah / camping menikmati malam di area sekitar bukit. Foto: Gmap/Nurul Hakiki

Tidak hanya mendaki, pengunjung yang senang dengan aktivitas alam, dapat mencoba berkemah atau camping di Bukit Klangon. Di sini, terdapat area landai yang digunakan sebagai lokasi kemah. Merasakan sensasi berkemah di atas bukit dengan pemandangan Gunung Merapi.

Pengunjung harus mengunjungi pengelola terlebih dahulu. Ditambah lagi membayar biaya Rp10.000 untuk berkemah.

Lokasi Bukit Klangon

Kawasan wisata bukit ini berlokasi di Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here