Pemandangan di Punthuk Setumbu
Pemandangan Matahari Terbit di Punthuk Setumbu. Foto: Gmap/Sandra Marpaung

Magelang memiliki alam yang indah, daerahnya pun sejuk dan dikelilingi pegunungan. Seperti Punthuk Setumbu Magelang, wisata alam yang sangat indah di Magelang. Tidak salah kawasan perbukitan ini menjadi tujuan wisata utama bagi yang ingin menikmati indahnya matahari terbit.

Punthuk Setumbu berada di gugusan Bukit Menoreh. Memiliki ketinggian kurang lebih 1.300 meter di atas permukaan laut. Inilah mengapa tempat ini sering menjadi spot terbaik untuk berfoto dengan matahari terbit.

Harga Tiket Masuk Punthuk Setumbu

Untuk dapat menyaksikan keindahan pemandangan di Punthuk Setumbu, wisatawan dikenakan biaya tiket masuk. Namun, biaya tiket masuk ini tidaklah mahal. Seperti yang tertera pada tabel di bawah ini:

Harga Tiket Masuk
Wisatawan Domestik Rp15.000
Wisatawan Mancanegara Rp30.000

Baca: Agrowisata BHUMI MERAPI Tiket & 4 Aktivitas Seru

Jam Operasional Punthuk Setumbu

Wisatawan dapat berkunjung setiap hari tempat wisata ini dengan waktu berbeda. Di hari Senin sampai Jumat, buka mulai pukul 04.00 – 17.00 WIB. Sementara untuk Sabtu dan Minggu, buka selama 24 jam penuh.

Jam Buka
Senin – Jumat 04.00 – 17.00 WIB
Sabtu – Minggu 24 Jam

Sejarah Punthuk Setumbu

Awalnya, Punthuk Setumbu hanyalah perbukitan biasa yang berisi ladang milik warga sekitar. Namun, karena seorang fotografer mengabadikan area ini dan mengunggahnya, mulailah tempat init terkenal. Foto hasil jepretan tersebut merupakan foto Candi Borobudur dengan latar matahari terbit.

Karena keindahannya, mulailah beberapa orang datang ke kawasan perbukitan ini. Semakin hari, kawasan perbukitan ini semakin ramai oleh pengunjung. Dan hingga saat ini dibuka untuk umum sebagai objek wisata.

Baca: PULE PAYUNG Tiket & 8 Spot Foto Asik

1. Punthuk Setumbu Sunrise

Pemandangan di Punthuk Setumbu
Pemandangan Matahari Terbit di Punthuk Setumbu. Foto: Gmap/Sandra Marpaung

Tujuan utama wisatawan datang ke Punthuk Setumbu adalah untuk mengambil foto. Tak heran, mereka rela datang di pagi buta supaya tidak terlewat momen bahagia tersebut.

Banyak wisatawan yang datang sebelum pukul 5 pagi. Biasanya, mendekati waktu matahari terbit, bukit akan ramai oleh wisatawan.

Saat matahari terbit (sunrise), warna langit menjadi oranye dan menyebar ke segala penjuru. Menerangi alam dan pepohonan di hadapannya. Serta menyapu kabut yang telah menyelimuti sejak malam.

Baca: Taman Tebing BREKSI Tiket & 4 Aktivitas Pilihan

2. Objek Fotografi Candi Borobudur

candi borobudur punthuk setumbu
Dari Punthuk Setumbu wisatawan bisa melihat Candi Borobudur dari kejauhan. foto: google maps/Eka Risty Sembiring

Di timur bukit, pengunjung dapat melihat pucuk Candi Borobudur yang mulai terlihat. Pucuknya seolah membelah kabut dan menyambut datangnya sinar mentari. Pemandangan seperti ini memang tidak boleh terlewatkan.

Perpaduan antara kabut, Candi Borobudur, dan rona oranye dari matahari sangatlah indah. Jika ingin mengabadikan foto, sebaiknya gunakan tripod supaya hasil lebih bagus dan tidak goyang.

Baca: World Landmarks Merapi Park Tiket & 8 Spot Foto Keren

3. Menikmati Kesejukan Udara

Berada di ketinggian 1.300 mdpl menjadikan Punthuk Setumbu berudara sejuk. Pengunjung akan merasa damai dan tenteram dengan suasana ini.

Tidak ada suara bising kendaraan bermotor. Yang ada hanyalah suara alam yang menyapa. Suara burung dan serangga liar, menjadi melodi indah di tempat berpemandangan indah ini.

Bagi yang tidak tahan dingin, bisa mempersiapkan diri dengan mengenakan jaket tebal. Karena di pagi hari, suhu bisa menjadi sangat dingin. Oleh karena itu, persiapkan diri supaya tidak kedinginan.

4. Petualangan Mendaki Bukit

spot foto di ketinggian bukit
Salah satu spot foto yang memang sengaja disediakan pengelola agar pengunjung bisa mendapatkan foto terbaik. Foto: Google maps/Veronika Desi

Tidak hanya mempersiapkan pakaian tebal, pengunjung juga harus mempersiapkan fisik yang kuat. Karena, untuk mencapai puncak harus melewati jalur trekking. Memang tidak terlalu sulit, namun tetap harus berhati – hati.

Jarak yang dapat ditempuh selama kurang lebih 15 menit ini berupa tanjakan. Tanjakannya pun berupa tanah yang menanjak. Oleh karena itu, gunakan alas kaki anti selip supaya tidak tergelincir.

Baca: Candi PRAMBANAN Tiket & 8 Aktivitas Top

Disarankan, untuk datang di saat musim kemarau. Karena di musim hujan, jalur trekking bisa sangat licin dan berbahaya.

5. Berkemah di Punthuk Setumbu

berkemah di Punthuk Setumbu
Pengunjung yang ingin bermalam juga bisa berkemah di area wisata ini. Foto: Gmap/Apri Yanto

Akhir pekan adalah waktu yang tepat bagi yang ingin bermalam di area wisata ini. Di sini, tersedia arena berkemah yang sudah tertata rapi. Bahkan, arenanya tidak berada jauh dari spot melihat matahari terbit.

Jika berkemah, tentu tidak akan tertinggal fenomena terbitnya matahari dari balik perbukitan. Lama waktu matahari mulai keluar dari peraduan hingga terang cukup singkat. Hanya sekitar 30 menit saja, jadi persiapkan kamera sebelum waktu matahari terbit.

Sambil menikmati pemandangan indah ada kegiatan lain selain berfoto. Menikmati minuman hangat sembari menyaksikan matahari terbit tidak kalah asyiknya.

Lokasi Punthuk Setumbu

Lokasi wisata alam ini berada di Jalan Borobudur Ngadiharjo KM.4, Kurahan, Karangrejo, Borobudur, Magelang.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,66 / 38 pembaca