Puncak Mustika Manik
Puncak Mustika Manik

Menikmati lanskap alam dari ketinggian memang sangat menggoda. Dengan kreatifitas, saat ini justru menjamur atraksi wisata ketinggian yang dikreasikan dengan gardu pandang. Ada yang berbentuk sangkar burung, telapak tangan, rumah pohon, hingga ayunan. Tak mau ketinggalan, kawasan Puncak Bogor juga memiliki atraksi wisata ini di Puncak Mustika Manik.

Berlokasi berada persis di ujung tebing, menjadikan pemandangannya sangat leluasa dilihat. Hasil fotopun menjadi jauh lebih cantik bahkan bisa terlihat ekstrem jika dengan pengambilan sudut yang tepat. Berada di ketinggian 897 mdpl, pemandangan yang tersuguh didominasi alam perbukitan hijau khas bumi Pasundan.

Harga Tiket Masuk Puncak Mustika Manik

Untuk bisa menikmati pemandangan di kawasan Puncak Mustika Manik pengunjung akan dikenakan biaya tiket. Harga tiket masuk Puncak Mustika Manik cukup murah hanya Rp15.000 per orang sudah termasuk berbagai wahana.

Harga Tiket Masuk Puncak Mustika Manik
Tiket Masuk Kawasan — MotorRp15.000
Tiket Masuk Kawasan — MobilRp30.000
Tiket Masuk Puncak MustikaRp15.000 / orang
Gantole / Sepeda GantungRp10.000 / orang

Harga tiket sudah termasuk menggunakan berbagai wahana yang tersedia kecuali gantole dan sepeda gantung.

Baca: DEVOYAGE BOGOR Tiket, Wahana, Rute & Lokasi

Jam Buka Puncak Mustika Manik

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke tempat ini bisa datang mulai pagi hari. Puncak Mustika sudah dibuka mulai pukul 08.30 pagi.

Jam Buka Puncak Mustika Manik
Setiap Hari08.30 – 17.30 WIB

Berbagai aktivitas bisa dilakukan terutama spot foto yang unik dan ekstrem. Berikut beberapa diantaranya:

wahana saung terbang puncak mustika manik
Puncak Mustika Manik tempat wisata di bogor yang menawarkan pemandangan hijau di ketinggian. foto: Asstry 06_

Spot Foto Tematik

Wisata Puncak Mustika Manik memiliki beberapa gardu pandang dengan tema atau bentuk yang berbeda-beda. Bentuk-bentuknya juga terus dikembangkan sehingga jika pengunjung datang di waktu lain, bisa saja sudah ada bentuk baru yang dibuat. Berikut beberapa spot foto tematik yang ada di Puncak Mustika Manik Bogor.

Beranda Panorama

Berupa susunan bambu yang dibuat seperti beranda kecil, bisa dikatakan ini menjadi bentukan paling klasik dan sederhana. Pengunjung cukup duduk dengan kaki diayunkan ke bawah atau dengan posisi santai, hasil fotopun sudah akan cantik didapat.

Baca: TAMAN BUNGA NUSANTARA Tiket, Fasilitas & Rute

Tepas Panembongan

Bentukan umumnya sama seperti beranda panorama namun di Tepas Panembongan diberi ornamen berupa tenda kemah. Di set di atas pepohonan, nuansa bak berkemah di rumah pohon adalah tema yang hendak dihadirkan.

foto ekstrem puncak mustika
Foto dengan latar ekstrem bisa didapat dengan mudah di Puncak Mustika Manik. foto: Asstry 06_

Saung Layang

Seperti namanya spot ini berbentuk seperti saung dengan kursi kayu panjang yang saling berhadapan. Dibagian tengah terdapat sebuah meja bundar kecil dan ornamen cangkir sebagai pelengkapnya. Bagian atap yang disanggah kayu berupa susunan daun kering. Berpose di spot ini memang akan memberi keunikan karena seolah tengah berada di saung yang melayang di alam terbuka.

Ayunan

Bisa dikatakan menjadi spot favorit, Ayunan yang seolah melayang bebas ini memang sangat menarik dan cukup ekstrem. Ayunan berupa kursi kayu panjang ini disanggah tali panjang yang diikat pada pohon. Bisa dinaiki maksimal 2 orang, pengunjung tak perlu khawatir terjatuh karena ada pengaman tali yang dibentangkan di kedua sisi ayunan untuk menjaga tubuh agar tidak terperosok.

Baca: KEBUN RAYA Bogor Wisata Botani Tiket Rp16k

Enggon Ratu Manik

Seperti beranda, spot ini dihiasi dengan karya seni dari ranting yang dililit dan dibentuk pola hati atau love. Dilengkapi dengan kursi kayu, pengunjung yang duduk ibarat tengah duduk di singgasana ratu. Uniknya tentu saja karena berlatarkan alam perbukitan hijau.

saung layang puncak mustika manik
Foto di saung love seolah melayang di ketinggian perbukitan. foto: Nadia Maulida

Saung Manuk

Diletakkan di tengah batang pohon, saung manuk berbentuk setengah bola. Dibuat dari lilitan ranting dan dedaunan kering, spot bernama Saung Manuk ini ibarat rumah pohon.

Lawang Satawang

Bagai jendela alam, spot satu ini terbilang cukup uniik. Dibuat dari kayu, bambu, dan ranting, pengunjung bisa berpose santai dengan latar pemandangan alam dan bingai ranting pepohonan.

Saung Love

Bentuk Hati yang terpanah menjadi objek yang disajikan. Pengunjung cukup bergaya di samping atau depan bentuk love ini sembari menikmati pemandangan alam disekitarnya.

Ayunan gantung puncak mustika
Ayunan gantung Puncak Mustika Manik. foto: Siska Puspita

Sepeda Gantung

Tergolong baru dan paling digemari, spot foto ini memang sangat menarik. Bagaimana tidak, pengunjung akan diajak naik sepeda yang hanya berjalurkan seutas tali.

Wahana ini tentunya dengan pengamanan ekstra karena ada safety belt yang terkait ke tali penyangga sepeda. Bak bersepeda melayang di udara, wahana ini memang cukup ekstrem dan butuh keberanian untuk mencobanya.

Baca: Promo Hotel Bogor & Puncak Diskon Hingga 30%

Sapu Terbang

Berbentuk sapu nenek sihir di dongeng-dongeng, spot ini memang akan mengajak pengunjung seolah terbang menggunakan sapu terbang. Dengan pengambilan sisi yang tepat, hasil fotopun akan semakin terlihat nyata.

sepeda gantung
Wahana sepeda gantung dilintasan seutas tali. foto: Melly az Zahra

Tips Wisata

Karena merupakan objek wisata kekinian yang masih ramai kunjungan wisatawan, ada baiknya menyiapkan waktu lebih jika ingin berfoto di semua spot. Apalagi saat akhir pekan, objek wisata ini terbilang sangat ramai. Untuk berfoto, pengunjung harus bersabar antre beberapa menit.

Bagi wisatawan dari luar Bogor juga sebaiknya memperhitungkan waktu dengan baik, karena untuk menuju lokasi ini setidaknya memakan waktu sekitar 2 jam dari pusat Kota Bogor. Apalagi jika naik angkutan umum atau angkot, maka perjalanan akan lebih lama lagi.

Lokasi & Alamat Puncak Mustika Manik

Lokasi Puncak Mustika Manik berada di Jalan Gunung Picung, Gunung sari, Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,31/13 Pembaca
Loading...