rumah adat tradisional sunda di kampung budaya sindang barang
Rumah adat sunda menjadi salah satu atraksi wisata yang ditawarkan Kampung Sindang Barang. foto: googlemap/Mirhan Fauzi

Wisata di Bogor tak hanya tentang Puncak atau Kebun Raya. Di Kota Hujan tersebut juga ada wisata budaya yang tak kalah menarik dan seru yaitu Kampung Budaya Sindang Barang. Destinasi ini adalah suatu kawasan permukiman adat yang dipercaya sebagai kampung tertua di wilayah Bogor.

Bahkan menurut pantun setempat, Kampung Sindang Barang sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda sekitar abad ke 12. Di kampung ini juga dipercaya terdapat kerajaan bernama Sindangbarang dengan ibukota Kutabarang. Disana pula, kebudayaan Sunda Bogor bermula dan berkembang seperti budaya Upacara Adat Serem Taun.

Harga Tiket Masuk Kampung Wisata Sindang Barang

Berekreasi dan mengenal kehidupan tradisional di Kampung Sindang Barang pengunjung pengunjung akan dikenakan biaya tiket yang relatif murah. Harga Tiket Masuk Kampung Budaya Sindang Barang ditawarkan mulai dari Rp25.000.

Harga Tiket Masuk Kampung Budaya Sindang Barang
Hari Biasa Rp25.000
Akhir Pekan Rp35.000
Paket Kegiatan Rp150.000 – Rp350.000

Untuk paket kegiatan wisata di Sindang Barang biasanya dibuka untuk kelompok dengan minimal peserta.

Baca: Taman Budaya Sentul Tiket & 10 Aktivitas Outbond

Jam Buka

Desa wisata budaya ini dibuka setiap hari mulai pagi hari sampai sore hari. Pengunjung bisa datang ke Kampung Budaya Sindang Barang mulai pukul 09.00 pagi.

Jam Buka Kampung Budaya Sindang Barang
Setiap Hari 09.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Wisata & Aktivitas di Kampung Budaya Sindang Barang

Berada di lokasi yang dikelilingi alam yang masih hijau asri, desa wisata ini menyajikan banyak daya tarik mulai benda-benda tradisional hingga atraksi budaya. Berikut beberapa diantaranya:

1. Rumah Adat Kampung Budaya Sindang Barang

rumah adat tradisional sunda di kampung budaya sindang barang
Rumah adat sunda menjadi salah satu atraksi wisata yang ditawarkan Kampung Sindang Barang. foto: googlemap/Mirhan Fauzi

Hal pertama yang akan langsung menarik perhatian ketika berada di desa wisata ini adalah jajaran rumah adatnya yang sangat khas. Lokasi ini ibarat ikon yang wajib dikunjungi bagi wisatawan yang datang ke kampung ini.

Bagian awal yang akan dijumpai adalah rumah besar yang biasa digunakan untuk tempat berkumpul dan bermusyawarah warga. Rumah tersebut dinamai Imah Gede. Di bagian lain, ada rumah-rumah lain yang lebih kecil yang digunakan sebagai tempat menyimpan hasil panen atau lumbung padi milik warga setempat. Di tempat yang sama, ada juga rumah yang digunakan untuk menginap para tamu kehormatan yang datang.

2. Sanggar Seni dan Kegiatan Budaya

pementasan tarian sunda jaipong
Pertunjukan seni dan budaya sunda juga sering dilangsungkan di tempat wisata ini. foto: googlemap/hasan sadiq

Terdapat pula bangunan yang menyediakan berbagai peralatan musik, tari, hingga permainan tradisional. Disini pengunjung bisa belajar menari atau bermain gamelan, angklung, dan alat musik tradisional yang dipandu langsung oleh gurunya. Pada waktu-waktu khusus juga diadakan pementasan seni seperti Jaipongan yang siap menghibur pengunjung.

Selain kegiatan seni, ada juga praktek kegiatan kebudayaan warga seperti Numbuk Padi, Nandur, hingga memandikan Kerbau. Tak ketinggalan, pengunjung yang datang rombongan juga bisa mengikuti permainan tradisional. Alat dan perlengakapan lain sudah disiapkan termasuk pemandu yang akan mengajarkan dan menjelaskan cara bermainnya. Kegiatan atraktif ini biasanya dilakukan jika pengunjung memesan paket wisata khusus.

3. Trekking Wisata Purbakala

Di kawasan Kampung wisata ini juga terdapat situs purbakala. Tercatat terdapat lebih dari 90 titik sebaran situs purbakala dan 33 buah diantaranya berupa bukit berundak peninggalan kerajaan Padjadjaran sebagai sarana ibadah agama Sunda zaman dahulu. Situs-situs yang ada seperti Batu Menhir, Batu Kursi, Batu Dakon, dan Batu Tapak.

pertunjukkan seni bermain angklung
Pertunjukan seni dengan alat musik sunda juga sering dipentaskan di kampung budaya sindang barang. foto: googlemap/Mega Trinanda

4. Pijat Tradisional Kampung Budaya Sindang Barang

Lelah berkeliling dan ingin bersantai? Tak ada salahnya mencoba bentuk pengobatan tradisional berupa jasa pijat. Meskipun tampak sederhana, tapi biasanya setiap daerah memiliki metode khusus dalam memijat sehingga akan terasa perbedaannya.

Baca: DEVOYAGE BOGOR Tiket, Wahana, Rute & Lokasi

5.  Perpustakaan

Sebuah perpustakaan dengan koleksi ratusan buku juga dimiliki desa wisata ini. Buku-buku yang ada tentu berkaitan dengan budaya, sejarah, dan sastra sunda.

6. Kegiatan Rafting

Jika pengunjung ingin berkativitas lebih jauh, bisa memilih paket wisata rafting. Atraksi ini akan mengajak pengunjung menjelajah Sungai Ciberang dan ditemani oleh instruktur profesional.

Fasilitas Pendukung Kampung Budaya Sindang Barang

interior penginapan kampung budaya sindang barang
Di kampung budaya Sindang barang juga disediakan penginapan bagi pengunjung yang ingin lebih merasakan suasana kampung tradisional sunda. foto:  googlemap/dian Olly

Menginap di Kampung Budaya ini adalah pilihan tepat untuk merasakan langsung sensasi kehidupan tradisional. Disini tersedia berbagai pilihan penginapan dengan bentuk rumah adat, seperti Rumah Panengen dan Pangiwa. Terdapat 7 rumah dengan masing-masing dua kamar tidur yang dilengkapi fasilitas memadai.

Karena merupakan kampung budaya maka fasilitas standar lain juga mengikuti layaknya sebuah kampung. Termasuk untuk urusan makan yang sudah termasuk dalam paket untuk pilihan paket wisata. Sebagai buah tangan, pengunjung bisa membelinya di toko souvenir yang ada di dalam kawasan.

Baca: PUNCAK MUSTIKA MANIK Bogor Tiket & 10 Aktivitas

Angkutan Umum Ke Kampung Budaya Sindang Barang

Ada beberapa moda transportasi yang bisa dipilih. Salah satunya menggunakan angkutan umum 03 Ciapus jurusan SBR (Sindang Barang Raya). Sebelum naik ada baiknya dipastikan dulu ke supir untuk sampai ke lokasi karena jarang angkutan mau sampai ke lokasi. Pilihan lain yang lebih mudah bisa menggunakan Gojek atau grab dari stasiun bogor kurang lebih berjarak 11 Km.

Lokasi Kampung Sindang Barang

Desa wisata budaya ini sangat layak dijadikan pilihan tujuan rekreasi. Selain bisa menambah pengetahuan dan kecintaan akan budaya, juga karena secara lokasi sangat mudah dijangkau. Hanya sekitar 5 km dari Kota Bogor. Lokasi persisnya berada di Jalan Endang Sumawijaya RT 02, Desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Sindang Barang, Kabupaten Bogor.

Perhatian: Harga Tiket Bisa mengalami perubahan sewaktu-waktu. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,33 / 9 pembaca