Beranda Tiket Wisata

Kawah Darajat Garut Eksotisme Memesona - Juni 2021

Kawah Darajat Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Padaawas, Sarimukti, Pasirwangi, Garut, Jawa Barat, Indonesia, 44161.

Di Kawah Darajat, wisatawan akan melihat sendiri sumber mata air alami yang dipanaskan langsung dari dalam perut bumi. Kawah yang masih sangat terjaga alamnya ini seringkali dijadikan tujuan bagi para pecinta touring maupun fotografi. Kabarnya air panas yang berada di daerah Cipanas yang berarti ‘air panas’ berasal dari kawah ini.

Tiket Masuk

Sebagai tempat wisata alami yang belum dikelola pemerintah, Kawah Darajat bisa dikunjungi secara gratis. Pengunjung tidak perlu membayar sepeser pun karena tidak ada tiket resmi yang berlaku. Harap berhati-hati terhadap pungutan liar hingga mencapai ratusan ribu rupiah yang diminta bahkan hanya untuk sekadar bertanya arah jalan.

Harga Tiket Masuk
Tiket MasukGratis

Baca: 6+ Tempat Wisata di Garut Pilihan

Jam Operasional

Kawah Darajat tidak memiliki jam operasional resmi. Kawasan ini bisa dikunjungi setiap hari dalam jam yang tidak terbatas. Namun, sebagai kawasan yang dilingkupi uap dengan kandungan gas beracun, tidak disarankan untuk berlama-lama di sekitar kawah karena berbahaya bagi kesehatan.

Jam Buka
Setiap Hari24 Jam

Kawah Alami Darajat

Salah satu kawah terbesar di sini
Terdapat empat kawah yang bisa dilihat oleh pengunjung dalam jarak tertentu – Foto: Google Maps/Sarah Thania Ginting

Kawah Darajat termasuk dalam kawasan pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP). Lokasinya berjarak sekitar 25 km dari pusat Kota Garut. Karena merupakan area yang penting, pengunjung tidak boleh sembarangan berperilaku dan wajib mematuhi aturan yang ada. Namun, pengunjung tetap diberi kebebasan untuk menikmati pemandangan alam hingga mendekati kawah secara langsung.

Pemandangan Alam

Pemandangan hijau sekitar kawah darajat
Pemandangan pepohonan hijau dengan tanah yang cokelat kekuningan siap menyambut wisatawan. Foto: Google Maps/Harry Maulana

Seperti telah diketahui, Kawah Darajat merupakah bagian dari kawasan pembangkit listrik tenaga panas bumi. Rute menuju kawah yang berada di ketinggian 1920 meter di atas permukaan laut ini dihiasi oleh perkebunan warga dan hutan. Suasananya dilengkapi udara dingin dan sejuk serta bau belerang yang terselip di antara embusan angin.

Sesampainya di lokasi, bau gas bercampur belerang akan semakin tercium, pertanda kawah sudah dekat. Suhu udara akan terasa semakin turun, jadi jangan lupa menggunakan jaket atau pakaian hangat lainnya. Pengunjung akan memasuki gerbang sempit dengan tulisan ‘Kawah Darajat’. Dari sini, pengunjung masih harus berjalan kaki menyusuri sedikit jalan setapak.

Baca: Talaga Bodas Garut Tiket & Aktivitas

Terdapat empat kawah aktif di area wisata Kawah Darajat. Kawah-kawah ini dilingkupi bukit hijau dan dilindungi pagar pembatas. Kandungan belerang membuat tanah di sekitarnya menjadi berwarna putih kekuningan. Uap-uap panas yang mengepul dari kawah menambah eksotisme kawah yang masih alami ini.

Lokasi Foto Unik

Berfoto dengan latar belakang uap kawah
Salah satu hal yang diminati pengunjung yang datang ke kawah darajat adalah mengambil foto dengan latar uap dari kawah. Foto: Google Maps/dilla 35

Kawah Darajat memiliki empat kawah yang bisa dilihat langsung. Terdapat dua kawah terbesar di sini yang dilindungi pagar pembatas. Kawah-kawah ini mengepulkan uap secara terus-menerus. Banyak pengunjung yang sengaja berpose dengan uap kawah sebagai latarnya untuk menghasilkan foto yang menarik.

Kawasan Darajat menyimpan tenaga panas bumi yang sangat besar. Potensi ini dimanfaatkan sebagai energi untuk pembangkit listrik tenaga panas bumi atau PLTP. Kawasan Darajat berada di bawah pengawasan PT Chevron Texaco yang bekerja sama dengan Pertamina. Listrik yang dihasilkan dari Darajat bisa memasok kebutuhan listrik Pulau Jawa dan Bali.

Baca: DARAJAT PASS Garut Tiket & Aktivitas

Sebagai kawasan pembangkit listrik, jangan heran jika terdapat pipa saluran besar di pinggir jalan menuju kawah ini. Pipa-pipa tersebut membawa panas bumi untuk diolah menjadi listrik. Bagi penggemar fotografi, pemandangan pipa-pipa ini kadang tidak kalah menarik dari pemandangan alam sebagai objek foto. Pengunjung boleh saja berfoto dengan latar pipa saluran ini, namun tidak dalam jarak yang terlalu dekat.

Mata Air Mendidih

Kawah yang mengepulkan asap
Tanah di sekitar Kawah Darajat tampak kekuningan karena kandungan belerang – Foto: Google Maps/Raihan Fuadi

Kawah Darajat menampung air dari mata air yang dipanaskan langsung oleh panas bumi. Air ini mengandung belerang yang baik untuk kesehatan kulit. Namun, pengunjung tidak diperbolehkan memegang airnya langsung, karena bisa membuat kulit melepuh.

Pengunjung hanya boleh melihat kawah dari jarak tertentu di luar pagar. Waktu berkunjung pun dibatasi hanya tiga puluh menit, karena area ini mengandung gas beracun yang berbahaya jika dihirup terlalu lama. Pengunjung juga harus berhati-hati dalam melangkah karena tanah di sekitar kawah cenderung rapuh. Jika terpeleset, salah-salah bisa tercebur ke dalam kawah yang mendidih!

Baca: Sabda Alam Garut Tiket & Aktivitas

Kawah ini airnya tidak boleh dipegang, apalagi digunakan sebagai tempat berendam atau berenang. Jika ingin merasakan manfaat air panas Darajat, kunjungi kawasan wisata air panas yang ada di sekitar Kawah Darajat. Beberapa di antaranya adalah Darajat Pass dan Puncak Darajat Resort.

Fasilitas Kawah Darajat

Kawah Darajat merupakan tempat wisata yang dikelola secara swadaya oleh warga sekitar. Pengelolaannya belum terlalu maksimal sehingga fasilitas yang tersedia pun masih sangat minim. Namun, sudah tersedia lahan parkir luas yang dilengkapi toilet dan mushola.

Ada juga kios makanan yang dibuka ketika akhir pekan di sekitar gerbang masuk. Karena fasilitas yang masih minim serta bahaya gas beracun, Kawah Darajat tidak disarankan untuk pengunjung anak-anak maupun lansia.

Lokasi Kawah Darajat

Objek wisata ini terletak di Jalan Puncak Darajat, Desa Padawaas, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat. Lokasinya kira-kira 25 kilometer dari Kota Garut di ketinggian 1920 meter di atas permukaan laut. Rutenya bisa dicapai menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 2 Pembaca