Nama Sikidang diambil dari kata “Kidang/Kijang” yang berarti hewan yang sering melompat-lompat. Nama ini mewakili karakter Kawah Sikidang sendiri dimana tiap tahunnya selalu berpindah tempat. Walau dikategorikan kawah aktif, tempat ini aman dikunjungi. Berbeda dengan kawah pada umumnya, Kawah ini terletak di daratan yang cukup datar.

Lokasi kawah ini cukup mudah dijangkau. Di sini pengunjung dapat melihat aktivitas vulkanik. Semburan lumpur dan asap dari dasar kawah besar dan banyak kawah kecil lainnya. Kalau kesini, jangan lupa pakai masker karena bau asap terkadang cukup menyengat.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang

Untuk masuk ke kawasan Kawah tidak perlu membayar mahal. Tiap orang hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000. Harga yang dibayarkan untuk tiket ini sudah termasuk dengan tiket mengunjungi Komplek Candi Arjuna.

Harga Tiket Masuk Kawah Sikidang Dieng
Tiket MasukRp15.000

Harga tiket sudah termasuk Kawah Sikidang Dieng& Candi Arjuna.

Baca: Bukit Sikunir Dieng Tiket & 3 Aktivitas Alam Top

Jam Buka Kawah Sikidang

Wisatawan bisa datang ke area wisata ini setiap hari, kawasan kawah dibuka setiap hari. Sedangkan jam bukanya mulai dari pagi sampai sore hari.

Jam Buka
Setiap Hari07.00 – 17.00 WIB

Daya Tarik Wisata Kawah Sikidang

Dengan harga tiket yang murah serta tempat yang cukup luas, Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas yang menarik dan tergolong unik di area wisata yang satu ini. Berikut beberpaa aktivitas yang dapat dilakukan ketika berkunjung ke Kawah Sikidang.

1. Wisata Fotografi Keelokan Kawah Sikidang

keindahan area kawah sikidang dieng
Keindahan alam kawah Sikidang tidak jarang menjadi obyek fotografi menawan. Foto: Google Maps/abdul jalil

Saat ini wisata dan fotografi tidak bisa dipisahkan. Begitu juga di lokasi Kawah Sikidang, banyak wisatawan melakukan kegiatan fotografi di area ini. Terlebih pengelola disini memfasilitasi wisatawan dengan bermacam-macam fasilitas yang membuat pengunjung semakin betah.

Walau beberapa spot foto dipungut biaya, hal ini tidak mengurangi antusias wisatawan. Biaya yang dikeluarkan juga tidaklah mahal mulai dari Rp3.000an sampai belasan ribu saja. Atribut foto yang ditawarkan mulai dari latar foto, hingga pose bersama hewan seperti kuda ataupun burung hantu.

2. Merebus Telur dengan Air Kawah

merebus telur di kawah sikidang
Salah satu aktivitas yang unik di sini adalah pengunjung bisa merebus telur dari uap kawah. Foto: Google Maps/Anggie Ferdiany

Di Kawah Sikidang wisatawan dapat melihat kolam lumpur yang meletup-letup. Hal ini merupakan daya tarik utama ketika berkunjung kesini. Saking panasnya di area kolam ini pengunjung dapat merebus telur. Jika ingin mencobanya bisa membawa telur sendiri atau membeli dari pedagang sekitar.

Cara memasak telur ini cukup mudah, pengunjung cukup masukkan telur ke plastik, kemudian ikat pada sebuah batang kayu sebagai kail. Kemudian rendam di kawah selama lima menit atau hingga kematangan telur yang diinginkan. Walaupun hanya menyantap telur rebus tapi jika memakannya dalam kondisi hawa dingin udara Dieng, pasti terasa lebih sedap.

Baca: BATU PANDANG Ratapan Angin Dieng Tiket & Aktivitas Wisata Pilihan

3. Uji adrenaline dengan menyewa motor trail

olah raga off-road motor trail kawah sikidang
Ingin aktivitas yang lebih ektrem, wisatawan bisa menyewa trail di sini. Foto: Google Maps/ulan Af

Kontur jalan di dalam lokasi yang berpasir dan tidak rata, cocok untuk melakukan kegiatan offroad. Pengunjung tentu tidak harus selalu membawa motor trail dari rumah untuk merasakan uji adrenalin di kawasan Kawah ini. Terdapat penyewaan motor trail di sekitar area kawah.

Penyewaan motor trail di dalam pun masih terhitung murah. Pengunjung hanya perlu mengeluarkan biaya Rp50.000 untuk 30 menit penyewaan motor trail ini. Tentu harga tersebut tak seberapa jika dibandingkan dengan pengalaman off-road yang didapat.

4. Bermain Flying-Fox

permainan flying fox
Kegiatan flying fox yang cukup ekstrem bisa dimainkan di Kawah Sikidang. Foto: Google Maps/arief rachman

Kegiatan lain yang cukup menantang di kawasan wisata ini adalah bermain Flying-fox. Jalur lintasan yang cukup panjang menggantung diatas sekitar kawasan kawah. Pengunjung yang mencoba wahana ini bisa melihat kawah dari ketinggian.

Permainan ini bisa dicoba anak-anak maupun dewasa. Tidak perlu khawatir dari segi keamanan, pemandu akan siap membantu dan menyiapkan alat pengaman diri.

6. Berbelanja Souvenir Khas Dieng

Selain aktivitas alam, membeli oleh-oleh khas Dieng juga tidak kalah serunya. Di sekitar area Kawah terdapat bayak kios yang menjajakan berbagai souvenir khas. Oleh-oleh yang bisa dibeli di sini antara lain: manisan buah circa, kacang dieng, keripik jamur, dan masih banyak lagi.

Lokasi Kawah Sikidang

Punya rencana ke berkunjung ke sini, kawasan wisata ini berlokasi di dataran tinggi dieng. Tepatnya berada di Bakal Buntu, Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Central Java 53456.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,30 / 40 pembaca