Kebun Binatang Bandung - Bandung Zoo
Kebun Binatang Bandung / Bandung Zoo tempat wisata keluarga yang sarat nilai edukasi. img: 22Kartika/WikimediaCommons

Bandung Zoo atau Kebun Binatang Bandung tempat wisata yang memiliki beragam koleksi flora dan fauna. Dengan total satwa mencapai 800 organisme dari kelas aves, reptil, mamalia dan ikan. Selain menjadi tempat wisata dan penangkaran hewan yang dilindungi, Kebun Binatang Bandung juga kerap menjadi sarana pendidikan dan penelitian.

Awalnya dikenal dengan nama Derenten yang artinya kebun binatang dalam Bahasa Sunda. Dipelopori oleh Direktur Bank Dennis, Kebun Binatang Bandung didirikan oleh Bandung Zoological Park di tahun 1930.

Saat dikuasi oleh Jepang, tempat ini menjadi tak terkelola dengan baik, sehingga pada akhirnya dilakukan rehabilitasi guna mengembalikan fungsi tempat rekreasi dan edukasi. Raden Ema Bratakusumah berinisiatif membubarkan Bandung Zoological Park yang kemudian diubah menjadi Yayasan Marga Satwa Tamansari pada tahun 1957.

Luas area Bandung Zoo hampir mencapai 14 hektar dengan lingkungan asri dan nyaman. Pepohonan yang berada di sini tak hanya untuk melindungi satwa dari terpaan angin dan hujan, namun guna melindungi tanah dari air hujan serta sebagai paru-paru Kota Bandung. Siapa pun dapat berinteraksi dengan koleksi satwa pada area yang telah ditentukan. Selain itu pengunjung juga dapat merasakan sensasi menunggangi satwa seperti unta, gajah, dan kuda.

Baca: DUSUN BAMBU LEMBANG Bandung Tiket & Aktivitas

Harga Tiket Kebun Binatang Bandung

Harga Tiket Kebun Binatang Bandung
Tiket RegulerRp40.000

Tiket Masuk Bandung Zoo bisa didapat dengan harga Rp 40.000 bagi orang dewasa maupun anak-anak. Harga tiket yang tertera sudah termasuk untuk wahana perahu dayung dan taman bermain. Bagi anak di bawah usia 3 tahun tidak akan dipungut biaya apa pun.

Jam Operasional Bandung Zoo

Jam Buka Kebun Binatang Bandung
Setiap Hari08.00 – 16.00 WIB

Bandung Zoo buka setiap hari dari pukul 08.00 hingga 16.00 WIB. Termasuk pada hari libur nasional.

Atraksi & Aktivitas Kebun Binatang Bandung

Beragam atraksi dan aktivitas bisa dilakukan di Kebun Binatang Bandung selain melihat satwa. Berikut beberapa diantaranya:

Wisata Edukasi

Bandung Zoo merupakan sarana wisata yang di dalamnya terdapat wahana penuh edukasi bagi pengunjung seperti pagelaran seni budaya, pendidikan teknologi, dan pelestarian kekayaan alam.

Fungsi dari wahana tersebut merupakan sebuah pembelajaran untuk mengenalkan budaya, menambah pengetahuan, dan menjaga serta melindungi flora maupun fauna. Rombongan sekolah juga kerap kali menjadikan Kebun Binatang Bandung sebagai objek riset maupun penelitian berbagai keilmuan.

Pagelaran Budaya

Atraksi ini diperuntukkan bagi wisatawan guna mengenalkan seni dan budaya tradisional Sunda. Pada saat musim liburan, biasanya akan menampilkan pertunjukan musik tradisional seperti angklung.

Selain berekreasi, Kebun Binatan Bandung juga sarat edukasi bagi anak-anak agar mengenal budaya negeri sendiri. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi mereka agar mengetahui salah satu jenis budaya yang ada di Tanah Air.

Mengamati Jenis Fauna

Bandung Zoo memiliki beragam hewan dilindungi maupun tidak dilindungi di dalamnya. Di Kebun Binatang Bandung pengunjung akan melihat beragam jenis hewan dengan informasi lengkap yang ada pada setiap kandang masing-masing fauna. Contoh hewan yang dilindungi di sini yaitu gajah Sumatera, singa, burung koak biru, beruang madu, dan lain-lain. Upaya penambahan satwa masih terus berlangsung khususnya bagi hewan asli Indonesia.

Baca: THE LODGE MARIBAYA Tiket, Aktivitas & Penginapan

Teater Satwa

Merupakan salah satu atraksi yang sangat menarik bagi semua kalangan yang mengunjungi Bandung Zoo. Teater satwa ditampilkan 2 kali setiap harinya yaitu pukul 11.00 dan 15.00 WIB. Atraksi ini melibatkan burung kakak tua dan anjing berjenis Poodle yang sangat lucu dan menghibur. Bagi wisatawan yang membawa serta anaknya pasti sangat tertarik dengan atraksi hewan-hewan ini.

Wahana Perahu

Naik perahu adalah kegiatan gratis yang ditawarkan oleh Bandung Zoo kepada pengunjung. Perahu di sini yaitu jenis perahu besar dan memuat banyak orang.

Aktivitas ini merupakan kegiatan berperahu selama beberapa menit di area danau. Hal ini merupakan hiburan bagi pengunjung khususnya anak-anak. Untuk perahu berkapasitas 2 orang, tidak termasuk ke dalam harga tiket.

Berfoto Bersama Badut Karakter

Pengunjung dapat berfoto-foto dengan aneka badut karakter kartun yang ada di Bandung Zoo. Karakter yang tersedia yaitu seperti Elsa di film Frozen, kartun Doraemon, dan lain-lain. Anak-anak biasanya akan menyukai dan tertarik dengan badut karakter yang mereka lihat tersebut. Untuk melakukan swafoto, badut akan berpose menghadap kamera saat diminta untuk foto bersama.

Baca: Trans Studio Bandung: Tiket, Wahana & Studio Seru

Menunggangi Satwa

Kegiatan ini biasanya paling digemari oleh puta putri yang penasaran dengan sensasi menunggangi hewan. Kebun Binatang Bandung memiliki koleksi aneka satwa jinak yang dapat ditunggangi dengan pengamanan baik. Hewan tersebut ialah seperti gajah, unta, dan kuda yang aman untuk ditunggangi oleh orang-orang.

Untuk kegiatan menunggangi satwa tentu berada di bawah pengawasan petugas yang sudah berpengalaman. Sehingga tak perlu khawatir dengan hewan-hewan ini akan mencelakai siapa pun yang menungganginya.

Wahana Bermain Anak

Selain rekreasi dengan melihat-lihat aneka flora dan fauna, Bandung Zoo juga menyediakan wahana bagi anak-anak. Wahana tersebut antara lain skuter anak, kereta api anak, dan playground yang akan digemari oleh anak.

Bagi pengunjung yang menginginkan anaknya bermain wahana ini, harus diawasi dengan baik. Dengan wahana ini tentunya anak-anak tidak akan merasa bosan dan merasa terkesan dengan hiburan yang tersedia.

Outbound

Pengunjung yang ingin melakukan outbond bisa mencoba wahana yang disediakan Kebun Binatang Bandung. Outbound yang ada di Bandung Zoo seperti flying fox, yang diperuntukkan bagi orang dewasa maupun anak-anak dengan ukuran tinggi badan tertentu. Kegiatan ini dapat memacu adrenalin sekaligus menjadi salah satu wahana yang tidak membosankan. Bagi siapa pun yang berkunjung, bisa mencoba wahana ini jika sedang berwisata ke Bandung Zoo.

Baca: Bandung Treetop Wisata Outbong: Tiket & Wahana Seru

Fasilitas Bandung Zoo

Lokasi wisata ini menyediakan beberapa fasilitas umum bagi wisatawan untuk dinikmati beserta keluarga. Di Bandung Zoo terdapat pujasera sebagai pusat kuliner yang menyajikan aneka makanan dan minuman.

Terdapat juga aula, yang biasanya digunakan untuk acara-acara tertentu yang disediakan bagi siapa pun yang ingin mengadakan acara di lokasi wisata ini. Ada pula masjid, toilet, tempat bermain anak, kolam air dengan perahunya, hewan tunggang dan panggung yang diperuntukkan menampilkan pagelaran seni dan budaya.

Baca: FLOATING MARKET Lembang Tiket & Aktivitas 2018

Rute Angkutan Ke Kebun Binatang Bandung

Bandung Zoo dilewati oleh beberapa angkutan umum seperti angkutan dengan rute Cicaheum-Ledeng, Panghegar-Dipatiukur, Caringin-SD Serdang, dan Cisitu-Tegalega. Lalu mintalah turun persis di depan gerbang Kebun Binatang Bandung.

Alamat dan Kontak Bandung Zoo

Kebun Binatang Bandung berlokasi di Jalan Kebun Binatang No. 6, Lebak Siliwangi, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40132. Kontak yang dapat dihubungi untuk kepentingan reservasi dan lain-lain yaitu ke nomor (022)2502770. Atau dapat mengunjungi media sosial seperti Instagram @bandung_zoo.

Very PoorPoorAverageGoodExcellent 3,86 - 37 Pembaca
Loading...