Wisata edukasi kini kian marak digalakkan. Pasalnya, selain berwisata pengunjung juga dapat belajar mengenai berbagai hal. Seperti halnya wisata edukasi di Kebun Pak Budi Pasuruan.

Taman rekreasi keluarga yang menawarkan berbagai aktivitas wisata edukasi. Sangat baik bagi anak-anak untuk belajar tentang perkebunan dan lebih dekat dengan alam. Kegiatan-kegiatan seperti berkebun, bertani dan beternak menjadi tema utama tempat wisata ini.

Harga Tiket Masuk Kebun Pak Budi

Untuk masuk ke objek wisata Kebun Pak Budi, pengunjung harus membayar tiket masuk. Tiket masuk cukup terjangkau, mengingat di dalamnya terdapat banyak sekali wahana dapat dinikmati. Selain itu, ilmu yang didapatkan pun banyak sehingga harga tersebut terbilang wajar.

Harga Tiket Masuk Kebun Pak Budi
Senin – JumatRp35.000
Sabtu – MingguRp50.000

Baca: Agrowisata Bhakti Alam Tiket & Wahana

Jam Buka Kebun Pak Budi

Taman wisata edukasi ini buka setiap hari di jam yang sama. Dari pagi hingga sore hari. Sehingga pengunjung dapat puas berkunjung dan bermain di taman ini.

Jam Operasional
Setiap hari09.00 – 17.00

Wisata Edukasi di Kebun Pak Budi

pentu masuk kebun pak budi
Wisata edukasi perkebunan, pertanian dan peternakan di Taman Wisata Pak Budi

Wisata edukasi memanfaatkan alam sebagai wahananya. Tak heran, jika lokasi wisata edukasi seringkali berada di pedesaan atau kaki gunung. Tentu sangat menyenangkan, mengingat udara yang masih sejuk serta suasana yang tenang.

Berada di bawah pengelolaan PT Nirwana Asri, objek wisata ini menawarkan edukasi dan rekreasi. Diantaranya pertanian organik, perkebunan organik, peternakan organik, dan perikanan organik. Dan tentunya, objek wisata ini sangat tepat bagi keluarga, terutama anak – anak.

Wisata nan asri ini mengajarkan pada generasi muda mengenai proses bahan pangan tercipta. Mulai dari bagaimana terbentuknya, hingga proses menjadi makanan yang siap saji. Salah satu tujuannya supaya generasi muda lebih menghargai makanan yang mereka konsumsi.

Kegiatan di Kebun Pak Budi

area wahana sawah
Di tempat wisata ini pengunjung juga bisa melihat dan berkegiatan di sawah. Foto: Google Maps/mas Jon

Suasana pedesaan yang asri akan menyambut pengunjung begitu memasuki kawasan Kebun Pak Budi. Sejauh mata memandang, berbagai tanaman hijau tersaji dengan indahnya. Dari tanaman hidroponik hingga mini sawah, tersaji semua di sini.

Kebun Pak Budi berorientasi pada pendidikan lingkungan dan teknologi terbarukan. Tidak hanya itu, di sini juga tersedia konservasi satwa. Dan tetap tidak meninggalkan fungsi rekreasi dari objek wisata itu sendiri.

Baca: Taman Safari Prigen Tiket & Wahana

Kegiatan yang dapat dilakukan pengunjung di sini yaitu seputar perkebunan, pertanian, peternakan, dan perikanan. Ada kegiatan bercocok tanam, dari menanam hingga proses panen. Begitu juga pada kegiatan peternakan, dari perawatan hewan hingga mengambil hasil dari hewan.

Bercocok Tanam di Sawah Pak Budi

Bercocok Tanam di Sawah Pak Budi. Foto: Gmap/Nathania Zahrah

Kebun Pak Budi menyediakan sawah untuk edukasi bercocok tanam. Sawah ini tidak terlalu luas, namun cukup untuk kegiatan pembelajaran. Ditambah lagi, sawah juga dilengkapi dengan orang-orangan sawah yang siap menakuti burung.

Di sini, pengunjung dapat belajar mengenai cara menanam padi yang benar. Ditambah lagi, cara merawat, hingga memanen padi ketika sudah menguning.

Berkebun Sayuran dengan Sistem Hidroponik

Kebun sayur hydroponic kebun pak budi
Kebun sayur dengan sistem hidroponik bisa dilihat di taman rekreasi ini. Foto: Google Maps/Rudy Prayitno

Selain bercocok tanam di sawah, pengunjung juga dapat belajar mengenai tanaman kebun. Di sini, kebun yang digunakan bukanlah kebun seperti di pegunungan. Melainkan kebun sayuran dengan sistem hidroponik.

Tanaman sayur berupa selada, sawi, dan lainnya ditanam di media air. Tak kalah dengan media tanah, tanaman sayur ini pun tumbuh subur dan hijau. Tak jemu mata memandang indah dan segarnya tanaman sayuran ini.

Merawat Ternak di Peternakan Sapi

Jika ingin belajar beternak, pengunjung dapat mendatangi peternakan sapi. Di sini, akan dijelaskan mengenai cara perawatan sapi, hingga memanen hasil dari sapi. Bisa berupa susu bagi sapi perah, ataupun daging bagi sapi pedaging.

Baca: Kebun Raya Purwodadi Tiket & Aneka Taman

Edukasi Merawat Ikan di Kolam

Ada satu lagi wadah edukasi mengenai perikanan. Di sini tersedia kolam untuk pembesaran ikan. Pengunjung akan diajarkan mengenai cara budidaya ikan dan merawatnya.

Wahana Edukasi Kopi

Bagi pecinta kopi, jangan lewatkan wahana edukasi kopi. Di sini, pengunjung akan dijelaskan mengenai segala hal tentang kopi dan kopi luwak. Mulai dari sejarah kopi hingga pengolahannya menjadi minuman bercita rasa tinggi.

Fasilitas di Kebun Pak Budi

Di sini juga terdapat wahana taman kelinci, burung dara pos, serta arena bermain anak. Ada juga mushola, ruang meeting, toilet, area parkir, mini market, serta kafe dan restoran. Ditambah lagi penginapan berupa villa, cottage, dan glamping, yang siap memanjakan wisatawan.

Lokasi dan Kontak Kebun Pak Budi

Taman wisata edukasi ini berada di Dusun Canggi, Desa Sekarmojo, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan. Pengunjung dapat menghubungi di nomor 031-568-1010 atau email di marketing@kebunpakbudi.com.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.