Karanganyar memiliki destinasi wisata alam yaitu The Lawu Park. Kawasan wisata yang diresmikan pada tahun 2018 menawarkan keindahan alam pegunungan. Pemandangan hutan pinus serta aktivitas wisata alam menajdi daya tarik utama.

Tidak hanya menyediakan area rekreasi dengan beragam wahana, tempat wisata ini bisa dikatan lengkap. Ada restoran, resort, camping ground, beragam wahana perminan, outbond, playground dan masih banyak lagi. Sangat cocok sebagai destinasi liburan keluarga.

Harga Tiket Masuk Lawu Park Tawangmangu

Untuk memasuki kawasan wisata ini sebenarnya tidak dibebankan biaya tiket. Hanya beberapa wahana permainan pengunjung akan dikenakan biaya per masing-masing wahana.

Harga Tiket Masuk & Wahana Lawu Park
Jenis BiayaHarga
Tiket MasukGratis
Camping GroundRp20.000
Flying FoxRp25.000
ATVRp30.000
Tenda Dom kecilRp100.000
Tenda Dom BesarRp200.000
CottageRp300.000
GlampingRp500.000
Super GlampingRp650.000
Paket Out BondRp75.000
Paket Nasi BoxRp18.000
Paket Makan PrasmananRp35.000

Baca: Taman Balekambang Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Jam Buka Lawu Park

Pengunjung bisa datang ke taman rekreasi ini dari pagi hingga malam. Sehingga pengunjung bisa menikmati suasana alam hingga malam hari.

Jam Operasional
Setiap Hari07.30 – 22.00

Aktivitas Wisata Seru

Berbagai aktivitas bisa dilakukan di taman wisata ini. Mulai dari bersantai di alam sampai kegiatan-kegiatan yang seru dan menantang. Tidak hanya untuk anak-anak untuk dewasapun bisa. Berikut beberapa kegiatan rekreasi yang bisa dilakukan.

Bermain Flying Fox & ATV

wahana flying fox di lawu park
Salah satu kegiatan yang cukup menantang di Lawu park adalah bermain Flying Fox dengan jalur di anatar peophonan pinus. Foto: Google Maps/Yusuf Pratama

Pengunjung bisa menguji adrenalin dengan bemain flying fox. Untuk memainkan permainan ini maka akan dikenakan biaya tersendiri. Untuk keamanan permainan tidak perlu khawatir. Setiap pengunjung yang memainkan wahana ini akan dipasangi alat pengaman dan helm sebelum mulai bermain.

Bagi yang suka berkendara, pengunjung bisa menyewa ATV di taman wisata ini. Pengunjung bisa mengendarai ATV di jalur atau area yang ditentukan pengelola.

Baca: Bukit Sekipan Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Trekking

Pengunjung bisa berjalan menyusuri jalur trekking di sekitar kawasan objek wisata ini. Jalur terbuat dari paduan semen dan pasir juga ada yang terbuat dari tatanan batu yang dibuat berundak. Di kanan kiri jalur trekking terdapat  banyak pohon pinus.

Mengintari The Lawu Park sembari menikmati udaranya yang sejuk. Trekking akan lebih seru jika dilakukan bersama dengan teman atau keluarga. Agar tidak mudah lelah saat trekking, pengunjung bisa berhenti untuk berfoto atau beristirahat.

Bersantai di Taman Bunga

bersantai di gazebo dikelilingi taman bunga
Bersantai di Gazebo di kelilingi taman bunga penuh warna. Foto: Google Maps/Claudia Kartika

Saat lelah, pengunjung bisa beristirahat dan bersantai di gazebo sambil memandang bunga celosia. Di sisi lain dari gazebo, pengunjung dapat menikmati pemandangan Gunung Lawu. Apalagi jika ditambah dengan menikmati nasi liwet strawberry untuk menghilangkan rasa lelah.

Outbound

The Lawu Park juga menyediakan tempat yang luas untuk melakukan kegiatan outbound. Beragam permainan outbound bisa dilakukan untuk mempererat kerjasama. Untuk pelaksanaan outbound, pengunjung harus menghubungi pengelola terlebih dahulu. Misalnya agar dapat menyiapkan lokasi dan permainan yang sesuai dengan peserta outbound.

Memberi Makan Domba dan Kelinci

Rabbit Park
Memberi makan domba atau kelinci kegiatan yang menyenangkan untuk anak-anak. Foto: Google Maps/Haruyuki

Anak-anak bisa merasakan pengalaman baru dengan memberi makan binatang seperti kelinci dan domba. Pakan untuk domba dan kelinci bisa dibeli secara langsung di sini. Setelah membeli pakan sesuai, anak-anak bisa memberi makan domba.

Selain domba, pengunjung juga bisa memberi makan kelinci. Sambil memberi makan, anak-anak bisa mencoba untuk menggendong kelinci. Selain itu, pengunjung juga dapat berfoto bersama dengan kelinci-kelinci di taman rekreasi ini.

Baca: Air Terjun Grojongan Sewu Tawangmangu Tiket & Aktivitas

Spot Foto Menarik

spot foto lambang hati di lawu park
Spot foto berlambang cinta ini salah satu latar foto favorit pengunjung the Lawu Park. Foto: Google Maps/erni widyastuti

Ada beberapa spot foto di The Lawu Park. Salah satunya adalah di lambang “Love” yang dibuat dari akar. Pengunjung bisa berfoto di depan lambang tersebut atau bersenderan atau duduk di lambang tersebut.

Pengunjung juga bisa berfoto dengan latar belakang gunung Lawu. Jika cuaca sedang cerah, puncak gunung Lawu bisa terlihat dan membuat foto lebih keren. Bisa juga berfoto dengan latar belakang penginapan ataupun diantara pohon pinus.

Untuk mendapatkan hasil yang eksotis, pengunjung bisa datang di pagi hari. Kabut pagi, embun dan hijaunya pepohonan bisa dijadikan latar berfoto. Pengunjung juga bisa mengabadikan keindahan pemandangan matahari terbenam dengan datang saat sore hari.

Penginapan di Lawu Park

penginapan di lawu park
Berbagai jenis penginapan bisa dipilih di taman wisata ini. Foto: Google Maps/ brian dwi

Bagi wisatawan yang berencana menginap taman ini adalah pilihan yang tepat. The Lawu Park selain taman rekreasi juga mengintegrasikan resort dan glamping. Beragam tipe penginapan bisa di pilih sesuai jumlah dan tema yang diinginkan. Berikut beberapa diantaranya:

Cottage The Lawu Park

Di sini wisatawan bisa menikmati bermalam di cottage. Dalam 1 cottage terdapat 1 tempat tidur besar, kamar mandi, water heater, TV. Jika menginap di cottage, pengunjung akan mendapatkan sarapan gratis untuk 2 orang.

The Lawu Park Glamping – Glamour Camping

penginapan glamour camping
Wisatawan yang ingin berkemah tapi tidak mau repot bisa mencoba glamour camping – glamping di Lawu Park. Foto: Google Maps/Teguh Pr

Untuk kapasitas menginap yang lebih besar, pengunjung bisa memilih glamping. Dengan biaya yang lebih mahal dari cottage. Di dalam glamping, pengunjung akan mendapati 2 king size untuk 4 orang, kamar mandi, water heater. Selain itu juga akan mendapatkan fasilitas sarapan gratis untuk 4 orang.

Berkemah

Bagi yang ingin merasakan menginap namun tetap dekat dengan suasana alam, berkemah bisa menjadi pilihan. The Lawu Park menyediakan camping ground yang bisa dipergunakan. Pengunjung bisa mendirikan tenda yang dibawa sendiri dari rumah atau menyewa.

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di taman wisata Lawu Park cukup lengkap. Beberapa diantaranya adalah mushola, tempat makan, kamar mandi, parkir. Pengunjung juga bisa beristirahat atau duduk-duduk santai di Gazebo atau mencicipi hidangan di restoran.

Lokasi The Lawu Park

Taman rekreasi ini berada di lereng Gunung Lawu. Tepatnya di Bulakrejo, Gondosuli Kudul, Gondosuli, Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah. Untuk informasi lebih lanjut silakan menghubungi 081299428124. Atau 081238923626.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,67 / 3 pembaca