Beranda Tiket Wisata

JURUG SOLO ZOO Tiket Murah Koleksi Satwa Lengkap – Januari 2023

0
Taman Satwa Taru Jurug Surakarta Jurug Solo Zoo  Harga Tiket Masuk : Rp25.000. Jam Buka : Tutup Sementara. Nomor Telepon : 0271636279 / (WA) 082138556866.     . Alamat : Jalan Ir. Sutami No. 109 Jebres, Jebres, Surakarta, Jawa Tengah, Indonesia, 57126.

Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ) atau terkenal dengan nama Jurug Solo Zoo Kebun Binatang dengan berbagai koleksi satwa. Konsepnya sendiri mengusung tema taman bermain sekaligus wisata edukasi. Di sini pengunjung bisa belajar banyak hal tentang dunia flora dan fauna. Sebab wisata ini mempunyai koleksi spesies binatang yang beragam dan langka.

Suasana di dalamnya benar-benar terlihat asri dan mirip seperti hutan belantara. Areanya sangat luas dan ditumbuhi pepohonan rindang menjulang tinggi.

Harga Tiket Masuk Jurug Solo Zoo

Pihak pengelola menetapkan harga tiket masuk kebun binatang yang sama antara hari biasa dan akhir pekan. Biaya tersebut belum termasuk tiket wahana permainan. Jika ingin mencoba wahana pengunjung harus membayar tiket terpisah.

Harga Tiket Masuk Jurug Solo Zoo
Tiket masuk Rp25.000
Tiket wahana Rp5.000 – Rp30.000

Baca: TAMAN BALEKAMBANG Solo Tiket & Atraksi

Jam Buka Jurug Solo Zoo

Kebun binatang ini selalu buka setiap hari mulai dari pagi hingga sore hari. Namun per tanggal 1 September 2022 pihak pengelola telah menutupnya untuk sementara waktu. Karena adanya kegiatan revitalisasi yang rencananya berlangsung sekitar 6 bulan.

Jam Buka
Setiap hari 08.00 – 16.00

Daya Tarik Jurug Solo Zoo

Selama berada di kebun binatang pengunjung bisa melihat beragam fauna yang hidup di dalamnya. Serta berkeliling area kebun binatang menggunakan transportasi bus Solo zoo. Selain itu ada pula wahana permainan dan atraksi dancing fountain di malam hari.

Koleksi Lengkap Satwa

Buaya di Jurug Solo Zoo.
Koleksi satwanya beragam mulai dari reptil, mamalia, hingga unggas. Foto : Googlemap/Ussy Izzani Faizti

Wisata kebun binatang pasti selalu identik dengan dunia flora dan fauna. Begitu pun Jurug Solo Zoo yang memilik beragam koleksi satwa mulai dari mamalia, burung, hingga reptil. Wisatawan yang datang bisa melihatnya secara langsung dari balik kandang.

Beberapa jenis hewan yang ada di Jurug Solo Zoo misalnya dari kelompok mamalia ada Macan Tutul, Harimau, Kuda, Onta, Kera, dan Gajah. Selanjutnya ada pula Kuda Nil, Kambing, dan Kangguru. Kemudian untuk jenis reptil ada Buaya dan Komodo. Sedangkan kelompok burung terdiri dari Merak, Burung Unta, Nuri Bayan, dan masih banyak lagi.

Jurug Solo Zoo tidak hanya menyuguhkan keberagaman fauna. Melainkan juga ada wisata alam tentang dunia flora. Di sini pengunjung bisa menjumpai tumbuhan langka seperti akasia dan munggur. Keberadaannya mampu membuat tempat wisata semakin bertambah asri dan berhawa sejuk.

Baca: PASAR KLEWER Wisata Belanja & Kuliner

Bus Solo Zoo

Bus Jurug Solo Zoo tengah melintas di area kebun binatang Jurug Solo Zoo.
Transportasi unik Bus Jurug Solo Zoo untuk memudahkan pengunjung dalam menjelajahi area kebun binatang. Foto : Googlemap/Irvan A A

Bus Solo Zoo adalah angkutan umum yang disediakan pengelola untuk berkeliling area wisata. Kehadirannya  sangat membantu pengunjung untuk menjelajahi kawasan kebun binatang. Terlebih lagi Jurug Solo Zoo memiliki area yang tergolong luas. Sehingga untuk mencapai satu kandang ke kandang lain terkadang butuh waktu lama.

Bus ini bentuknya unik dan cukup besar dengan warna merah menyala. Tidak perlu khawatir jika tidak kebagian tempat duduk. Sebab angkutan ini punya 1 tingkat di bagian atasnya. Dengan begitu dapat menampung penumpang dalam jumlah banyak.

Untuk menaiki bus dan berkeliling memang tidak gratis. Namun harga tiket busnya masih sangat terjangkau. Selama perjalanan menggunakan bus wisatawan akan diajak berkeliling dari satu kandang ke kandang lainnya. Jadi bisa lebih menikmati tanpa perlu merasa capek.

Baca: PANDAWA WATER WORLD Solo Tiket & Wahana

Wahana Permainan

Anak kecil sedang menaiki onta di Jurug Solo Zoo.
Jurug Solo Zoo juga menyediakan beragam wahana permainan seperti hewan tunggangan, trampolin, dan masih banyak lagi. Foto : Googlemap/Muhammed Averoes

Terdapat pula sejumlah wahana permainan seru yang sayang untuk dilewatkan. Di antaranya kereta kelinci, istana balon, bumper car, dan trampolin. Kemudian ada juga komidi putar, marry go around, pemancingan, hewan tunggangan, dan sepeda air. Bisa dibilang konsep dari wisata ini menggabungkan kebun binatang sekaligus taman bermain.

Sebelum memilih wahana yang dimainkan terlebih dahulu pengunjung harus membayar tiket. Masing-masing wahana mempunyai tarif yang berbeda-beda. Tapi tenang saja, harganya masih cukup terjangkau. Namun semua wahananya hanya dikhususkan untuk anak-anak saja.

Baca: THE HERITAGE PALACE Tiket & Atraksi

Dancing Fountain

Suasana Jurug Solo Zoo di malam hari juga tak kalah menarik. Pengunjung bisa melihat pertunjukan dancing fountain yang menampilkan tarian air mancur. Lokasinya ada di tengah-tengah danau taman pelangi. Atraksi tersebut hanya bisa disaksikan pada pukul 19.00, 20.00, dan 21.00.

Air mancur menari terlihat sangat indah mengikuti iringan musik. Dengan kilauan cahaya berwarna keunguan. Tampak pula efek api berwarna putih mengelilingi bagian depan air mancur. Pertujukan keindahan air mancur ini berdurasi sekitar 10 menit.

Di sini pengunjung tidak hanya disuguhkan pertunjukan air mancur. Ada pula pemutaran video melalui layar water screen yang menampilkan kisah anak-anak. Suasana pun kian romantis dengan hadirnya kumpulan bintang yang menghiasi atap langitnya.

Baca: Keraton Surakarta Hadiningrat Tiket & Pesona

Taman Pelangi

Jurug Solo Zoo juga mempunyai spot foto yang sangat menarik. Namanya tidak lain adalah taman pelangi. Sebuah area yang menampilkan keindahan lampu lampion dalam beragam bentuk.

Ada yang berbentuk bunga, kupu-kupu, naga, dan masih banyak lagi. Semua lampion menyala dalam gelap dengan mengeluarkan cahaya warna-warni. Suasana malam bertambah romantis dengan lampu lampion berbentuk bunga-bunga kecil. Pesonanya mampu memikat pengunjung untuk tidak melewatkan berfoto di sekitar taman.

Fasilitas Jurug Solo Zoo

Wisata ini memiliki sejumlah fasilitas umum yang sangat lengkap. Di antaranya ada tempat parkir, musala, dan toilet terpisah untuk pria dan wanita. Tersedia pula tempat makan berupa warung kecil yang menyediakan beragam menu makanan. Misalnya soto, bakso, mi ayam, pecel, es krim, dan masih banyak lagi.

Lokasi Jurug Solo Zoo

Kebun Binatang ini beralamat di Jalan Ir. Sutami No. 109 Jebres, Kecamatan Jebres. Bertempat di Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Informasi lebih lanjut bisa menghubungi nomor telepon 0271- 636279 atau whatsapp 0821-3855-6866.

Tanggapan:

4.3 / 5. dari 28

Berikan Rating

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini