Taman Balekambang Solo adalah salah satu ruang terbuka hijau di Kota Bengawan. Taman peninggalan K.G.P.A.A. Mangkunagara VII ini dibangun pada 1921. Bangunan di taman seluas 9,8 hektar ini memadukan konsep Jawa dan Eropa.

Taman ini sekarang telah menjadi kawasan wisata terpadu. Tersedia area outbond, penangkaran hewan, tanaman langka, konservasi sejarah, serta panggung seni budaya. Sangat tepat dijadikan tujuan wisata keluarga ketika berada di Solo.

Harga Tiket Masuk Taman Balekambang Solo

Para pengunjung yang hendak menikmati pesona taman ini tidak dikenakan biaya. Taman Balekambang menjadi ruang terbuka yang bisa diakses siapapun sesuai prinsip kemanfaatan publik.

Harga Tiket Masuk Taman Balekambang Solo
Tiket MasukGRATIS
Tiket WahanaRp5.000 – Rp10.000

Baca: Taman Pelangi Jurug Solo Tiket & 5 Wahana Menarik

Jam Buka Taman Balekambang Solo

Taman kota ini bisa dikunjungi setiap hari. Buka mulai pagi hingga sore hari. Waktu terbaik ke taman ini adalah sore hari.

Jam operasional
Senin – Minggu06.00 – 17.00

Ragam Atraksi Wisata Pilihan Di Taman Balekambang Solo

area taman balekembang solo
Taman Balekambang Solo taman rekreasi dengan beragam kegiatan wisata. Foto: Google Maps/Deddy Purwanto

Taman Balekambang memiliki fungsi utama sebagai paru-paru kota di Solo. Ruang terbuka ini merupakan taman botani, seni, budaya, edukasi dan rekreasi kota Solo. Taman ini dilengkapi tempat bersantai, area bermain, kolam, taman reptil, gedung kesenian, dan lainnya.

Suasana taman sejuk karena ditumbuhi aneka pepohonan rindang. Sebagian besar pohon itu sudah berusia ratusan tahun dan tergolong langka. Ada pohon beringin, apel cokelat, kenari, serta pohon langka jenis lainnya.

Pengunjung yang datang dimanjakan dengan keberadaan rusa yang berkeliaran di taman. Ada belasan rusa yang sengaja dilepas secara bebas di taman itu. Aneka permainan, seperti perahu, kereta putar, dan becak hias, juga disuguhkan bagi para pengunjung.

Baca: PANDAWA WATER WORLD Solo Tiket & 4 Wahana

1. Taman Air Partini

Taman Air Partini
Taman Air Partini. Foto : Googlemap/Puji Clara

Taman Air Partini yang berada di bagian barat, berfungsi sebagai penampungan air untuk membersihkan kotoran sampah di dalam kota. Kolam ini sering dijadikan area bermain perahu dan bebek kayuh bagi para pengunjung. Lokasinya berada di bagian barat taman.

Wahana perahu dan bebek kayuh tarifnya mulai Rp10.000 per orang. Tersedia pilihan bebek kayuh berkapasitas 4 orang hingga 6 orang.

Di kolam ini pula, pengunjung juga bisa memancing tangkap lepas. Deretan ikan yang menjadi penghuni kolam di antaranya bawal black pacu, red tail catfish, araphaima, dan peacock bass. Paket memancing disediakan memancing harian dua jam dan paket fullday.

Baca: THE HERITAGE PALACE Solo Tiket & Atraksi

2. Taman Reptil

Pintu masuk Taman Reptil
Pintu masuk Taman Reptil di Taman Balekambang Surakarta. Foto : Googlemap/Wiwik Prihatin

Wahana lain di Taman Balekambang adalah taman reptil yang ditangkarkan di barat Bale Apung. Taman Reptil berada di sisi barat. Di dalam taman reptil, terdapat batu asmara yang konon merupakan pecahan meteor yang jatuh di Kota Solo.

3. Taman Kelinci

Taman Kelinci mejadi bagian wisata terbaru yang dibuka mulai 25 Januari 2019. Taman ini merupakan salah satu wahana edukasi. Beberapa satwa yang dipelihara di Taman Kelinci, di antaranya kelinci, domba merino, dan kura kura. Terdapat kelinci 80 ekor, 10 domba merino, dan ratusan ekor kura kura, serta biawak.

Pengunjung juga akan diajak untuk berinteraksi dengan hewan dengan didampingi petugas. Para petugas akan menerangkan jenis, cara merawat, dan mengembangbiakkan hewan yang berada di Taman Kelinci. Sehingga wisatawan dapat berekreasi sekaligus mendapat ilmu memelihara binatang.

Baca: ROYAL WATER ADVENTURE Solo Tiket & Wahana

4. Taman Partinah Bosch

Taman Hutan Partinah
Taman Hutan Partinah di Taman Balekambang Surakarta.
Foto : Googlemap/Supriono z

Taman Partinah Bosch atau Hutan Partinah berguna sebagai daerah resapan atau paru-paru kota. Aneka tanaman yang tumbuh di hutan ini di antaranya beringin, kenari, dan apel cokelat.

Penghuni lainnya adalah kawanan rusa yang biasanya menjadi objek yang disukai anak-anak. Rusa-rusa tersebut cukup jinak. Namun, saat musim kawin mereka bisa berubah agresif.

Rusa jinak di taman partinah
Rusa jinak di Taman Partinah. Foto : Instagram/emak_beruang

5. Kolam dan Balai

Di area ini terdapat sebuah kolam besar dan sebuah kolam renang dengan dua buah balai. Balai pertama bernama Bale Apung.

Di masa awal didirikan, balai ini digunakan sebagai tempat bersantai, berkumpulnya anggota keluarga kerajaan. Balai ini pula yang menjadi alasan penamaan “Balekambang”. Karena terletak di dekat sebuah kolam besar, jika dilihat dari kejauhan, balai ini akan terlihat seperti mengambang.

Sementara balai lainnya bernama Bale Tirtayasa. Di masa lalu, balai ini berfungsi sebagai tempat berganti pakaian anggota kerajaan yang ingin berenang. Di depan balai ini, terdapat kolam renang yang saat ini tidak digunakan.

Fasilitas

Taman Balekambang memiliki panggung terbuka dan indoor. Di panggung indoor, setiap malam dihelat pertunjukan ketoprak berbahasa Jawa. Sementara di panggung terbuka, pergelaran dilakukan pada momen tertentu saja.

Acara rutin kerap digelar dengan menghadirkan bazar aneka produk, festival kuliner, wahana permainan modern dan tradisional, hiburan musik serta berbagai lomba.

Lokasi Taman Balekambang Solo

Taman rekreasi keluarga ini berlokasi di Jl. Balekambang No. 1, Manahan, Banjarsari, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139. Informasi lebih lanjut silakan menghubungi 0271736227.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,75 / 4 pembaca