Taman Wisata Wendit Malang merupakan favorit warga Malang yang berusia ratusan tahun dengan beragam khasiatnya. Konon, kolam pemandian Wendit ini menjadi favorit bagi para selir dan raja Majapahit untuk pelesir sekaligus menjalankan prosesi ritual. Diyakini sumber air ini menyembuhkan penyakit, memudahkan jodoh, rezeki serta membuat awet muda.

Nama Wendit berasal dari ‘wendito’ artinya pendeta. Menurut cerita, pendeta bersemedi di Mangliawan saat kekeringan melanda, lalu munculah sumber air ini. Pada masa kolonial, Wendit dijadikan pemandian dilengkapi lapangan tenis menyerupai hutan kecil. Kini, Taman Wisata Wendit dikelola BUMD Kabupaten Malang, Jawa Timur.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit

Pengunjung yang datang berekreasi ke taman wisata ini akan dikenakan biaya tiket yang cukup terjangkau. Harga tiket sama baik hari biasa maupun akhir pekan, hanya dibedakan berdasarkan usia pengunjung.

Harga Tiket Masuk Taman Wisata Wendit
DewasaRp18.000
Anak-anakRp14.000

Baca: MALANG NIGHT PARADISE Tiket & 4 Wahana Keren

Jam Buka Taman Wisata Wendit

Pengunjung bisa berwisata ke taman rekreasi ini mulai pagi hingga sore hari. Taman ini dibuka setiap hari.

Jam Buka
Senin – Minggu07.00 -17.00 WIB

Daya Tarik Taman Wisata Wendit Malang

Wendit diyakini sudah ada dan dibangun pada masa kerajaan Mataram di abad X Masehi. Raja Majapahit, Prabu Hayam Wuruk mengunjungi telaga untuk wisata sekaligus ritual karena adanya bangunan suci. Taman rekreasi ini memiliki jenis kolam alami maupun buatan.

1. Kolam Alami

kolam alami wisata wendit
Kolam air alami di Taman Wisata Wendit. Foto: Google Maps/rijaalfa

Kolam alami digunakan sejak dulu dan dipercaya merupakan tempat istirahat Raja Hayam Wuruk. Kolamnya tidak terlalu dalam, airnya jernih dan segar. Sangat cocok untuk merilekskan diri. Di kolam sumber air ini wisatawan juga bisa berenang bersama ikan-ikan kecil yang hilir mudik.

2. Kolam Spa

Kolam Spa memiliki dasar lantai dari batu-batuan alam. Airnya dingin dan segar dengan taburan bunga mawar. Konon menurut cerita, dengan mandi di kolam tersebut mempunyai khasiat membuat wajah tampak awet muda.

3. Kolam Buatan

Sarana rekreasi air Taman Wisata Wendit Malang
Kolam buatan dengan berbagai wahana seperti perahu dan perahu kayuh. Foto : Googlemap/Khoirul Wicaksono

Kolam buatan dibentuk dari sungai yang dibendung. Di sini pengunjung dapat berkeliling sekitar telaga. Wisatawan dapat menyewa perahu motor berkapasitas 16 orang. Sedangkan untuk 2 orang tersedia perahu yang dapat dikayuh sendiri. Kolam ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas, salah satunya water park.

Baca: TAMAN SELECTA Malang Tiket & Aktivitas

4. Wahana Waterpark

Waterpark menjadi wahana favorit anak-anak di Taman Wisata Wendit Malang
Waterpark menjadi wahana favorit anak-anak di Taman Wisata Wendit Malang. Foto : Googlemap/Mahardani Siswo

Wahana waterpark ini menjadi favorit anak-anak. Terdapat papan seluncur air di mana wisatawan bisa meluncur pada jalur seluncurnya lalu mendarat di permukaan kolam. Ada juga timba air yang sangat besar dan akan tumpah setiap kali airnya terisi penuh.

5. Arena bermain anak

arena bermain dan outbond
Bagi anak-anak tersedia arena bermain dan outbond di Taman Wisata Wendit Malang. Foto : Instagram/handini3729

Arena bermain bagi anak-anak menyediakan ayunan, jungkat jungkit, bom-bom car, komedi putar,dll. Tersedia juga wahana outbond seperti fying fox dan keliling dengan naik kuda. Selain itu juga bisa menyewa perahu dayung di sana, maupun naik perahu boot.

6. Kera Maskot Taman Wisata Wendit

Kera jinak yang berkeliaran menjadi Maskot
Kera jinak yang berkeliaran menjadi Maskot Taman Wisata Wendit Malang. Foto : Googlemap/Kumbarakarta Kharisma

Hal menarik lainnya adalah kera yang merupakan maskot pariwisata Wendit. Kera ini disebut sebagai utusan kerajaan di Tengger untuk melindungi sumber mata air Wendit.

Kera yang ada di wisata Wendit adalah jenis ekor panjang (macaca fascicularis). Kera-kera tersebut jinak dan bebas berkeliaran di hutan kecil Wendit dan menghuni pepohonannya. Pohon Jati dan Sonokeling yang ada di kawasan tersebut merupakan ekosistem hutan kecil habitat terakhir kera ekor panjang.

Baca: ECO GREEN PARK Malang Tiket & Wahana

7. Ritual Sendang Widodaren

Sepelemparan batu dari kolam, ada sebuah bangunan dengan relief Hindu. Di dalamnya terdapat sumber air bernama Sendang Widodaren. Sedangkan di sebelah sendang ada punden yang juga terdapat arca.

Di Wendit ini, khususnya di Sendang Widodaren digunakan untuk 4 ritual berbeda dalam satu tahun. Pertama adalah Grebeg Tirto Aji yang digelar setiap Kamis Pahing bulan Rajab. Suku Tengger 4 daerah, yakni Malang, Pasuruan, Probolinggo dan Lumajang melakukan ritual ini. Warga Tengger mengambil air sendang untuk dibawa pulang agar ladangnya subur dan panen berlimpah.

Ritual lainnya adalah Bersih Desa oleh masyarakat Desa Mangliawan. Selanjutnya, ritual Jamasan atau mencuci keris oleh pencinta keris, serta Grebeg Suro saat 1 Suro. Wendit dianggap suci karena merupakan pertemuan air dari Gunung Arjuno, Gunung Semeru, Gunung Bromo dan Gunung Kawi.

Baca: LABIRIN COBAN RONDO Malang Tiket & Aktivitas

Fasilitas

Fasilitas umum yang tersedia sudah memadai. Tersedia beberapa kamar mandi dan ruang ganti. Juga terdapat musala untuk beribadah. Warung-warung makanan juga banyak berjejer di sana.

Tempat parkir pun nyaman dan teduh di bawah rindangnya pepohonan. Juga terdapat pendopo, gazebo dan tempat duduk yang bisa digunakan pengunjung untuk beristirahat dan menikmati pemandangan. Pengunjung dapat memperoleh cindera mata hasil kerajinan penduduk setempat dan dijual di sekitar area.

Lokasi Taman Wisata Wendit

Taman rekrasi keluarga ini berada di Jl. Raya Wendit Timur, Lowoksoro, Mangliawan, Pakis, Malang, Jawa Timur 65154

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Very PoorPoorAverageGoodExcellent 4,50 / 2 pembaca