Beranda Tiket Wisata

Rekreasi di Monumen Bandung Lautan Api Bandung - Januari 2021

Monumen Bandung Lautan Api
Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jl. BKR, Ciateul,Regol,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40252.

Monumen Bandung Lautan Api merupakan salah satu monumen yang menjadi ikon Kota Bandung dan dibangun pada tahun 1981. Monumen ini memiliki tinggi 45 meter dan sisi sebanyak 9 bidang. Terbuat dari batu alam dan berbentuk patung kobaran api yang terkait erat dengan peristiwa Bandung Lautan Api.

Bandung Lautan Api sendiri merupakan peristiwa dimana Bandung Selatan di bumi hanguskan yang dipimpin oleh Muhammad Toha untuk mencegah tentara sekutu dan NICA Belanda menggunakan Kota Bandung sebagai markas militer. Setiap tanggal 23 Maret Monumen ini dijadikan pusat peringatan peristiwa Bandung Lautan Api.

Harga Tiket Monumen Bandung Lautan Api

Monumen ini adalah area terbuka hijau dan untuk umum, sehingga tidak perlu khawatir dengan tiket masuknya.

Tiket Masuk
Gratis

Baca: 70 Destinasi Wisata Seru di Bandung

Jam Buka

Adapun waktu operasionalnya adalah :

Jam Buka
Senin – Minggu08.00 – 04.00

Berbagai aktivitas menarik di Monumen Bandung Lautan Api

Sebagai area terbuka hijau, Monumen Bandung Lautan Api sangat cocok untuk berbagai kegiatan dan aktivitas masyarakat serta cocok untuk berbagai usia, bisa dilakukan bersama keluarga, teman atau sendiri. Bisa dikatakan, berada di tempat ini pengunjung akan mendapatkan paket lengkap di satu tempat. Adapun kegiatan-kegiatan yang dapat dilakukan di area Monumen ini diantaranya :

Berolahraga

aktivitas di Monumen Bandung Lautan Api
Pengunjung dapat melakukan berbagai kegiatan olahraga, salah satunya dengan bersepeda. Foto : Google Maps/Gon-Dez Chanel

Aktivitas ini memang menjadi salah satu tujuan masyarakat datang ke sini. Dengan area yang luas setiap pengunjung yang datang dapat dengan leluasa melakukan berbagai macam kegiatan oleharaga tanpa khawatir mengganggu dan terganggu oleh pengunjung lainnya.

Baca: MUSEUM GEOLOGI BANDUNG Tiket & Atraksi

Adapun aktivitas yang dapat dilakukan disini diantaranya jogging, jalan santai, bersepeda, skateboard , sepatu roda, badminton bersama keluarga, sepak bola bersama teman-teman, bermain catur dan lain-lain. Bahkan di Hari Minggu banyak komunitas-komunitas yang melakukan olahraga bersama, seperti senam massal, yoga.

Belanja di pedagang Kaki Lima

Pedagang menjajakan dagangan
Berbelanja di Monumen Bandung Lautan Api merupakan salah satu kegiatan yang tidak boleh ditinggalkan. Aneka jenis dagangan ijajakan disini. Foto : Google Maps/Hendra Firmidi

Aktivitas lain yang juga digemari di sekitar monumen ini yaitu berbelanja. Berbagai jenis barang dagangan tersedia di sini. Pengunjung bisa dengan leluasa memilih barang-barang kebutuhan. Mulai dari jajanan khas, pakaian hingga souvenir bisa ditemukan di sini.

Tidak perlu khawatir dengan harga yang ditawarkan. Tentunya masih terjangkau untuk masyarakat umum. Selain itu pada hari Minggu di Monumen ini diadakan bazar baju atau Pasar Tumpah. Pengunjung bisa sekalian belanja untuk keperluan sehari-hari disini. Sebagaimana namanya, pedagang yang menjajakan barang dagangannya lebih banyak dibanding hari biasanya. Hal ini dikarenakan pada hari Minggu pengunjung yang datang pun lebih ramai.

Baca: Alun-Alun Bandung 5 Daya Tarik Wisata

Taman Dinosaurus

patung dinosaurus
Pengunjung dapat menikmati spot foto yang ada di sekitar area monumen salah satunya yang berada di Taman Dinosaurus. Foto : Google Maps/ Yadi Wahyudin

Sesuai namanya, di Taman ini banyak patung Dinosaurus dalam berbagai bentuk dan ukuran. Jika pengunjung datang bersama anak-anak, Taman Dinosaurus ini wajib dimasukkan dalam agenda.

Taman Dinosaurus ini dapat dijadikan objek atau latar belakang foto, terlebih bagi pengunjung yang menyukai foto-foto atau berswa foto. Tempat ini sangat cocok  untuk menambah koleksi foto yang sudah ada. Pada malam hari patung-patung ini dihiasi dengan lampu warna-warni, sehingga menambah keindahan Taman ini, dan pastinya foto yang dihasilkan akan lebih bagus.

Aktivitas Malam

Suasana malam di Monumen Bandung Lautan Api
Aktivitas malam di sekitar monumen tidak kalah serunya, Suasana semakin semarak dengan hiasan lampu warna-warni. Foto: Google Maps/Vicky Heu

Bagi masyarakat yang tidak memiliki waktu untuk datang pada siang hari, tidak perlu khawatir. Karena pada malam hari-pun monumen terlihat sangat cantik. Ditambah lagi suasana taman yang lebih sejuk pada malam hari. Keindahan monumen ini terlihat semakin jelas dengan semarak lampu-warna-warni yang menghiasi area sekitar taman.

Baca: KAMPUNG KOREA BANDUNG Tiket & Daya Tarik

Para pedagang pun banyak yang berjualan di malam hari, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika membutuhkan makanan dan minuman. Hal ini tentunya menjadi salah satu alasan bagi pengunjung untuk datang di malam hari.

Fasilitas

Sebagai area terbuka dan berkumpulnya masyarakat, Pemerintah Daerah setempat sangat memperhatikan fasilitas yang akan menambah kenyamanan berada di Monumen Bandung Lautan Api. Adapun fasilitas yang tersedia diantaranya: Toilet, Mushola, tempat parkir yang luas untuk motor dan mobil. Serta tidak perlu khawatir apabila lapar, karena banyak sekali penjaja makanan di sini. Terdapat pula area bermain anak dan lain lain. Tersedia juga banyak penginapan di sekitar kawasan monumen.

Rute dan Lokasi Monumen Bandung Lautan Api

Monumen bersejarah ini berada di tengah-tengah Taman Tegalega yang beralamat di Jl. BKR, Ciateul, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252. Lokasinya strategis, karena berada di jalan raya yang selalu ramai. Apabila ingin menuju ke Monumen ini dengan kendaraan pribadi dari jalan tol Purbaleunyi, pintu tol keluar terdekat yaitu melalui pintu tol Moch Toha.

Sedangkan apabila menggunakan transportasi umum, jalur terdekat yang melintas di Monumen Bandung Lautan Api adalah angkot yang menuju Terminal Tegalega. Terdapat beberapa angkutan umum yang melewati Monumen ini diantaranya angkutan umum jurusan Cibaduyut – Kebon Kalapa, Kebon Kalapa – Cicaheum, dan Cijerah – Derwati.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini