Gedung Merdeka Harga Tiket: Gratis Jam Buka: 08.00 - 16.00 No. Telepon: 022-426-90705 Alamat: Jl. Asia Afrika No.65, Braga,Sumur Bandung,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40111.

Peristiwa sejarah seringkali meninggalkan jejak yang dapat dikenang hingga saat ini. Seperti di Gedung Merdeka Bandung, saksi bisu dari sejarah Indonesia yang begitu terkenal. Karena sejarahnya ini, gedung ini tetap berdiri dan ramai dikunjungi wisatawan.

Sejak berdirinya, bangunan ini sering silih berganti fungsi. Salah satunya menjadi lokasi Konferensi Asia Afrika, yang masih dilaksanakan hingga kini. Selain sebagai tempat penting menyelenggarakan acara, di sini pun menjadi museum tempat tujuan wisata.

Harga Tiket Masuk Gedung Merdeka Bandung

Untuk mengunjungi Gedung Merdeka tidak dikenakan biaya tiket masuk. Namun, pengunjung harus melakukan reservasi terlebih dahulu ke Gedung Merdeka. Dapat mengirim email reservasi ke reservasi.mkaa@kemlu.go.id, dan pengelola akan mengirim persetujuan reservasi.

Harga Tiket Masuk Gedung Merdeka
Tiket MasukGratis

Baca: Gedung Sate Tiket & 9 Daya Tarik Utama

Jam Operasional

Pengunjung dapat mengunjungi Gedung Merdeka sesuai dengan jadwal reservasi yang telah diberikan pengelola. Tentunya, pengelola akan memberikan jadwal di luar jadwal libur.

Jam Operasional
SeninTutup
Selasa – Kamis08.00 – 16.00 WIB
Jumat14.00 – 16.00 WIB
Sabtu – Minggu09.00 – 16.00 WIB
Hari libur nasionalTutup

Merasakan Atmosfer di Ruang Konferensi

Ruangan Pelaksanaan Konferensi. Foto: Gmap/thio sanjaya

Bak museum dan tempat bersejarah lainnya, Gedung Merdeka juga dibuka untuk umum. Di sini, pengunjung dapat napak tilas perjalanan dan sejarah masa lalu. Tempat lahirnya Dasasila Bandung dan pertemuan penting dua benua, yaitu Asia dan Afrika.

Di sini, terdapat ruang konferensi yang dapat dimasuki oleh pengunjung. Jajaran bendera dari seluruh negara yang mengikuti konferensi tertata dengan sangat rapi. Tiang – tiang bendera ini berjajar dengan rapi di depan ruangan menghadap kursi peserta.

Baca: Museum Asia Afrika Tiket & Atraksi

Pengunjung yang datang dapat merasakan atmosfer ketika konferensi berlangsung. Tak sedikit juga pengunjung yang berfoto dengan latar belakang bendera – bendera ini. Seolah mereka sedang mengikuti konferensi.

Menonton Film Dokumenter Sejarah

Selain belajar sejarah dari foto dan display museum, pengunjung juga dapat menonton film. Gedung Merdeka memiliki ruang audio visual yang digagas oleh Abdullah Kamil. Di sini, pengunjung dapat menyaksikan film dokumenter dengan latar belakang tahun 1950-an.

Tentunya, ada juga film dokumenter tentang Konferensi Asia Afrika dan konferensi lainnya. Ditambah lagi film tentang kebudayaan dari negara di Asia Afrika.

Menyusuri Bandung Rasa Eropa

Pengunjung Duduk Santai di depan Gedung Merdeka. Foto: Gmap/Rahayu Sutrisman

Jika belum dapat berkunjung ke Eropa namun ingin merasakan atmosfernya, kunjungilah Jalan Asia Afrika. Tempat dimana Gedung Merdeka berdiri. Karena, di lingkungan gedung suasananya begitu terasa Eropa.

Apalagi, ketika peringatan Konferensi Asia Afrika pada 2015 lalu, jalan Asia Afrika dipercantik. Suasana Eropa pun dihadirkan di jalan ini. Gedung – gedung dan bangunan tua dicat putih seperti gedung di Eropa.

Ditambah lagi, di sepanjang trotoar granit ditambah kursi untuk duduk santai. Banyak para pengunjung yang menghabiskan waktu sambil santai duduk di kursi ini. Pemandangan yang jarang ada di kota lain ini semakin membuat suasana semakin terasa Eropa.

Belajar Sejarah Secara Langsung dengan Sentuhan Modern

bagian dalam ruang pamer gedung merdeka
Ruang Koleksi Foto yang Begitu Modern. Foto: Gmap/Efih Sudini

Memasuki gedung, pengunjung akan disuguhkan suasana seperti ketika sedang berlangsung konferensi. Di sana, terdapat miniatur Presiden Soekarno bersama para tokoh dunia dalam konferensi Asia Afrika. Pengunjung juga dapat ikut dalam tur dengan pemandu untuk mendapatkan penjelasan lebih lanjut.

Di dinding juga dilengkapi foto – foto kegiatan pada saat itu. Lengkap dengan penjelasan untuk setiap fotonya. Sehingga, pengunjung dapat sambil belajar sejarah sambil menyusuri ruangan.

Foto – foto dan pajangan di sini dibuat sangat modern. Dilengkapi dengan cahaya sehingga foto tampak semakin jelas meskipun hitam putih. Ada juga beberapa foto yang dapat menyala karena lampu sorot dari dalam bingkai.

Pameran Tetap dan Pameran Temporer di Gedung Merdeka

Di Pameran Tetap, memamerkan koleksi berupa benda dan foto dokumenter dari peristiwa sejarah yang terjadi. Seperti Konferensi Asia Afrika, Konferensi Bogor, Konferensi Kolombo, dan Pertemuan Tugu. Foto lahirnya dan dampak dari Konferensi Asia Afrika pun tak luput dari display.

Selain Pameran Tetap, ada juga Pameran Temporer yang dilaksanakan di hari tertentu saja. Tujuan diadakannya Pameran Temporer adalah untuk memberikan edukasi bagi wisatawan mengenai hubungan diplomatik Indonesia. Dan biasanya, kegiatan Pameran Temporer diadakan di luar ruangan.

Fasilitas

Fasilitas umum seperti toilet, mushola, area parkir, tersedia dan terawat dengan baik. Ada juga pemandu wisata yang siap membantu pengunjung menyusuri museum. Menariknya lagi, ada virtual tour yang dapat dinikmati di website Gedung Merdeka.

Lokasi dan Kontak Gedung Merdeka Bandung

Gedung bersejarah ini berlokasi di Jalan Asia Afrika No.65, Braga, Kecamatan Sumur Bandung, Kota Bandung. Untuk informasi lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi nomor telepon di 022-426-90705.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.