Beranda Tiket Wisata

Taman Tegallega Bandung Tiket & Ragam Aktivitas - Februari 2020

Tgl. Update:Minggu, Januari 26, 2020
Taman Tegallega Harga Tiket: Rp1.000 Jam Buka: 06.00 - 20.30 No. Telepon: - Alamat: Jl. BKR No.185, Pelindung Hewan,Astanaanyar,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40243.

Kota Bandung dengan segala jenis taman dan ruang terbuka hijau yang dimilikinya memang mempunyai daya tarik sendiri. Setiap taman menawarkan pengalaman berbeda, mulai dari Taman Lansia yang menyejukkan hingga Taman Jomblo yang tersohor dengan bangku-bangku single berwarna-warni. Semua taman ini bisa menjadi destinasi wisata yang menarik sekaligus murah-meriah. Salah satu taman yang juga sayang untuk dilewatkan adalah Taman Tegallega. 

Taman Tegallega rekreasi ini adalah ruang terbuka yang menempati lahan luas di tengah hiruk-pikuk kota. Wisatawan tidak hanya bisa menikmati kesejukan dari pepohonan yang ada. Beragam fasilitas menarik lainnya bisa ditemukan di taman ini, seperti taman lampion dan monumen peringatan bersejarah.

Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan Taman Tegallega, pengunjung dikenakan biaya yang dijamin terjangkau oleh semua kalangan.

Harga Tiket
Tiket MasukRp1.000

Baca: 14 Taman Rekreasi Paling Seru Di Bandung

Jam Operasional

Taman rekreasi ini bisa dikunjungi hari Selasa hingga Minggu pada jadwal yang tertera di bawah. Taman ini ditutup setiap Senin untuk kegiatan perawatan dan pemeliharaan.

Jam Buka
Selasa – Minggu06.00 – 20.30 WIB

Daya Tarik Taman Tegallega

Taman Tegallega
Taman Tegallega berada di tengah keramaian Kota Bandung – Foto: SalpaGoogle Maps/

Baca: Pet Park Bandung Taman Favorit Pecinta Hewan

Taman Tegallega adalah salah satu taman kota dan ruang terbuka yang ada di Kota Bandung. Menempati lahan seluas kurang-lebih 19 hektare, pantas jika taman ini disebut “tegal lega” alias ‘tanah yang luas’. Lahan ini sudah digunakan sebagai tempat berkegiatan masyarakat Kota Bandung sejak zaman pendudukan Belanda.

Sebagai salah satu taman di Kota Bandung, Taman ini juga tak luput dari renovasi kreatif. Setelah melalui beberapa tahapan revitalisasi sejak tahun 2016, Taman Tegallega kini hadir dengan wajah baru yang lebih tertata. Pengunjung bisa menikmati area terbuka hijau, taman lampion, dan sarana olahraga dengan nyaman di sini.

Dari Pacuan Kuda Jadi Taman Indah

area taman
Area hijau yang sejuk – Foto: Google Maps/cep budhi darma

Baca: Kampung Korea Bandung Tiket & Daya Tarik

Keberadaan Taman Tegallega ternyata sudah terikat dengan aktivitas warga Kota Bandung sejak tahun 1940-an. Saat itu wujudnya bukanlah area hijau terbuka, melainkan lapangan pacuan kuda.

Kegiatan tersebut memang cukup digemari oleh warga lokal maupun warga Belanda yang menetap di Bandung pada masanya. Selain itu, kawasan ini juga digunakan sebagai lokasi gelaran acara layar tancap.

Sekarang, Tegallega sudah berubah menjadi ruang terbuka hijau yang nyaman. Di sekeliling taman ditumbuhi pepohonan yang menciptakan hawa sejuk. Dilengkapi bangku-bangku di sekitarnya, Taman Tegallega menjadi tempat yang cocok untuk menenangkan diri di tengah kota.

Di bagian depan, terdapat taman lampion yang merupakan area hasil revitalisasi. Masuk ke dalam, pengunjung akan melewati lapangan olahraga dan area bermain papan luncur atau skateboard. Di ujung taman, terdapat Monumen Bandung Lautan Api yang menjulang tinggi.

Taman Lampion Dinosaurus

Lampions Park
Lampion aneka bentuk dan warna di Lampions Park Tegallega – Foto: Google Maps/citruz grandis

Baca: Alun-Alun Bandung 5 Daya Tarik Wisata

Area yang kini menjadi daya tarik utama Taman Tegallega adalah taman lampion. Dinamai Lampions Park, area ini dipenuhi dengan jajaran lampion aneka bentuk dengan dominasi bentuk dinosaurus. Begitu memasuki kawasan taman dari gerbang depan, pengunjung akan langsung disambut oleh lampion replika Tyranosaurus Rex atau T-Rex.

Lampions Park memang mengusung tema zaman purba. Di sana-sini terdapat lampion raksasa berbentuk dinosaurus yang bercahaya warna-warni pada malam hari.

Replika telur dinosaurus yang ditata sedemikian rupa akan semakin membangkitkan imajinasi, terutama bagi anak-anak. Sejak dibuka pada pertengahan 2019, area ini memang menjadi tujuan favorit di Taman Tegallega untuk wisata keluarga murah-meriah.

Olahraga

Lapangan
Lapangan sarana olahraga yang luas – Foto: Google Maps/tasripin rvp arip

Baca: Taman Lalu Lintas Bandung Tiket & Aktivitas

Fasilitas lainnya yang terdapat di taman ini adalah area olahraga. Tersedia lapangan luas yang bisa digunakan untuk berbagai aktivitas olahraga seperti sepak bola dan atletik. Sarana ini bisa digunakan oleh siapa saja.

Taman Tegallega juga cukup populer di kalangan para pecinta olahraga atraktif lainnya. Skateboard dan sepeda BMX adalah beberapa di antaranya. Taman ini juga bisa dimanfaatkan oleh komunitas pecinta parkour untuk berlatih sekaligus unjuk kebolehan. Pemandangan atraksi olahraga juga menjadi daya tarik lainnya bagi pengunjung.

Monumen BLA

Monumen BLA
Monumen Bandung Lautan Api – Foto: GOogle Maps/Yusep Setiawan

Baca: Forest Walk Babakan Tiket & Aktivitas

Monumen Bandung Lautan Api adalah destinasi selanjutnya bagi para pengunjung Taman Tegallega. Monumen setinggi kurang-lebih 45 meter ini menjadi pengingat terkait peristiwa kebakaran besar di Bandung pada tahun 1946. Kala itu, Bandung sengaja dibakar oleh warganya secara massal demi mencegahnya jatuh ke tangan Belanda.

Jika dilihat dari atas, Monumen BLA tampak memukau di tengah area berlapis batu yang disusun secara artistik. Pengunjung bisa berfoto bersama monumen ini sebagai kenang-kenangan. Selain sebagai destinasi untuk rekreasi, monumen ini jadi bukti bahwa Taman Tegallega juga merupakan objek wisata sejarah yang menarik.

Pasar Pagi

Pasar pagi
Pedagang makanan yang berjualan di pasar pagi Tegallega – Foto: Google Maps/Sutono Famina

Taman Tegallega juga populer sebagai tempat digelarnya pasar pagi. Pada hari biasa, penjaja sayur, kue basah, dan menu sarapan bisa ditemukan di ini. Pasar ini sangat ramai terutama pada hari Minggu pagi. Tidak hanya makanan, pasar pagi Tegallega juga menawarkan pakaian, mainan, dan barang kebutuhan sehari-hari lainnya.

Fasilitas Taman Tegallega

Setelah direvitalisasi, Taman Tegallega kini hadir dengan fasilitas yang lebih baik. Taman ini dilengkapi toilet, mushola, bangku taman, dan lapangan sebagai sarana olahraga. Tempat ini juga selalu ramai dengan penjaja makanan di sekeliling taman, sehingga pengunjung tidak perlu kebingungan jika ingin mengisi perut.

Lokasi Taman Tegallega

Taman rekreasi ini berada persis di seberang Museum Sribaduga, tepatnya di Jalan BKR, Ciateul, Kecamatan Regol, Kota Bandung, Jawa Barat. Lokasinya strategis karena dikelilingi oleh jalan raya yang selalu ramai, dekat dengan berbagai fasilitas publik, serta dilalui angkutan umum. Beberapa  angkot yang melintasi Tama Tegallega adalah angkot jurusan Cibaduyut – Kebon Kalapa, Kebon Kalapa – Cicaheum, dan Cijerah – Derwati.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here