Museum Geologi BandungHarga Tiket: Rp2.000 - Rp3.000Jam Buka: 10.00 WIB - 13.00 WIBNo Telp: 022-7213822Alamat: Jl. Diponegoro No.57, Citarum,, Bandung Wetan, Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40122

Museum Geologi Bandung berdiri pada 16 Mei 1928 yang bertepatan dengan diresmikannya Ilmu Pengetahuan Pasifik ke-IV. Bangunan museum ini sempat renovasi yang pada akhirnya kembali buka pada 23 Agustus 2000. Pada saat itu, Museum berfungsi sebagai gedung perkantoran  dengan unit laboratorium geologi dan sarana penyimpanan koleksi hasil penelitian geologi.

Museum ini merupakan salah satu destinasi wisata di Bandung yang populer dan banyak dikunjungi untuk kegiatan study tour. Di dalamnya, ada segudang materi geologi yang teramat berharga dan mendapat perlindungan dari pemerintah.

Museum ini berisi tentang segala yang berkaitan dengan ilmu geologi dan juga koleksi hasil penelitian geologi. Salah satu di antaranya yaitu fosil Tyrannosaurus Rex Osborn, tengkorak manusia purba yang ditemukan di Indonesia, dan artefak dari zaman purba.

Serta sejarah perkembangan makhluk hidup dari masa primitif hingga di masa modern. Dan masih banyak lagi materi yang dapat mengedukasi pengunjung mengenai bidang geologi.

Baca: 49 Tempat Wisata Di Bandung Terlengkap

Harga Tiket Museum Geologi Bandung

Harga tiket Museum Geologi Bandung cukup terjangkau bagi para pengunjung. Cukup mengeluarkan uang beberapa ribu sudah bisa mendapat banyak pengalaman baru di museum ini.

Harga Tiket Masuk Museum Geologi Bandung
DewasaRp3.000
MahasiswaRp2.000
AnakRp2.000
International TouristRp10.000

Syarat berkunjung ke Museum Geologi:

  • Pengunjung dalam keadaan sehat dan sudah vaksin.
  • Menerapkan protokol kesehatan yang ketat.
  • Melakukan reservasi melalui telepon ke nomor 022-7213 822.
  • Pembayaran tiket secara tunai.
  • Kuota pengunjung maksimal 300 orang per hari.
  • Anak usia 12 tahun ke bawah wajib dengan pendamping yang sudah vaksin.

Jam Operasional Museum Geologi Bandung

Jam Buka
Selasa – Kamis & Sabtu-Minggu10.00 – 13.00 WIB
Senin, Jumat & Libur NasionalTUTUP

Pengunjung dapat mengunjungi Museum Geologi Bandung di hari selasa hingga Kamis pada pukul 10.00 hingga 13.00 WIB. Begitu pun di hari Sabtu dan Minggu.

Museum ini tidak beroperasi pada hari Senin, Jumat dan pada hari libur nasional. Maka bagi pengunjung yang hendak berwisata ke sini wajib mengingat jadwal operasional museum.

Aktivitas & Wahana di Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung
Museum Geologi Bandung. img: http://museum.geology.esdm.go.id/

Berbagai aktivitas di museum yang dapat menambah pengetahuan diantaranya:

Wisata Edukasi

Sesuai dengan namanya, Museum Geologi Bandung menjadi  tempat yang penuh edukasi dengan harga yang cukup terjangkau. Di dalamnya, pengunjung akan mendapati aneka koleksi museum beserta informasi mengenai masing-masing benda.

Pengunjung juga mendapat pendidikan mengenai nilai sejarah kehidupan manusia dan alam sekitar. Hal ini tentu sangat berguna bagi pengunjung, khususnya bagi pelajar sekolah dasar hingga menengah ke atas.

Museum ini menawarkan segudang ilmu mengenai geologi seperti hipotesis terjadinya bumi. Selain itu ada pula sistem tata surya, tatanan tektonik regional, fosil manusia purba, pemetaan sumber daya mineral, dan lain sebagainya.

Di ruang lain juga terdapat informasi mengenai jenis bahaya geologi seperti tanah longsor atau letusan gunung berapi. Ada juga informasi mengenai penggunaan mineral dalam aktivitas sehari-hari.

Night at The Museum

Kegiatan ini digelar pertama kali pada tahun 2015 sebagai peringatan Hari Pertambangan dan Energi. Acara Night at The Museum rutin di setiap bulan yang jadwalnya akan diumumkan di media sosial Twitter @geomuzee.

Saat menginjakkan kaki ke dalam museum, akan mengingatkan pengunjung dengan film “Night at The Museum” karena awal perjalanan yang disambut dengan rangka dinosaurus. Ini merupakan salah satu kegiatan yang paling menyenangkan untuk merasakan sensasi berkunjung ke museum pada malam hari.

3D Museum

Terdapat satu ruangan di ujung barat gedung museum yang terisi dengan gambar 3D bertema prasejarah. Pengunjung dapat berfoto ria yang hasilnya bisa langsung dicetak sebagai souvenir.

Wisata ini terbilang unik karena pengunjung akan merasakan sensasi hidup di zaman prasejarah. Tentunya juga tetap mengedukasi pengunjung agar tahu eksistensi yang ada di zaman tersebut.

Baca: Saung Angklung Udjo Bandung: Tiket, Atraksi & Pertunjukan 2018

Wisata Kuliner

Pengunjung dapat mencicipi aneka kuliner di area food bazaar dengan jajanan yang variatif. Jajanan di sini tergolong makanan ringan setelah jelajah Night at The Museum.

Pengunjung yang hendak mencoba beragam camilan, bisa mampir dahulu ke beberapa tenda yang berjajar. Makanan yang sudah dibeli bisa dimakan di tempat atau dibawa pulang.

Penggalian Fosil

Museum Geologi Bandung menyediakan wahana menggali fosil bagi anak-anak dengan tujuan sebagai media pembelajaran. Bentuk arena penggalian tersebut berupa kolam pasir yang berisi aneka replika fosil.

Kemudian, anak-anak akan mempelajari cara merekonstruksi tulang belulang yang agar menyerupai seekor binatang. Selain menyenangkan bagi anak-anak, kegiatan ini tentu sangat edukatif bagi pengetahuannya.

Taman Batu

Wahana ini merupakan sebuah pembelajaran yang praktis bagi pengunjung yang ingin mempelajari ilmu kebumian. Materi tersebut adalah ilustrasi sederhana yang mengajarkan bagaimana batu terbentuk.

Tersedia puluhan batu yang dikelompokkan berdasarkan dengan jenisnya dan diberi informasi mengenai nama dan lokasi penemuannya. Seperti misalnya batu marmer dari Sukabumi, sabak dari Banten, gamping dari Klaten, dan lain sebagainya.

Lewat bongkahan batu tersebut, pengunjung dapat mempelajari proses terbentuknya batu dan melihat contohnya. Seperti batuan sedimen dan metamorf  yang terbentuk dari batuan beku yang melewati proses pelapukan, deposisi, dan latifikasi.

Setiap jenis batu dikumpulkan dari seluruh daerah di Indonesia untuk dipamerkan di taman tersebut. Kini batu-batu itu hampir habis di tempat asalnya karena banyak yang menjualnya ke luar negeri.

Menyaksikan Fosil Dinosaurus

Di ruangan utama, pengunjung akan disambut pertama kali oleh fosil gajah purba, mamut. Ada pun Fosil T-Rex yang akan pengunjung jumpai di ruang peragaan lantai 1. Pada setiap lantainya memiliki tema yang berbeda seperti misalnya lantai 1 yang memiliki tema Geologi Indonesia dan lantai 2 mengenai Kehidupan Manusia.

Selain menyajikan pengalaman yang edukatif, di sini juga menawarkan sisi menyenangkan yang bisa dinikmati oleh pengunjung.

Berfoto

Pengunjung yang tidak ingin melewatkan pengalaman menarik di Museum Geologi Bandung tentu tertarik untuk mengabadikannya lewat foto. Banyak spot foto menarik yang dapat dijadikan latar sebuah gambar.

Pengunjung dapat mengambil gambar di Taman Batu, di 3D Museum, atau di tempat lainnya yang menarik untuk diabadikan. Namun pengunjung harus tetap tenang dalam proses pengambilan foto agar tidak mengganggu pengunjung lainnya.

Fasilitas di Museum Geologi Bandung

Museum Geologi Bandung memiliki fasilitas berupa auditorium untuk melakukan kegiatan seminar, pemutaran film, ceramah, dan lainnya. Ada juga ruang edukasi yang digunakan sebagai tempat berdiskusi yang berkapasitas 40 orang.

Selain itu ada souvenir shop yang menjual beragam cinderamata yang berkaitan dengan geologi seperti buku, kaus, gantungan kunci, beragam aksesori, dan lainnya. Ada pun fasilitas lainnya seperti masjid, poliklinik, dan toilet yang disediakan bagi pengunjung.

Rute Angkutan Umum ke Museum Geologi Bandung

Ada dua jalur alternatif yang dapat dipilih oleh pengunjung Museum Geologi Bandung yaitu Pintu Selatan dan Pintu Utara. Untuk masuk melalui dua jalur ini, pengunjung dapat menggunakan angkutan berwarna hijau-hitam dengan angka 05 jurusan Cicaheum-Ledeng. Kedua jalur ini sama-sama dilewati oleh angkutan 05 rute Cicaheum-Ledeng.

Alamat dan Kontak Museum Geologi Bandung

Lokasi Museum Geologi Bandung yaitu di Jalan Diponegoro No. 57, Bandung, Jawa Barat 40122. Kontak yang dapat dihubungi untuk kepentingan tertentu di nomor 022-7213822. Atau dapat menghubungi melalui email museum-geologi@grdc.esdm.go.id. Pengunjung bisa juga mengikuti akun Twitter milik Museum Geologi Bandung di @geomuzee untuk informasi berbagai acara menarik.

Tanggapan:

4.2 / 5. dari 6

Kasi Bintang