Beranda Tiket Wisata

Kampung Korea Bandung Tiket & Daya Tarik - Februari 2020

Tgl. Update:Rabu, Januari 8, 2020
Kampung Korea Bandung Harga Tiket: Rp10.000 - Rp15.000 Jam Buka: 10.00 - 22.00 No. Telepon: - Alamat: Kebonwaru,Batununggal,Bandung,Jawa Barat,Indonesia,40272.

Terbang dan menjelajahi Negeri Ginseng alias Korea Selatan mungkin terdengar mustahil bagi sebagian orang. Memang tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk pergi ke luar negeri. Namun, ternyata Bandung punya solusi dan alternatif destinasi bagi yang ingin merasakan sedikit suasana Korea Selatan,  Kampung Korea namanya.

Ssebuah destinasi wisata teranyar yang berada di tengah keramaian Kota Kembang. Sesuai namanya, tempat ini menawarkan suasana lingkungan a la Korea Selatan melalui arsitektur, kuliner, dan berbagai acara untuk mengenalkan budaya Korea lebih jauh.

Tiket Masuk Kampung Korea

Pengunjung tidak perlu membayar mahal untuk bisa masuk dan menikmati suasana Korea Selatan di Kampung Korea. Tiket ini bahkan sudah termasuk voucher di salah satu gerai makanan dan minuman yang ada di dalamnya.

Harga Tiket Masuk
Senin – JumatRp10.000
Sabtu – Minggu & Hari LiburRp15.000
Sewa HanbokRp100.000 per jam

Baca: 70+ Tempat Wisata Menarik Di Bandung

Jam Operasional

Taman tematik ini bisa dikunjungi pada hari biasa maupun hari libur. Wisatawan bisa memilih untuk datang pada siang hari yang cerah atau menikmati suasana romantis pada malam hari.

Jam Buka
Setiap Hari10.00 – 22.00 WIB

Daya Tarik Kampung Korea

Gerbang
Gerbang dengan ornamen khas Korea yang mencolok – Foto: Google Maps/AGUNG Maolana M

Taman tematik ini merupakan hasil gagasan pada masa pemerintahan Wali Kota Ridwan Kamil. Di Seoul, pariwisata Bandung direpresentasikan oleh keberadaan Little Bandung. Oleh karena itu, dibuatlah Kampung Korea sebagai bentuk apresiasi dan wadah pengenalan budaya Korea di Bandung.

Selain saling mengenalkan kebudayaan masing-masing kota, baik Little Seoul maupun Kampung Korea menjadi tempat yang tepat untuk mengembangkan wisata.

Kampung Korea merupakan area wisata yang masih satu kawasan dengan Taman Kiara Artha. Tempat wisata ini terdiri dari dua area, yaitu tradisional dan modern. Kampung Korea memberikan kesempatan bagi wisatawan untuk mencicipi suasana Korea melalui arsitektur, kuliner, serta budaya yang ditampilkan.

Wisata Foto

Area tradisional
Area tradisional dengan jembatan kayu dan pohon sakura – Foto: Google Maps/Victor Gouanda

Hal utama yang menjadi perhatian saat berkunjung ke Kampung Korea adalah arsitekturnya. Gerbang masuk kawasan wisata ini dibuat menyerupai bangunan tradisional di Korea Selatan.

Dengan atap melengkung serta gerbang kayu besar, pintu masuk area wisata ini dijamin menarik perhatian dan mengundang untuk diabadikan sebagai latar foto yang ikonik.

Melewati gerbang utama, pengunjung akan disambut oleh beberapa pohon “sakura”. Meski artifisial, namun penataannnya dibuat sedemikian rupa hingga menyerupai taman tradisional di Korea Selatan.

Dilengkapi jembatan kayu dan tanah bebatuan, pengunjung akan dihipnotis seolah sedang menginjakkan kaki di halaman istana di Korea Selatan.

Baca: Little Seoul Chingu Café Bandung Wisata Ala Korea

Kawasan ini terbagi menjadi dua bagian, yaitu area tradisional dan area modern. Taman yang dihiasi bunga sakura termasuk dalam kawasan tradisional.

Area ini ditandai dengan jajaran bangunan dengan fasad khas Korea. Eksteriornya didominasi oleh kayu, mulai dari pintu, jendela, hingga ornamen.

Sementara area modern dibuat sebagai replika suasana Kota Seoul. Fasad bangunan dihiasi jendela kaca yang lebar dan berwarna-warni.

Jalanan dihiasi lampu-lampu berbentuk unik dan cantik. Bangku-bangku taman yang juga berfungsi sebagai tempat makan berjajar rapi di tengah area.

Wisata Kuliner

Food court di kampung korea bandung
Jajaran gerai makanan Korea dan lokal – Foto: Google Maps/arnietta putama wardani

Tidak hanya melalui arsitekturnya, Kampung Korea juga menyajikan beragam gerai makanan untuk wisata kuliner. Tidak hanya terbatas pada makanan Korea, tetapi juga makanan lokal dan negara Asia Timur lainnya seperti Jepang. Makanan seperti ramyeon, odeng, dan chikin tersedia di sini.

Gerai kopi
Joheun Keopi, gerai kopi di Kampung Korea – Foto; Google Maps/Timothy Widjaya

Salah satu gerai yang tampaknya wajib untuk dikunjungi adalah Joheun Keopi. Gerai kopi ini menyajikan aneka menu kopi kekinian yang cocok di lidah anak muda atau kalangan senior. Menu khasnya yaitu naeng, racikan kopi dan madu yang disajikan dingin. Cita rasa Korea bisa dicicipi melalui menu ini.

Wisata Budaya

Hanbok ala kampung korea bandung
Pengunjung bisa menyewa dan berfoto dengan mengenakan hanbok – Foto: Google Maps/Selfy Ana

Kampung Korea menawarkan pengalaman penuh untuk merasakan suasana Korea dengan menyediakan jasa sewa pakaian tradisional hanbok. Ya, pakaian yang identik dengan warna-warna cerah dan bentuknya yang anggun ini bisa disewa selama satu jam oleh pengunjung.

Jika ingin mengabadikannya dalam foto, tersedia jasa foto profesional yang bisa mengarahkan pengunjung untuk bergaya dengan latar belakang terbaik.

Selain itu, Kampung Korea juga merupakan kantor komunitas pecinta budaya Korea terbesar di Indonesia, Hansamo. Komunitas ini didukung penuh oleh Konsulat Jenderal Korea Selatan, lho!

Baca: Taman Superhero Bandung Tiket & Aktivitas

Hansamo aktif mengadakan berbagai acara kebudayaan Korea, baik itu tradisional maupun modern. Kursus bahasa, les menari tradisional dan K-Pop, hingga kegiatan belajar huruf Hangul pun ada di sini. Pengunjung juga bisa membeli dan mencicipi aneka cemilan khas Korea di sini.

Fasilitas Kampung Korea

Fasilitas yang terdapat di Kampung Korea antara lain area parkir yang luas, toilet, mushola, dan barisan gerai makanan di foodcourt. Tempat ini juga menyediakan jasa sewa dan foto kostum tradisional Korea, hanbok.

Lokasi Kampung Korea

Taman tematik ini berada di Kelurahan Kebonwaru, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung. Lokasinya bisa dicapai menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum. Beberapa angkutan umum yang melintasi kawasan ini yaitu Angkot Ciwastra – Cicaheum, Binong – Kalapa, Riung – Dago, dan lain-lain.

Untuk mengaksesnya, pengunjung bisa melalui dua pintu. Pintu pertama adalah melalui gerbang Taman Kiara Artha di Jalan Kiaracondong. Pintu kedua yaitu melalui Jalan Banteng dari arah Jalan Jakarta.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here