Beranda Tiket Wisata

WADUK MALAHAYU Tiket & Ragam Wahana - September 2020

Waduk Malahayu
Harga Tiket: Rp2.000 - Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Area Sawah Dan Kebun, Malahayu,Banjarharjo,Kabupaten Brebes,Jawa Tengah,,-.

Waduk Malahayu bisa menjadi alternatif wisata di Kabupaten Brebes. Waduk ini terkenal dengan pemandangannya yang begitu indah. Hijaunya area sekitar dan perbukitan yang mengelilingi waduk merupakan suguhan utama objek wisata ini.

Berbagai wahana wisata dibuat supaya pengunjung dapat menikmati pemandangan sambil merasakan keseruan bermain wahana. Pengunjung pun dapat menikmati kuliner ikan yang khas di objek wisata ini.

Harga Tiket Masuk Waduk Malahayu Brebes

Objek wisata ini menetapkan harga tiket masuk yang sangat terjangkau. Meskipun ada tarif parkir, namun tetap tidak memberatkan pengunjung.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 5.000
Tarif Parkir
MotorRp 2.000

Baca: 4 Wisata Terbaik di Brebes

Jam Operasional

Objek wisata ini buka sepanjang waktu. Apalagi, ada bumi perkemahan yang dibuka di kawasan Waduk Malahayu.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Menikmati Keindahan Waduk Malahayu

bentang alam waduk dengan dermaga pandang
Lanskap waduk dengan danau yang dikelilingi perbukitan hijau serta dermaga pandang. foto: Google Maps/Khair Rule

Objek wisata ini dapat menjadi pilihan kala liburan. Apalagi saat weekend, waktu yang tidak begitu lama dan mudahnya diakses menjadi salah satu alasannya. Berwisata di alam seperti ini tentu dapat menyegarkan pikiran. Menyaksikan pemandangan indah, dengan hamparan air yang jernih memantulkan bayangan langit.

Pepohonan berjajar dan berkerumun, menciptakan suasana rindang di kawasan waduk. Tak heran, pengunjung tidak akan merasakan kepanasan karena kawasan dilingkupi dengan pepohonan yang rimbun. Hijau dengan dahan dan daun yang menjalar, sembari berayun karena terpaan angin. Seketika, angin sejuk menghempas tubuh, membawa kedamaian sembari merasakannya dalam – dalam.

Baca: WADUK PENJALIN Wisata Selfie di Brebes

Air waduk menghampar begitu luasnya, dengan air jernih khas danau. Memantulkan langit dan pepohonan di sekitarnya, membuatnya seolah – olah cermin alami. Dari kejauhan, pengunjung dapat menyaksikan pegunungan yang berjajar dan berselimut pepohonan. Gelombang naik turunnya bukit terlihat seirama, naik turun dengan lugasnya.

Spot Foto di Waduk Malahayu

Spot Foto Gerbang Waduk Malahayu
Spot Foto Gerbang Waduk Malahayu. Foto: Gmap/Andriana Andri

Tidak hanya memiliki pemandangan yang indah, area waduk juga menyediakan spot foto yang wajib dikunjungi. Spot foto yang selalu menjadi tujuan pengunjung adalah Gerbang Waduk Malahayu. Di sini terdapat gerbang berwarna biru yang tinggi menjulang, dengan bagian serongnya berpagar kayu. Di bagian atas gerbang, terdapat tulisan “WADUK MALAHAYU” berwarna kuning.

Gerbang berwarna biru ini tampak sangat cerah diantara hijaunya pemandangan sekitar. Warnanya yang senada dengan langit, membuatnya tampak cerah. Pengunjung disarankan untuk mengenakan pakaian yang senada untuk berfoto di depan gerbang ini. Supaya tampil lebih bergaya dan senada.

Baca: Hutan Mangrove Brebes Tiket & Aktivitas

Menggunakan aksesoris juga disarankan, supaya tampilan lebih baik lagi. Terdapat penjual topi yang berlalu – lalang di area sekitar. Pengunjung dapat membeli topi di penjual ini dengan harga yang terjangkau. Kabar baiknya, harga topi masih dapat ditawar untuk mendapatkan harga yang lebih murah.

Meluncur dengan Flying Fox

wahana permainan di sekitar waduk
Arena Permainan di Waduk Malahayu. Foto: Gmap/Erna Sulistiawati

Berwisata di sini umumnya dipilih sebagai tempat untuk menenangkan diri. Namun, bagi pengunjung yang ingin seru – seruan, jangan khawatir. Ada wahana flying fox yang dapat dipilih untuk menikmati Waduk Malahayu dari sisi lain. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun cukup membuat jantung berdesir.

Untuk dapat menikmati wahana ini, pengunjung akan dikenakan biaya khusus. Tidak termasuk dengan biaya tiket masuk. Namun tentunya, biaya yang ditetapkan masih terjangkau.

Berkeliling Waduk dengan Perahu Bermotor

Pengunjung juga dapat menikmati pemandangan dari perairan, yaitu dengan perahu bermotor. Perahu yang terbuat dari kayu ini tampak berjajar di pinggiran danau. Berwarna – warni menarik perhatian dan seolah siap untuk berlayar. Perahu ini juga dilengkapi dengan atap, sehingga tidak terlalu panas.

Karena, area perairan akan lebih terik daripada di darat. Tidak ada pohon peneduh, dan adanya pantulan air dari danau membuatnya semakin terik. Bahkan, sinar matahari yang mengenai air menimbulkan cahaya terang yang menyilaukan.

Berhati – hatilah juga karena di area perairan anginnya begitu kencang. Disarankan bagi pengunjung wanita untuk menggunakan celana. Karena jika menggunakan rok, akan terganggu dan menjadikan wisata tidak nyaman.

Mitos Melanggengkan Pernikahan di Waduk Malahayu

kejernihan air waduk bak cermin
Jernihnya Air Danau Waduk Malahayu. Foto: Gmap/Winarto Hendro Wibowo

Objek wisata yang memiliki mitos biasanya semakin menarik minat wisatawan untuk berkunjung. Apalagi jika mitos tersebut berhubungan dengan kisah asmara, seperti di Waduk Malahayu ini. Banyak wisatawan yang tertarik berkunjung karena adanya mitos mengenai langgengnya pernikahan. Kabarnya, pasangan pengantin yang baru menikah, jika ingin langgeng dapat mengunjungi Waduk ini.

Pasangan pengantin wajib membasuh wajah di air waduk. Yang mana, hal ini dilakukan untuk mendapatkan kehidupan rumah tangga yang langgeng dan berkecukupan. Ini telah dipercaya oleh penduduk selama turun – temurun. Benar atau tidaknya tergantung pada kepercayaan tiap individu.

Fasilitas Waduk Malahayu Brebes

Objek wisata ini telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas umum. Diantaranya lapangan parkir, toilet, serta warung – warung yang berjajar. Warung – warung makan ini menyediakan menu ikan bakar yang khas.

Lokasi Waduk Malahayu Brebes

Waduk ini berada di Kecamatan Banjarharjo, Kabupaten Brebes. Dimana, lokasinya berada di dekat perbatasan Jawa Tengah dan Jawa Barat. Berjarak kurang lebih 23 Kilometer dari kota brebes. Kawasan wisata waduk ini bisa ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini