Beranda Tiket Wisata

UMBUL PENGGING Boyolali Tiket & Kolam Unik Desember 2021

Umbul PenggingHarga Tiket: Rp3.500 - Rp4.500Jam Buka: 06.00 - 17.00No Telp: -Alamat: Umbulsari, Bendan, Banyudono, Boyolali, Jawa Tengah, Indonesia, 57373

Umbul Pengging merupakan kolam mata air yang berlokasi di Boyolali. Umbul ini memiliki desain arsitektur yang unik. Keunikannya terlihat dari bentuk bangunan yang bergaya kerajaan Indonesia masa lampau. Area wisata ini menjadi favorit bagi masyarakat Boyolali dan Surakarta karena lokasinya yang tergolong dekat.

Di umbul ini memiliki 3 jenis kolam, dengan fungsinya di masa lalu, kedalaman, dan bentuk yang berbeda-beda. Sebagai peninggalan di zaman kerajaan Demak, area pemandian ini masih diminati sebagai wahana untuk berenang. Biasanya, area kolamnya juga sering bermanfaat bagi sekolahan untuk mengambil nilai berenang.

Harga Tiket Masuk Umbul Pengging

Untuk masuk ke area Umbul Pengging, pengunjung hanya perlu membayar tiket masuk dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi, harga tiket masuk tersebut berbeda antara hari biasa dengan akhir pekan atau libur nasional. Selain itu, untuk masuk ke tiap kolamnya, pengunjung perlu membayar biaya tambahan yang berbeda di tiap kolamnya.

Harga Tiket Masuk
Hari Biasa / Hari LiburRp 3.500 / Rp 4.500
Harga Tiket Masuk Umbul
Temanten dan DudaRp 1.500
NgabeanRp 2.500
AnakRp 3.500

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Terbaik di Boyolali

Jam Operasional Umbul Pengging

Area taman rekreasi air ini terbuka untuk umum setiap hari, dari pagi hingga sore hari. Jam buka umbul ini berbeda dengan area pemancingan Win Win yang ada di dalamnya.

Jam Operasional
Setiap hari05.30 – 17.00 WIB
Jam Operasional Area Pemancingan
Senin – Jumat08.00 – 16.30 WIB
Sabtu08.00 – 17.00 WIB
Minggu08.00 – 17.15 WIB

Jenis Kolam di Umbul Pengging

Salah satu kolam yang ada di area Umbul Pengging
Umbul Pengging memiliki 4 jenis kolam dengan ukuran kedalaman dan bentuk yang berbeda. Foto: Google Map/Fahmi Royani

Terdapat 3 jenis kolam yang ada di Umbul Pengging dengan cerita dan fungsinya masing-masing. Kolam tersebut bernama Umbul Temanten, Umbul Duda, dan Umbul Ngabean. Temanten, yaitu umbul gabungan dari dua kolam dan diibaratkan sebagai pengantin yang Bersatu dan hidup rukun. Selanjutnya yaitu Duda, yang pada zaman dulu menjadi tempat hidup kura-kura jantan yang sendirian. Duda sendiri bermakna seorang lelaki yang tidak memiliki pasangan.

Kemudian adalah Ngabean, yaitu umbul yang menjadi tempat pemandian keluarga Raja Kasunanan Surakarta. Nama Ngabean itu sendiri merupakan sebutan dari pangkat penjaga umbul Kasunanan Surakarta. Setiap umbul memiliki kedalaman kolam yang berbeda, yaitu 0,5 sampai 1,7 meter. Umbul tersebut juga memiliki bentuk yang berbeda, yakni persegi panjang pada Temanten dan Duda serta lingkaran pada Ngabean.

Berenang di Umbul Pengging

Berenang di salah satu kolam Umbul Pengging
Berenang di Umbull Pengging tidak membuat mata menjadi merah karena airnya murni dari mata air. Foto: Google Map/Muhammad Nafis Zhafran

Salah satu tujuan utama pengunjung datang ke sini yaitu untuk berendam di kolamnya-kolam yang tersedia.  Di sini terdiri dari 3 kolam alami dan 1 buah kolam buatan untuk anak-anak. Di kolam Umbul Anak, selain tidak terlalu dalam, pengelola melengkapinya dengan wahana permainan air. Sedangkan sumber air yang mengisi Umbul Pengging berasal dari 10 mata air yang muncul di sekitarnya.

Di Umbul Pengging pengunjung akan merasakan sensasi berenang bersama ikan-ikan kecil. Tidak perlu khawatir jika berendam lama di sini karena tidak akan membuat mata menjadi merah. Hal ini karena di umbul ini tidak menggunakan zat-zat kimia untuk menjernihkan air kolam. Setelah berenang, hangatkan badan dengan memakan kudapan dan minum segelas teh manis gula batu yang hangat.

Memancing

Selain berenang, di taman ini pengunjung juga dapat menyalurkan hobi memancingnya. Nama tempat pemancingan di sini yaitu Win Win, yang terletak di bagian Selatan Umbul Ngabean. Area pemancingan ini sudah buka dari pagi hari dengan jam tutup yang berbeda di hari Sabtu dan Minggu. Namun biasanya area pemancingan hanya sampi sore hari.

Ikan yang bisa ditangkap di pemancingan ini yaitu beberapa jenis ikan air tawar, seperti lele, nila, dan gurami. Terdapat gazebo dan 3 buah kolam pemancingan di sini. Selain memancing, di sini juga dapat memesan makanan sebagai teman saat memancing.

Pertunjukkan dan Bermain di Area Permainan Anak

Selain aktivitas di atas di sini juga terdapat berbagai atraksi. Salah satunya yaitu panggung yang digunakan untuk pertunjukkan seni. Panggungnya berukuran 7 x 7 meter. Untuk jadwal pertunjukkan hanya akan berlangsung di hari-hari tertentu. Hari tersebut contohnya yaitu sebelum Ramadan pada acara padusan.

Selanjutnya, di sini juga tersedia area peermainan untuk anak-anak. Terdapat beberapa wahana permainan di sini, seperti perosotan dan ayunan. Area ini berdiri di atas lahan seluas 100 meter. Lokasinya tak jauh dari Umbul Ngabean.

Area Berfoto Unik

Dengan desain arsitektur kerajaannya yang unik, sangat sayang apabila dilewatkan begitu saja. Pengunjung dapat memanfaatkannya sebagai area berfoto yang menarik. Salah satu areanya yaitu di area pintu masuknya. Berfoto di sini akan membuat pengunjung terlihat seperti sedang berada di sebuah keraton atau wilayah kerajaan.

Kemudian, area berfoto lainnya yaitu di tepi kolam. Duduklah di tepi kolam dengan kaki masuk ke dalam air. Di sini pengunjung bisa berpura-pura sedang bermain air. Lalu, gaya berfoto lainnya yaitu saat sedang berada di dalam kolam. Banyak pose yang bisa dicoba, contohnya seperti pose sedang berenang atau hanya mengapung dengan pelampung.

Fasilitas di Umbul Pengging

Umbul ini memiliki fasilitas umum yang tergolong memadai. Beberapa fasilitas tersebut yaitu kamar mandi bilas, musala, warung makan, toilet, dan tempat parkir. Kemudian, di sini juga tersedia area pemancingan, area permainan anak, panggung pertunjukkan, serta objek berfoto. Selain itu, tentu saja di area umbul ini disediakan kolam-kolam untuk berenang dengan ukuran yang beraneka ragam.

Lokasi Umbul Pengging

Umbul Pengging berlokasi di Boyolali, tepatnya di Desa Dukuh, Kecamatan Banyudono, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah. Jika berangkat dari Boyolali, jarak yang harus ditempuh yaitu 14 kilometer dengan waktu temput sekitar 20 menit. Kemudian, jika berangkat dari Surakarta, maka waktu yang harus ditempuh yaitu 20 km dan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Tanggapan:

4.5 / 5. dari 16

Kasi Bintang