Beranda Tiket Wisata

Tiket Pagubugan Melung Kolam Renang di Persawahan Desember 2021

Pagubugan MelungHarga Tiket: Rp7.000Jam Buka: 08.00 - 16.00No Telp: -Alamat: Dusun I, Melung, Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah, Indonesia, 53152

Pagubugan Melung adalah salah satu area wisata yang menawarkan pengalaman berenang di alam terbuka. Kolam renang yang dibangun di area seluas 120 hektare di tengah area persawahan. Selain kolam renang, di sini juga terdapat taman tanaman hias, gubug, serta area berfoto yang menarik. Dari sini pengunjung dapat menikmati panorama sawah yang berbentuk terasering. Tak hanya itu, di sini juga dapat terlihat bukit-bukit hijau yang asri.

Konsep destinasi wisata ini berdiri atas dasar nostalgia warga sekitar akan kehidupan di masa lalu. Dahulu, anak-anak sering berenang di sungai sambil menunggu para orang tua yang sedang bertani di sawah. Air kolam di sini berasal dari mata air jernih yang ada di Gunung Slamet sehingga tidak mengandung kaporit. Nama pagubugan itu sendiri menurut sejarah merupakan sebuah tempat dengan batu besar untuk berteduh.

Harga Tiket Masuk Pagubugan Melung

Untuk menikmati wisata di sini pengunjung perlu membayar tiket masuk yang harganya cukup terjangkau. Dengan tiket masuk tersebut, pengunjung dapat menikmati semua wahana yang tersedia. Biaya tersebut belum termasuk ke dalam biaya parkir.

Harga Tiket Masuk
Per orangRp7.000
Biaya Parkir
MotorRp2.000
MobilRp5.000

Baca: 18 Tempat Wisata Terbaik di Banyumas

Jam Buka Pagubugan Melung

Pagubugan Melung buka setiap hari dari pagi hingga sore hari. Apabila hendak berwisata ke sini sebaiknya datang pada pagi atau menjelang sore. Karena lokasinya yang berada di area persawahan, maka akan sangat terik pada siang hari.

Jam Operasional
Setiap Hari08.00-16.00

Wisata Kolam Renang di Tengah Sawah

Pengunjung berenang di tengah area persawahan
Daya tarik utama di Pagubugan Melung yaitu kolam renang yang ada di tengah kawasan persawahan. Foto: Google Map/WilyTaqwa Jepret

Daya tarik utama yang ada di sini yaitu wisata berenang di tengah area persawahan. Kolam renang ini dibangun untuk menambah jumlah pengunjung yang datang. Awal mulanya, di sini hanya terdapat wisata irigasi sawah. Namun, seiring dengan adanya kolam renang, pengunjung yang datang pun bertambah. Pada hari biasa terdapat sekitar 150 pengunjung dan 500 orang pada hari libur.

Air kolamnya bersumber dari mata air Gunung Slamet yang alami. Hal itu membuat kolam ini tidak menggunakan kaporit untuk menjernihkan airnya. Selain itu, di sini juga terdapat kolam untuk merendam kaki. Terdapat air terjun buatan yang berukuran kecil di samping kolam tersebut.

Baca: Small World Baturaden Tiket & Atraksi

Berkemah di Pagubugan Melung

Pemandangan sawah dan bukit di Pagubugan Melung
Pengunjung dapat menikmati pemandangan hamparan sawah dan bukit yang asri saat berenang di Pagubugan Melung. Foto: Google Map/Bimo Subiakto

Selain berenang, di sini pengunjung juga dapat menikmati pemandangan alam yang asri. Pemandangan tersebut yaitu bukit-bukit yang hijau serta hamparan sawah terasering. Kemudian, saat cuaca cerah, dapat terlihat juga pemandangan gumpalan awan atau indahnya semburat cahaya matahari terbenam.

Untuk menikmati pemandangan lebih lama, tersedia juga area untuk kegiatan berkemah. Dengan membawa tenda dari rumah, suasana pedesaan yang kental sangat terasa. Berkemah di tengah sawah akan menjadi pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Area Foto Keren

Pengunjung berfoto di jalan setapak berlatar gunung dan sawah Pagubugan Melung
Salah satu area berfoto yang menarik yaitu di jalan setapak dengan sawah di kanan dan kirinya. Foto: Google Map/Kholis Nugroho

Sambil menikmati pemandangan, jangan lupa untuk berfoto. Terdapat beberapa area foto unik seperti Selfie Deck di atas sawah dan Jembatan Manggis. Pada ujung jembatan ini, terdapat hiasan yang mirip gunungan wayang. Selain itu terdapat juga latar foto dari bambu yang tersusun membentuk hati. Beberapa batu di sini juga sengaja dicat berwarna-warni untuk menambah daya tarik.

Selain beberapa area foto tersebut, terdapat juga jalan setapak yang membelah persawahan. Jalan setapak ini terbuat dari susunan batu kali. Pada kanan dan kirinya terbentang area sawah yang luas. Saat musim tanam, pemandangan sawah akan terlihat hijau. Lalu, saat musim panen akan terhampar pemandangan padi yang menguning. Berfoto di sini akan menampilkan suasana pedesaan yang masih alami. Jalan setapak ini juga melintasi air terjun buatan di tepinya. Beberapa tampak memanfaatkan tempat ini sebagai area berfoto.

Baca: Bukit Tranggulasih Tiket & Aktivitas

Wisata Kuliner

Menikmati kuliner di gubuk dekat sawah Pagubugan Melung
Jika berkunjung ke sini, jangan lupa untuk mencicipi mendoan dan pecel sayur sambil duduk di gubuk tepi sawah Pagubugan Melung. Foto: Google Map/Yustika Rahma

Setelah lelah berenang dan berjalan-jalan, pengunjung dapat memesan menu-menu makanan sedap di sini. Pemesanan dapat dilakukan secara online melalui aplikasi WhatsApp. Selain itu, makanan di sini juga dapat dibayar menggunakan QRIS. Jadi, pengunjung hanya perlu duduk dan menunggu makanan diantar.

Terdapat dua makanan favorit di sini. Makanan tersebut yaitu tempe mendoan dan pecel sayur. Kedua makanan tersebut cocok berpadu dengan segelas teh hangat. Biasanya, pengunjung akan duduk di gubuk yang tersedia sambil melihat sawah untuk menikmati hidangan ini.

Pembayaran Serba Cashless

Dengan mengikuti perkembangan teknologi, pembayaran di Pagubugan Melung dapat dilakukan secara online. Di area wisata ini, pengunjung dapat melakukan scan barcode QRIS untuk setiap pembayaran. Inovasi pembayaran tersebut bisa terlaksana karena akses internet yang sudah baik di sini.

Pembayaran menggunakan QRIS di area ini misalnya untuk parkir, tiket masuk, sampai membeli makanan. Sistem ini dapat menerima semua bank di Indonesia. Meskipun sudah menerima secara cashless, area ini masih tetap menerima pembayaran menggunakan uang tunai.

Fasilitas di Pagubugan Melung

Pagubugan Melung memiliki fasilitas yang tergolong lengkap, antara lain kolam renang dan beberapa warung makan. Fasilitas lainnya yaitu tempat bermain anak, area berkemah, kolam renang, dan beberapa area berfoto. Selain itu, di sini juga sudah terdapat toilet umum, kamar mandi bilas, musala, lahan parkir yang luas.

Lokasi Pagubugan Melung

Lokasi Pagubugan Melung berada di Desa Melung, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas, Jawa Tengah. Jika berangkat dari pusat Kota Purwokerto, pengunjung hanya perlu menempuh perjalanan sejauh 17 km selama 44 menit. Jalanan menuju ke lokasi sudah beraspal, namun menanjak dan menurun. Pengunjung harap berhati-hati ketika melalui jalan ini, terlebih saat musim hujan.

Tanggapan:

4.2 / 5. dari 9

Kasi Bintang