Bukit Tranggulasih Harga Tiket: Rp5.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Windujaya, Kedungbanteng, Dusun III, Windujaya,Kedung Banteng,Banyumas,Jawa Tengah,Indonesia,53152.

Bukit Tranggulasih di Banyumas disebut-sebut sebagai pesona alam yang tersembunyi di kaki Gunung Slamet. Bukit dengan ketinggian 750 mdpl ini menyuguhkan keindahan sunrise saat pagi, dan sunset saat sore. Sedangkan malam hari, dari area puncaknya terlihat panorama pegunungan dan kota Purwokerto di kejauhan.

Bukit di kawasan seluas 6,7 hektare tersebut letaknya 1,5 jam perjalanan ke arah barat lokawisata Baturraden. Lokasi ini kerap menjadi andalan untuk berkemah dan berswafoto dengan latarnya yang menakjubkan.

Harga Tiket Masuk Bukit Tranggulasih

Keindahan kawasan wisata ini bisa dinikmati pengunjung dengan biaya murah. Harga tiket masuk yang dikenakan ke wisatawan hanya beberapa ribu saja.

Harga tiket masuk Bukit Tranggulasih
Senin – MingguRp5.000

Baca: Lokawisata Baturraden Banyumas Tiket & Wahana

Jam Buka Bukit Tranggulasih

Kawasan wisata ini bisa dikunjungi setiap hari tujuh hari dalam seminggu. Destinasi wisata ini terbuka setiap waktu bagi wisatawan.

Waktu operasional
Senin – Minggu24 Jam

Ragam Aktivitas Wisata

bukit tranggulasih di kaki gunung slamet
Bukit Tranggulasih Banyumas berada di kaki Gunung Slamet.
Foto : Google Maps/pley Art

Pada hari-hari biasa, wisatawan Bukit Tranggulasih berkisar ratusan orang jumlahnya. Sedangkan masa libur panjang, tercatat kunjungan mencapai jumlah seribu orang per hari.

Untuk sampai di lokasi perbukitan, wisatawan akan berjalan kaki melewati undakan anak tangga. Area kawasan wisata pengunungan ini memiliki suasana yang teduh dan cenderung dingin. Bahkan pada siang hari pun, angin selalu menghembuskan hawa yang sejuk.

Baca: The Village Baturraden Banyumas Tiket & Wahana

Berada di ketinggian, membuat kabut kerap turun menyelimuti kawasan ini. Menjelang sore, hujan acap kali turun, baik gerimis maupun hujan deras. Saat hujan turun, jalanan di area wisata ini licin dan wisatawan perlu berhati–hati.

Menikmati Panorama dari Ketinggian

jembatan bambu area spot foto
Spot foto Jembatan bambu membuat wisatawan merasakan ketinggian saat menikmati panorama alam sekitar perbukitan.
Foto : Google Maps/Siswanti Catur Rini

Berada di daerah kaki gunung Slamet, Bukit Tranggulasih memiliki pesona alam yang memukau. Tranggulasih adalah sebuah bukit yang tidak banyak terdapat pohon-pohon besar. Sehingga memungkinkan bagi wisatawan untuk memandang hamparan alam yang luas.

Wisatawan dapat melihat rapinya susunan terasering persawahan yang membentang, dan jernihnya air sungai. Gagahnya Gunung Slamet di sebelah utara berpadu serasi dengan Bukit Cendana di depannya.

Baca: Small World Baturaden Tiket & Atraksi

Jika menghadap ke selatan pada malam hari, terlihat kerlap-kerlip lampu kota Purwokerto. Sehingga membuat tempat wisata ini sering dijuluki Purwokerto Lantai II.

Momen Indahnya Sunrise dan Sunset

Sunrise dan Sunset di area perbukitan banyumas
Sunrise dan Sunset adalah momen yang dinanti para wisatawan yang datang ke objek wisata ini.
Foto : Instagram/bukittranggulasihwindujaya

Objek wisata ini bukan saja memberikan suguhan panorama kota dari ketinggian. Momen yang paling ditunggu wisatawan adalah saat terbit dan terbenamnya matahari. Hal tersebut sangat memungkinkan karena wisata ini buka setiap hari selama 24 jam.

Menghadap ufuk timur, keindahan langit fajar terlihat memukau. Wisatawan yang menanti momen sunrise, dapat datang lebih pagi. Atau wisatawan juga dapat berkemah untuk menghabiskan waktu lebih lama menikmati keindahan panoramanya.

Baca: Kebun Raya Baturraden Tiket & Aktivitas

Sementara saat sore hari, langit barat akan menguning saat matahari mulai tenggelam. Panorama sunset Bukit Tranggulasih terlihat sangat romantis.

Menyusuri Pesona Empat Bukit

Menuju kawasan perbukitan, wisatawan dapat menemukan tiga bukit lainnya. Ada Bukit Datar, Bukit Cinta, Bukit Tinggi, dan tujuan utamanya adalah Bukit Tranggulasih. Keempat bukit ini memiliki pemandangan yang tak kalah satu sama lainnya.

Bukit Datar, sesuai namanya berbentuk datar, digunakan untuk bertistirahat setelah menapaki jalan terjal. Sementara itu, Bukit Cinta tepat di atas Bukit Datar.

Selanjutnya, Bukit Tinggi yang merupakan tempat favorit untuk wisatawan yang ingin berkemah.

Berkemah

suasana malam berkemah di bukit tranggulasih dengan pemandangan city light
Berkemah memberikan waktu lebih banyak untuk menikmati panorama malam dari ketinggian Bukit Tranggulasih Banyumas.
Foto : Instagram/bukittranggulasihwindujaya

Bukit Tranggulasih sejak awalnya terkenal sebagai lokasi untuk berkemah. Wisatawan dapat bermalam di Bukit Tinggi, lokasi paling tinggi di mana semua keindahan pemandangan tampak.

Dengan berkemah, wisatawan dapat menikmati pemandangan pada malam hari dan juga saat matahari terbit. Umumnya wisatawan datang secara berkelompok sekitar 4 hingga 8 orang. Dengan operasional 24 jam, menambah jumlah peminat wisatawan yang ingin berkemah di sini.

Berfoto

Tempat untuk berswafoto telah disiapkan pengelola bagi para wisatawan yang ingin mengabadikan momen. Di beberapa titik, wisatawan dapat berfoto dengan panorama alam yang menawan. Berbagai spot foto tersedia dengan latar belakang bukit menjulang dan hamparan langit biru.

spot foto frame kayu berlatar jurang dan perbukitan
Salah satu spot foto framing dari kayu dan akar di Bukit Tranggulasih Banyumas.
Foto : Instagram/bukittranggulasihwindujaya

Lokasinya dibuat dengan aneka ragam dan memiliki keunikan tersendiri. Antara lain adanya aneka framing unik yang terbuat dari bahan kayu atau akar. Ada juga jembatan bambu yang membuat pengunjung merasakan berada di atas ketinggian.

Fasilitas

Fasilitas umum bagi wisatawan telah cukup tersedia di area wisata Bukit Tranggulasih, Banyumas. Seperti toilet, dan aneka kedai penjual makanan dan minuman.

Lokasi Bukit Tranggulasih

Wisata alam bukit ini berada di Dusun III, Windujaya, Kedungbanteng, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah 53152.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.

Beri Komentar

Silahkan ketik komentar
Please enter your name here