Kota Malang memiliki banyak pantai indah yang tersembunyi. Salah satunya adalah Pantai Bantol. Pantai ini terletak di pesisir selatan kota Malang. Pertama kali diperkenalkan oleh Bayan Diyat, seorang perantauan pada tahun 1950-an.

Pantai ini sendiri belum dikenal secara umum oleh masyarakat karena letaknya di perkampungan. Biasanya yang mengunjungi obyek wisata ini adalah kelompok pecinta alam dan para peziarah. Untuk dapat mengunjungi pantai ini harus melewati jalan tanah dan makadam (jalan tanah berbatu) melewati hutan jati.

Harga Tiket Masuk Pantai Bantol

Tiket yang dibebankan ke pengunjung pantai bisa dikatakan cukup terjangkau. Harga tiket ini berlaku sama baik untuk anak-anak dan dewasa. Tambahan biaya yang harus dikeluarkan adalah biaya parkir jika membawa kendaraan.

Harga Tiket Masuk Pantai Bantol
TiketRp10.000
ParkirRp5.000 – Rp10.000

Baca: Pantai Balekambang Tiket & Aktivitas

Jam Buka Pantai Bantol

Seperti kebanyakan obyek wisata pantai, tempat wisata ini juga buka 24 jam. Hal ini juga yang menyebabkan banyak pengunjung yang memilih pantai ini sebagai lokasi berkemah.

Ragam Aktivitas di Kawasan Wisata Pantai Bantol

Bagi wisatawan yang ingin datang ke sini, berikut beberapa kegiatan wisata yang bisa dilakukan.

1. Berkemah

Suasana berkemah di Pantai Bantol Malang
Berkemah dengan teman-teman di Pantai Bantol Malang adalah cara mennghabiskan waktu untuk liburan yang menyenangkan – Instagram/anashidayah_25

Di Pantai Bantol, pengunjung diijinkan untuk berkemah. Untuk berkemah, pengunjung dikenai biaya tambahan sebesar Rp 10.000,00 sebagai biaya keamanan. Tidak perlu khawatir tidak aman karena ada polisi hutan yang sering berpatroli di daerah kawasan wisata ini.

Pengunjung harap membawa sendiri peralatan untuk berkemah, karena tidak disediakan penyewaan di pantai. Pengunjung juga jangan lupa membawa obat nyamuk, karena saat malam banyak nyamuk bakau di area pantai. Jika ingin mandi keesokan harinya, jangan khawatir karena sudah ada fasilitas kamar mandi di pantai.

Untuk mencari makanan dan minuman pun tidak perlu khawatir. Karena di sekitar pantai ada beberapa warung yang buka untuk menjual makanan dan minuman. Tapi jika pengunjung suka lapar di saat subuh, lebih baik membawa persediaan makanan sendiri. Karena warung-warung tersebut sudah tutup jika jam 12 keatas.

2. Berkeliling Hutan Jati

Hutan rimbun menuju pantai
Hutan rimbun dan jalan setapak yang akan dilewati pengunjung yang datang ke Pantai ini. Foto: Google Maps/Fahreza Rakha

Pantai Bantol masih dikelilingi oleh hutan jati. Hutan cukup ini rimbun dan indah, di dalamnya terdapat jalan setapak. Jadi pengunjung tidak perlu khawatir akan tersesat. Mengikuti jalan setapak di hutan ini akan membawa pengunjung ke pantai lainnya.

Di area pantai terdapat sekitar 6-7 pantai yang juga tidak kalah menarik. Dan untuk mengunjungi pantai-pantai tersebut hanya perlu mengikuti jalan setapak di hutan.

3. Menyusuri Hutan Bakau

Pemandangan hutan bakau dari Pantai Bantol
Pemandangan hutan bakau dari Pantai Bantol yang menyegarkan mata – Instagram/habibur11

Jika tadi ada hutan jati yang bisa dikelilingi, di Pantai Bantol ini juga ada hutan bakau. Hutan bakau ini sendiri jarang ditemukan di pantai yang berada di daerah pantai selatan Jawa.

Untuk berkeliling hutan ini, disarankan pengunjung menggunakan lengan panjang dan celana panjang. Juga mengoleskan obat nyamuk, karena nyamuk di hutan bakau ini sangat banyak dan lumayan ganas. Bentol yang dihasilkan nyamuk ini bisa bertahan hingga beberapa hari.

4. Bermain Di Pantai

Bermain air di Pantai Bantol
Salah satu aktivitas bermain air di pinggir Pantai Bantol saat ombak tidak besar – Instagram/zona.jatim

Bermain air di pantai ini sangat memuaskan. Kondisi air laut yang jernih dan jauh dari kotor sungguh sangat menyegarkan. Tapi di Pantai Bantol tidak diijinkan berenang. Bermain pun hanya diperbolehkan di tepi pantai saja.

Hal tersebut untuk keamanan pengunjung agar tidak sampai terseret arus ombak. Terutama jika musim sedang buruk, pengunjung harus meningkatkan kewaspadaan saat bermain.

5. Mengunjungi Gua Batu Kapur

DI sekitar hutan jati, ada beberapa gua batu kapur. Gua batu kapur ini sering dikunjungi oleh para pecinta alam dan juga penelusur gua. Biasanya pengunjung yang menuju gua batu kapur ini melakukan penelitian ilmiah.

Daerah Malang Selatan memang dikenal dengan keindahan sebaran karst terbaik di Pulau Jawa. Sehingga keindahan gua di Pantai Bantol ini juga tidak perlu diragukan lagi.

6. Mencicipi Sajian Kuliner

Pengunjung yang menyukai memakan udang lobster bisa makan dengan puas di pantai ini. Lobster yang tersedia pun ada 3 jenis. Terdiri dari lobster warna, lobster macan dan lobster kembang. Dari ketiga jenis lobster ini, lobster macan merupakan yang termahal. Perkilo bisa mencapai Rp 80.000,00 – Rp 110.00,00.

Pengunjung yang tidak menyukai lobster pun tidak perlu khawatir. Ada warung yang menyediakan ikan bakar, ayam, dan lain-lain dengan harga terjangkau.

7. Bermain ATV

Pengunjung juga bisa bermain ATV untuk mengelilingi pantai lho. Penyewaan ATV ini pun cukup terjangkau. Hanya Rp 50.000,00 per jam. Bisa mengelilingi pantai tanpa lelah berjalan kaki.

Fasilitas

Pantai Bantol memiliki fasilitas seperti berikut :

  • Toilet
  • Warung
  • Gazebo
  • Persewaan ATV

Lokasi Pantai Bantol

Objek wisata pantai ini terletak di Dusun Sumberceleng, Desa Banjarrejo, Kecamatan Donomulyo. Untuk menuju pantai ini tak terlalu susah, akses jalannya juga cukup mudah. Dari perempatan Desa Sumbermanjing Kulon, Kecamatan Pagak, berjarak kurang lebih 10 km ke arah selatan. Pantai ini terletak sekitar 60 km dari Kota Malang.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.