Beranda Tiket Wisata

Pantai Cemara Sewu Cilacap Tiket & Ragam Aktivitas - Desember 2020

Pantai Cemara Sewu
Harga Tiket: Rp10.000 Jam Buka: 24 Jam No. Telepon: - Alamat: Jetis, RT.03/RW.03, Area Sawah, Jetis,Nusawungu,Cilacap,Jawa Tengah,Indonesia,53283.

Cilacap menjadi salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan laut. Membuat kabupaten ini memiliki banyak wisata pantai. Pantai di Cilacap identik dengan pasir cokelatnya yang begitu lembut. Seperti Pantai Cemara Sewu dengan pesona uniknya.

Nama “Cemara” digunakan menyesuaikan tempatnya yang ditumbuhi banyak pohon cemara. Ombak pantai pun tergolong besar, yang suara deburannya meriuhkan kawasan pantai. Ada pondok – pondok yang menyediakan makanan berjajar di tepian pantai. Beberapa perahu nelayan yang bersandar turut menjadikan pemandangan pantai lebih lengkap.

Harga Tiket Masuk Pantai Cemara Sewu

Meskipun bernama “Cemara Sewu”, tidak serta merta tiketnya seharga sewu (seribu). Namun, objek wisata ini tetap menetapkan tarif yang murah. Serta tarif parkir yang terjangkau.

Harga Tiket Masuk
Tiket masukRp 10.000

Baca: Tempat-tempat wisata menarik di Cilacap

Jam Operasional

Objek wisata ini dapat dinikmati setiap hari selama 24 jam. Pengunjung dapat datang dari pagi buta hingga langit gelap lagi.

Jam Operasional
Setiap hari24 jam

Pantai Cemara Sewu Berpasir Cokelat Eksotik

Pantai Cemara Sewu Cilacap
Pantai Cemara Sewu Cilacap. Foto: Gmap/Nur Azizah

Menghadap ke laut selatan menjadikan Pantai Cemara Sewu memiliki ombak yang cukup besar. Sesekali ombak yang datang begitu tinggi, namun sesekali tidak cukup tinggi. Airnya jernih, dengan buih riak ombak yang bergulung – gulung menghiasi ujung perairannya. Pemandangan pantai semakin indah karena di belakangnya terdapat barisan perbukitan yang membentang dengan ditutupi pepohonan.

Lebar pantai mencapai 70 meter, namun air laut dapat merayap lebih jauh ke arah daratan. Hingga menyisakan area lebar yang terbasahi hanya sekitar 25 meter saja. Di jarak 50 meter merupakan wilayah yang cukup berbahaya. Terutama di meter ke 10 hingga 25 meter pertama, sebaiknya lebih berhati – hati atau menjauhi area tersebut.

Pasir pantai berwarna cokelat muda, yang akan tampak tua karena terbasahi oleh ombak. Butirannya begitu halus dan lembut, sehingga nyaman ketika berjalan di atasnya. Namun juga harus berhati – hati karena bisa saja pasir menjadi turun karena tidak terlalu padat. Motor yang melintas di atas pasir menyisakan guratan bekas ban yang membentuk motif unik.

Baca: Pantai-pantai indah di Jawa Tengah

Pohon Cemara yang Memecah Angin

Rindangnya Hutan Cemara
Rindangnya Hutan Cemara. Foto: Gmap/Dani Maulia Nurraafi

Tak berlebihan jika tempat ini diberi nama Cemara Sewu, karena banyaknya pohon cemara di sini. Cemara yang ditanam adalah jenis cemara udang, dengan tinggi 65 – 90 meter. Beberapa pohon cemara tampak bergerumbul, sementara beberapa lainnya tampak tumbuh jarang – jarang. Terlebih di bagian utara pantai, pohon cemara yang ada tidak terlalu tinggi karena masih muda.

Area pepohonan cemara ini tertata cukup rapi, dengan jarak yang presisi antar tanaman. Menjadikan spot foto unik tersendiri bagi pengunjung yang gemar berpose di depan kamera. Kesan hutan cemara akan didapatkan, apalagi ditambah dengan latar belakang lautan luas. Ada juga area dimana pohon cemara tampak berdiri di kanan dan kiri jalan.

Pohon cemara selain sebagai fungsi penghijauan, juga digunakan untuk menahan angin. Lebih dari itu, pohon – pohon ini juga dapat menahan air laut ketika terjadi tsunami. Keberadaannya pun membuat pantai ini lebih teduh dengan buaian angin yang lembut menerpa. Bahkan, kesan panas tidak terlalu menyengat di pantai ini.

Baca: Pantai Watu Bale Kebumen Tiket & Aktivitas

Berenang Aman di Cemara Sewu

Kolam Renang di Pantai Cemara Sewu
Kolam Renang di Pantai Cemara Sewu. Foto: Gmap/Krishna Vandanu

Objek wisata ini tidak menyediakan wahana permainan air seperti pantai lainnya. Bahkan, pengunjung tidak dianjurkan untuk berenang di pantai. Hal ini dikarenakan ombak pantai yang tinggi dan cukup berbahaya. Meski begitu, pengunjung tetap bisa berenang di kawasan objek wisata ini.

Opsi berenang dapat dilakukan di kolam renang yang berada di sisi timur pantai. Ukurannya 30 x 10 meter dengan kedalaman tak lebih dari 2 meter. Ini dapat menjadi opsi bagi pengunjung yang ingin berenang dengan aman.

Menyaksikan Indahnya Matahari Terbit dan Terbenam

Matahari Terbenam di Pantai Cemara Sewu
Matahari Terbenam di Pantai Cemara Sewu. Foto: Gmap/Entung Production

Objek wisata ini menawarkan pemandangan fajar dan senja yang menakjubkan. Buka 24 jam membuat wiatawan bebas berkunjung kapan saja. Beberapa wisatawan tampak sudah berada di pantai sejak pukul 5 pagi. Bersiap dengan kamera dan segala propertinya untuk menangkap keindahan matahari terbit.

Jika tidak sempat datang di pagi hari, sempatkan waktu hingga senja untuk pemandangan menakjubkan lainnya. Matahari terbenam di Pantai Cemara Sewu sangat memukau dan indah. Fenomena yang mengantarkan pada pergantian hari tersebut seolah memanggil pengunjung untuk tetap di pantai. Menyaksikan indah dan agungnya sang surya yang berwarna jingga perlahan turun ke peraduan.

Tawa anak – anak masih riuh, berkejaran di tepian pantai. Langkah kecil mereka seolah tidak gentar dengan langit yang sudah mulai gelap itu. Deru motor ATV yang disewakan turut menjadi irama pengiring terbenamnya matahari. Begitu matahari sudah meninggalkan langit, pengunjung pun turut meninggalkan pantai.

Baca: Benteng Pendem Cilacap Wisata Sejarah Era Kolonial

Tempe Mendoan dan Hidangan Laut Teman Bersantai

Warung – warung sederhana berdiri di tepian pantai. Yang menjual berbagai makanan dan minuman teman bersantai. Seperti mendoan yang ukurannya sangat besar, dapat menjadi pilihan penghangat badan. Setelah basah oleh cipratan air laut.

Minuman hangat dan dingin pun disajikan di warung – warung ini. Makanan laut segar pun banyak dijajakan di warung ini. Pengunjung pun dapat memilih ingin dimasak apa aneka hidangan laut segar ini.

Lokasi Pantai Cemara Sewu

Objek wisata ini berlokasi di Jetis RT.03/RW.03 Area Sawah, Desa Jetis, Kecamatan Nusawungu, Cilacap. Berjarak sekitar 46 kilometer dari pusat kota cilacap, dapat ditempuh dalam waktu 1 jam berkendara.

Perhatian: Harga Tiket dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu terutama pada musim liburan dan lebaran. Ada baiknya untuk kepastian harga tiket langsung menghubungi tempat wisata terkait.
Sangat BurukBurukBiasaBagusSangat Bagus 5,00 | 1 Pembaca

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan berkomentar
Silakan masukkan nama Anda di sini